iklan

Peranan Flora Dan Binatang Bagi Kehidupan Manusia

Peranan Tumbuhan dan Hewan Bagi Kehidupan Manusia - Pada Artikel kali ini akan menjelaskan wacana Pentingnya Menjaga Kelestarian Keanekaragaman Tumbuhan dan Hewan, Peranan Tumbuhan dan Hewan Bagi Manusia, Sumber Pangan, Pakaian, Perumahan, dan Kesehatan, Sumber Ekonomi, Manfaat Ekosistem, Manfaat Keilmuan, Usaha Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup.

Menjaga Kelestarian Keanekaragaman Tumbuhan dan Hewan

Kelestarian keanekaragaman jenis makhluk hidup harus senantiasa diperhatikan semoga keseimbangan ekosistem selalu terjaga. Ekosistem yang seimbang diharapkan untuk mempertahankan kehidupan manusia.

Keanekaragaman flora dan binatang penting untuk kesejahteraan manusia. Coba kau amati semua benda dan makhluk hidup beserta peranannya yang ada di sekelilingmu.

Bayangkan bagaimana insan akan memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa flora dan binatang di sekitarnya.

1. Peranan Tumbuhan dan Hewan Bagi Manusia

Tumbuhan dan binatang mempunyai tugas yang penting bagi manusia. Beberapa peranan flora dan binatang yaitu sebagai berikut.

a. Sumber Pangan, Pakaian, Perumahan, dan Kesehatan

Makhluk hidup sebagai sumber pangan tidak diragukan lagi keberadaanya. Perhatikan kuliner yang tersaji di meja makan.

Dari manakah kau mendapat materi kuliner itu? Semua berasal dari makhluk hidup. Pakaian juga berasal dari makhluk hidup, contohnya sutera dan kapas.

Untuk mendirikan perumahan, kayu merupakan materi dasar yang penting. Selain itu aneka macam perabot rumah tangga juga dibuat dari kayu.

Saat ini sedang marak penggunaan obat tradisional yang berasal dari makhluk hidup sebagai alternatif pengobatan. Obat tradisional merupakan sumbangan aneka macam makhluk hidup untuk kesehatan manusia.

b. Sumber Ekonomi

Bahan baku industri membutuhkan makhluk hidup sebagai materi bakunya. Industri perkebunan, obat-obatan, kosmetika, makanan, dan minuman, merupakan teladan industri yang berkaitan akrab dengan keberadaan makhluk hidup.

Selain itu banyak jenis-jenis makhluk hidup yangdapat dipanen dari alam atau hutan dan diperdagangkan langsung, contohnya rotan, umbi-umbian, binatang buruan, dan buah-buahan. Makara keanekaragaman makhluk hidup merupakan sumber ekonomi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

c. Manfaat Ekosistem

Keanekaragaman makhluk hidup berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Contohnya flora di hutan tropis banyak menghasilkan oksigen dan menyerap banyak karbon dioksida dari udara.

Dikatakan bahwa hutan hujan tropis merupakan paru-paru dunia alasannya yaitu peranan pentingnya menjaga keseimbangan komposisi gas di udara.

Semakin beraneka ragam makhluk hidup yang terdapat pada suatu ekosistem, akan membuat ekosistem itu semakin stabil.

d. Manfaat Keilmuan

Keberadaan makhluk hidup berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Keanekaragaman makhluk hidup merupakan sumber plasma nutfah.

Keanekaragaman plasma nutfah diharapkan untuk membuat jenis-jenis tumbuhan atau binatang budidaya yang unggul.

Selain itu adanya keanekaragaman hayati memungkinkan untuk menemukan sumber alternatif bagi pangan, obat-obatan, dan kebutuhan dasar insan lainnya.

2. Usaha Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup

Begitu pentingnya keanekaragaman makhluk hidup bagi manusia, sehingga diharapkan upaya untuk melindunginya.

Berbagai cara yang sanggup ditempuh untuk melestarikan keanekaragaman makhluk hidup yaitu sebagai berikut.

a. Membuat hukum perundangan yang sanggup melindungi kelestarian makhluk hidup.

b. Melakukan penyuluhan dan kampanye pentingnya pelestarian keanekaragaman makhluk hidup.

c. Pembuatan taman nasional. Fungsi taman nasional yaitu pemberian terhadap makhluk hidup dan ekosistemnya.
Beberapa teladan taman nasional yang telah dibuat yaitu sebagai berikut.
  1. Taman Nasional Gunung Leuser di Nangroe Aceh Darussalam.
  2. Taman Nasional Bukit Barisan di Bengkulu.
  3. Taman Nasional Ujung Kulon di Jawa Barat.
  4. Taman Nasional Baluran di Jawa Timur.

d. Pembuatan cagar alam. Fungsi cagar alam yaitu untuk menjaga kondisi alam suatu wilayah tetap dalam keadaan alami. Beberapa teladan cagar alam yaitu sebagai berikut.
  1. Cagar alam Pangandaran Jawa Barat.
  2. Cagar alam Kawah Ijen di Jawa Timur.
  3. Cagar alam Rafflesia di Bengkulu.

e. Penetapan hutan lindung, yang berfungsi sebagai kawasan resapan air, mencegah erosi, melindungi habitat aneka macam jenis makhluk hidup, dan menjaga tata guna air.

f. Hutan wisata, merupakan hutan produksi guna diambil keuntungannya dan sanggup dipakai untuk objek wisata.

g. Taman laut, didirikan untuk menjaga wilayah maritim yang mempunyai keanekaragaman tinggi dan unik, contohnya taman maritim Bunaken di Sulawesi Utara.

h. Pembuatan kebun raya. Fungsi kebun raya tempat koleksi tumbuhan dari aneka macam wilayah untuk dilestarikan, untuk penelitian, dan tempat rekreasi. Contohnya yaitu kebun raya Bogor, kebun raya Cibodas, dan kebun raya Purwodadi.

i. Pemeliharaan dan penangkaran binatang baik secara in situ maupun ex situ. Hewan dipelihara di habitat aslinya disebut pemeliharaan in situ, sedangkan secara ex situ, hewan dipelihara di luar habitat aslinya.


Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peranan Flora Dan Binatang Bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel