iklan

Pohon Pinus Merkusii, Tanaman Yang Wajib Anda Tahu..!!

 yaitu salah satu jenis tumbuhan yang banyak keuntungannya bagi kehidupan insan Pohon Pinus Merkusii, Tanaman Yang Wajib Anda Tahu..!!
gambar tumbuhan pinus

Pohon pinus (Pinus Merkusii) yaitu salah satu jenis tumbuhan yang banyak keuntungannya bagi kehidupan manusia. Manfaat pohon pinus selain untuk diambil getahnya, tanaman pinus juga berkhasiat sebagai penghasil kayu maupun untuk konservasi lahan.


Getah pinus pada tahap lebih lanjut akan diproses sampai menjadi produk olahan menyerupai gondorukem dan juga terpentin. Gondorukem yaitu hasil olahan dari getah pohon pinus yang biasa digunakan sebagai materi baku pembuatan cat, resin, sampai sabun mandi. Sedangkan terpentin sanggup dimanfaatkan untuk diolah lebih lanjut menjadi parfum, materi obat, sampai desinfektan.


Sedangkan hasil kayu dari pohon pinus sanggup digunakan untuk konstruksi bangunan, korek api, kertas dengan serat panjang, serta pulp atau bubur kertas. Sedangkan kepingan dari kulit pinus bermanfaat untuk materi bakar serta debu hasil pembakaran kulit pinus tersebut sanggup digunakan untuk adonan pupuk organic.


Ciri pinus diantaranya daunnya berbentuk menyerupai jarum, serta pada kepingan pangkal pohon terkelilingi oleh sisik yang berbentuk selaput tipis dengan panjang kurang lebih 0,5 cm. tinggi dari pohon pinus berkisar antara 20 meter sampai 40 meter.


Diameter dari pohon pinus bervariasi,namum umumnya berdiameter 100 cm. Pinus tidaklah berbanir, dengan kulit batang berwarna coklat bertekstur kasar, beralur lebar dan dalam, serta tidak mengelupas


 yaitu salah satu jenis tumbuhan yang banyak keuntungannya bagi kehidupan insan Pohon Pinus Merkusii, Tanaman Yang Wajib Anda Tahu..!!
gambar bunga pinus

Bunga jantan pinus mempunyai panjang kurang lebih 2 cm, bentuk bunga jantan membentuk menyerupai bulir, terutama pada tunas yang masih muda. Sedangkan bunga betina pinus berbentuk silindris menyerupai bentuk telur. Biji pinus yang unggul berwarna kecoklatan, dengan bentuk biji bulat, padat, serta tidak berkerut.


Syarat Pertumbuhan Pohon Pinus:



  1. Pohon pinus bisa tumbuh baik meskipun pada tanah yang kurang subur, berpasir, sampai tanah berbatu.

  2. Umumnya habitat pohon pinus berada dalam ketinggian tanah 200 meter sampai 1800 meter diatas permukaan laut, namun pinus bekerjsama sanggup tumbuh dengan tepat pada lahan dengan ketinggian 400 sampai 1.500 meter diatas permukaan laut.

  3. Tidak terlalu membutuhkan suplay sinar matahari sepanjang hari

  4. Lebih tahan dengan gangguan gulma maupun rumput liar yang mengganggu.


Variasi geografis yaitu salah satu faktor penting dalam berbagi budidaya pinus. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, sebanyak 30% budidaya pinus oleh para petani dinyatakan gagal hanya akarena disebabkan oleh minimnya pengetahuan wacana variasi geografis pada budidayapinus tersebut.


Sebagai contoh, indroduksi pohon pinus jenis ocarpa yang dicoba dibudidayakan di dataran Amerika Selatan ternyata gagal total, hal tersebut disebabkan lantaran memang asal benih pohon pinus tersebut memang diketahui tidak sanggup tumbuh baik di wilayah dengan geografis menyerupai kawasan Amerika Selatan.


 Namun dikala diuji coba jenis pinus yang sama dengan benih yang berasal dari kawasan yang hampir sama secara geografis dengan Amerika Selatan, ternyata pohon pinus tersebut sanggup tumbuh dengan optimal.


Hasil Sadapan Getah Pohon Pinus


Salah satu manfaat pohon pinus ialah sanggup diambil getahnya dengan cara melukai kepingan batang pohon pinus ( disadap ). Hasil olahan dari getah pinus tersebut sanggup menjadi gondorukem atau resina colophonium. Gondorukem didapat dengan cara menyaring residu dari proses destilasi getah pohon pinus.


 yaitu salah satu jenis tumbuhan yang banyak keuntungannya bagi kehidupan insan Pohon Pinus Merkusii, Tanaman Yang Wajib Anda Tahu..!!
gambar proses penyadapan getah pinus

 yaitu salah satu jenis tumbuhan yang banyak keuntungannya bagi kehidupan insan Pohon Pinus Merkusii, Tanaman Yang Wajib Anda Tahu..!!
gambar gondorukem (getah pinus)

Jika gondorukem yaitu hasil penyaringan dari residu atau sampah destilasi, maka hasil dari destilasi atau penyulingan getah pinus itu sendiri disebut sebagai terpentin. Kedua hasil olahan dari getah pohon pinus tersebut mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dan merupakan potensi peluang perjuangan yang menjanjikan.


Gondorukem umumnya dijual dalam bentuk kepingan padat dengan warna kuning keemasan. Sebagian kandungan dari gondorukem tersebut yaitu asam diterpena, asam abietat, asam pimarat, asam isopimarat, sampai asam laevoabietat.


Untuk kegunaan dari gondorukem itu sendiri biasanya dijadikan sebagai materi baku pembuatan perban gigi, pelunak plester, sebagai materi adonan eyeshadow pada wanita, perekat warna tinta serta materi baku pembuatan cat.


Sedangkan terpentin kerap digunaan sebagai materi baku untuk banyak sekali macam industry kosmetik untuk wanita, materi baku minyak cat, sebagai adonan materi pelarut, antiseptic, kapur barus, dan banyak sekali macam materi baku untuk keperluan farmasi.


Di Indonesia, acara pengolahan getah pohon pinus sampai menjadi gondorukem maupun terpentin masih dipegang penuh oleh PT. Perhutani Indonesia, dimana perusahaan BUMN milik pemerintah tersebut yang memonopoli proses pengolahan sampai penjualan hasil olahan getah pohon pinus untuk kebutuhan local bahkan ekspor ke Negara tetangga.


Biasanya para petani yang mempunyai pohon pinus menjual getah hasil deresan pohon pinusnya  kepada PT Perhutani Indonesia. Memang ada beberapa pengusaha swasta yang juga bermain di bisnis pengolahan getah pinus tersebut, namun tugas pemerintah dalam hal ini PT. Perhutani Indonesia memang masih cukup besar.


Artikel singkat dari kami yang membahas wacana seluk beluk dan isu mengenai pohon pinus, biar sanggup menambah pengetahuan bagi Anda.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pohon Pinus Merkusii, Tanaman Yang Wajib Anda Tahu..!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel