iklan

Strategi Penetapan Harga: Faktor Yang Memilih Harga Jual Produk (Bag.1)

 Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk Strategi Penetapan Harga: Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk (Bag.1)Dalam taktik marketing, taktik penetapan harga jual produk mempunyai tugas yang besar dalam mempengaruhi proses penjualan. Harga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam keputusan pembelian konsumen. Apalagi bagi segmen pasar tertentu, harga mempunyai sensitifitas tersendiri.


Menentukan harga jual produk yang sempurna akan turut mempengaruhi roda kesinambungan perjuangan Anda. Jika salah dalam memilih harga jual, maka Anda akan menghadapi salah satu dari dua hal berikut:



  • Produk tidak laris sebab terlalu mahal, atau

  • Perusahaan merugi, sebab harga terlalu murah sehingga tidak bisa menutup biaya-biaya.


Tentu Anda tidak ingin salah satu dari kedua hal tersebut menimpa Anda, bukan? So, Anda harus teliti dan jeli dalam memilih harga jual produk.


Karena itu pertimbangkan setiap faktor yang besar lengan berkuasa terhadap penentuan harga tersebut dengan secama. Apa saja faktor yang memilih harga jual produk?


Baca juga: Jurus Jitu Untuk Menang Dalam Persaingan Harga


Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk


1. Konsumen.

Anda harus konsumen oriented, pelanggan merupakan prioritas dalam bisnis Anda. Karena itu faktor pertama yang harus diperhatikan dalam memilih harga jual produk yaitu konsumen. Anda harus memilih harga jual sesuai dengan daya beli konsumen yang menjadi sasaran market Anda. Bila Anda menyasar pangsa pasar kelas bawah, maka Anda harus bisa memberi harga murah. Lain halnya kalau Anda menyasar pangsa pasar menengah ke atas, mereka lebih berorientasi terhadap nilai dan kualitas, soal harga seringkali tidak menjadi prioritas.


2. Biaya.

Jelas, bahwa biaya merupakan faktor utama dalam memilih harga jual produk. Hitung semua biaya yang Anda keluarkan untuk menghasilkan produk tersebut, jangan hingga ada yang ketinggalan. Jangan hingga Anda menjual produk terlalu murah sehingga tidak bisa menutup semua biaya yang telah Anda keluarkan. Jika demikian perjuangan Anda bisa dipastikan akan cepat gulung tikar.


3. Kompetitor.

Tidak jarang kompetitor dijadikan alat hitung harga yang paling praktis. Anda harus tahu harga pasaran untuk produk yang sejenis yang ditawarkan oleh kompetitor. Pastikan untuk harga dengan kualitas yang sama, Anda mempunyai harga yang sanggup bersaing dengan kompetitor. Jika Anda mempunyai produk yang lebih baik, maka tak ada salahnya Anda mematok harga lebih tinggi dibanding dengan kompetitor, sebab untuk kualitas Anda yang lebih baik tersebut niscaya ada biaya yang Anda keluarkan.


4. Keuntungan Usaha.

Dalam memilih harga jual produk Anda harus menetapkan besarnya keuntungan yang ingin diperoleh. Harga jual produk bisa dikatakan pantas apabila sanggup memperlihatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Jika keuntungan terlalu kecil, Anda akan terengah-engah semenjak awal usaha.


Itu tadi Sahabat PoBis empat faktor yang harus Anda perhatikan dalam memilih harga jual produk. Berhati-hatilah dalam memilih harga jual produk, sebab harga bisa jadi hal yang sensitif bagi keputusan membeli konsumen.


sumber gambar: acumen.sg



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Strategi Penetapan Harga: Faktor Yang Memilih Harga Jual Produk (Bag.1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel