iklan

Produk Bioteknologi Modern Dan Pengaruh Penerapannya

Produk Bioteknologi Modern dan Dampak Penerapannya - Artikel ini akan menjelaskan perihal Produk Bioteknologi Modern, Kultur Jaringan, Dampak Penerapan Bioteknologi, Dampak di Bidang Sosial Ekonomi, Dampak di Bidang Etika atau Moral, Dampak di Bidang Kesehatan.

Produk Bioteknologi Modern

Produk bioteknologi modern antara lain berupa makhluk hidup transgenik, yaitu makhluk hidup yang telah diubah sifatnya sehingga mempunyai keunggulan tertentu.

Contoh makhluk transgenik yaitu kuman yang bisa menambang tembaga, kuman yang bisa membersihkan lingkungan yang tercemar, kuman yang bisa mengubah materi pencemar menjadi materi lain yang tidak berbahaya, jagung yang mempunyai kadar protein tinggi, dan jeruk yang tahan penyakit anyir akar, tomat (Favr Savr) yang tahan lama, kapas yang tahan hama, kentang dengan kandungan vitamin A tinggi, dan sebagainya.

Berikut ini makhluk hidup transgenik yang bisa menghasilkan produk-produk bermanfaat bagi manusia.



Bioteknologi modern banyak pula dipakai untuk menyembuhkan penyakit menurun. Penyembuhan penyakit menurun ini dilakukan dengan jalan menyisipkan gen yang kurang pada penderita. Proses ini disebut terapi genetik.

Kultur Jaringan

Kultur jaringan merupakan teknik untuk memperoleh bibit tumbuhan dengan cara menumbuhkan sebagian jaringan flora dalam media khusus.

Teknik ini bertujuan memperoleh bibit tumbuhan gres yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih banyak dalam waktu yang tidak terlalu lama. Melalui cara ini perbanyakan tumbuhan dilakukan secara vegetatif.

Teori yang melandasi teknik ini yaitu teori totipotensi, yang artinya setiap sel flora mempunyai kemampuan untuk tumbuh menjadi individu bila ditempatkan pada lingkungan yang sesuai.

Dengan demikian individu-individu  yang dihasilkan akan mempunyai sifat yang sama persis dengan induknya.

Dampak Penerapan Bioteknologi

Bioteknologi semula diperlukan sanggup membantu memecahkan banyak sekali dilema dunia yang dihadapi oleh umat manusia, menyerupai kekurangan pangan, penyakit, hambatan-hambatan di dalam melaksanakan acara insan sendiri menyerupai pertambagan dan lain sebagainya.

Dampak di Bidang Sosial Ekonomi

Produk bioteknologi sanggup merugikan petani kecil. Penggunaan hormon pertumbuhan sapi (bovine growth hormone/BGH) sanggup meningkatkan produksi susu sapi hingga 20%.

Bila tidak diatur penggunaannya hal ini akan menggusur peternak kecil. Bioteknologi sanggup menjadikan kesenjangan ekonomi.

Dampak di Bidang Etika/Moral

Menyisipkan gen makhluk hidup kepada makhluk hidup lain mempunyai imbas akhlak yang serius. Menyisipkan gen makhluk hidup lain yang tidak berkerabat dianggap sebagai pelanggaran terhadap aturan alam dan sulit diterima masyarakat.

Mayoritas orang Amerika beropini bahwa pemindahan gen itu tidak etis, 90% menentang pemindahan gen insan ke hewan, dan 75% menentang pemindahan gen binatang ke binatang lain.

Dampak di Bidang Kesehatan

Produk rekayasa di bidang kesehatan ini memang sudah ada yang menjadikan masalah yang serius. Contohnya yaitu penggunaan insulin hasil rekayasa telah mengakibatkan 31 orang meninggal di Inggris . Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotik.

Susu sapi yang disuntik dengan hormon BGH disinyalir mengandung materi kimia gres yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia.

Bahan pangan transgenik yang tidak berlabel juga membawa konsekuensi bagi penganut agama tertentu.

Bagaimana hukumnya bagi penganut agama Islam, jikalau gen babi disisipkan ke dalam buah semangka?

Penerapan hak paten pada organisme hasil rekayasa merupakan derma hak eksklusif atas organisme. Hal ini bertentangan dengan banyak nilai-nilai budaya yang menghargai nilai intrinsik makhluk hidup.


Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Produk Bioteknologi Modern Dan Pengaruh Penerapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel