iklan

✔ Perbedaan Haji Dan Umroh

 Tidak sedikit dari umat muslim yang mengetahui bekerjsama ibadah haji dan umroh merupakan ✔ Perbedaan Haji dan Umroh

Perbedaan Haji dan Umroh - Tidak sedikit dari umat muslim yang mengetahui bekerjsama ibadah haji dan umroh merupakan 2 ibadah yang berbeda. Namun, jikalau mereka ditanya bedanya haji dan umroh, tidak sedikit dari mereka yang resah harus menjawab apa termasuk saya sendiri. Oleh alasannya yaitu itu, di goresan pena kali ini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan Haji dan Umroh.

Ibadah Umroh yaitu suatu ibadah yang jikalau dilakukan akan mendapat kemuliaan disisi Allah Subhanahu Wata'ala. Dalam Al-Qur'an di siratkan bahwa umroh yaitu salah satu ibadah maliah atau ibadah yang mengharuskan adanya pengorbanan harta benda. Di Indonesia sendiri melaksanakan ibadah umroh hukumnya sunnah dan hanya di lakukan sekali dalam seumur hidup.

Sedangkan Ibadah Haji adalah  serangkaian dari beberapa urutan ibadah yang di lakukan pada waktu tertentu dan dengan tata cara tertentu serta mengunjungi daerah yang di muliakan semoga mendapat keridho'an dari Allah Subhanallah Wata'ala. Ibadah haji sendiri termasuk rukun islam yang ke lima, di mana hukumnya yaitu wajib bagi yang mampu. Lalu apa yang membedakan haji dan umroh?

Perbedaan Haji dan Umroh


Ibadah Haji dan Umroh termasuk ibadah mustaqillah, maksudnya masing-masing dari ibadah keduanya mempunyai aturan sendiri dan berbeda antara satu dengan lainnya, hal ini di jelaskan dalam  terminologi fiqih. Untuk lebih jelasnya di bawah ini yaitu perbedaan haji dan umroh.

Perbedaan Hukum


Perbedaan umroh dan haji yang pertama yaitu terlihat dari aturan dalam melakukannya. Semua umat muslim niscaya sudah mengetahui bekerjsama aturan dasar dari melaksanakan ibadah haji yaitu wajib bagi yang bisa secara fisik dan materi.

Sedangkan ibadah umroh hukumnya yaitu sunnah muakad atau sunnah yang di utamakan. Meskipun sebetulnya ada perbedaan pendapat mengenai aturan umroh, Namun di indonesia  umroh hukumnya sunnah hal ini sudah di sepakati kebanyakan ulama di indonesia.

Perbedaan Tempat


Selanjutnya, perbedaan antara haji dan umroh juga terletak pada daerah pelaksanaannnya. Ibadah haji dan umroh memang dilakukan di Makkah AL Mukarromah. Namun pada pelaksanaan ibadah haji, terdapat rukun menunaikan ibadah haji yang di lakukan di luar Makkah, menyerupai wukuf di Arafah, menginap/mabit di Muzdhalifah dan melempar kerikil kecil (jumroh) di Mina.

Perbedaan Waktu


Selain dari segi tempat, umroh dan haji juga berbeda dari waktu pelaksanaannya. Ibadah haji hanya bisa dilaksanakan pada bulan Djulhijah atau pada bulan haji saja, yaitu pada tanggal 9-11 Djulhijah. Sedangkan ibadah umroh bisa ditunaikan kapan saja kecuali di hari Arafah (9 djulhijah), hari Tasyrik (11-13 Djulhijah) dan hari Nahar (10 Djulhijah).

Perbedaan Haji dan Umroh dari Cara pelaksanaannya (Rukun)


Perbedaan haji dan umroh juga terletak dari rukun atau tata cara dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan ibadah Umroh, seseorang menunaikan rukun di antaranya yaitu Tawaf, Ihram, dan Tahalul. Sedangkan ibadah Haji semua tata cara dalam umroh di atas di laksanakan dengan menambahkan 3 rukun lainnya yaitu wukuf di Arafah, menginap/mabit di Muzdhalifah dan melempar kerikil kecil (jumroh) di Mina.

Nah itulah beberapa cara pelaksanaan Haji dan Umroh yang menyebabkan adanya perbedaan antara haji dan umroh. Jika ada perbedan Haji dan Umroh lainnya yang teman-teman ketahui silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ini semoga kami semua bisa mengetahui lebih banyak lagi perbedaan haji dan umroh.
Sumber http://www.masigun.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Perbedaan Haji Dan Umroh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel