iklan

Pengertian Basis Data Berdasarkan Para Andal Yang Harus Anda Ketahui | Ayok Sinau

Pengertian Basis Data – Data Base atau sanggup juga disebut dengan Pangkalan data ialah kumpulan isu yang tersimpan di Komputer secara system supaya sanggup di pantau dengan acara Komputer. Supaya tidak galau apa itu Data Base di Bawah sudah Admin siapkan pengertian lengkap para ahli, eksklusif saja skroll kebawah.

 Data Base atau sanggup juga disebut dengan Pangkalan data ialah kumpulan isu yang ters Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli Yang Harus Anda ketahui | Ayok Sinau

1. Menurut Gordon C. Everest

Gordon C. Everest mengungkapkan bahwa basisdata atau database ialah sebuah kumpulan dari data yang bersifat mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal dan terkontrol. Pengontrolan dari sistem database tersebut ialah terpusat, yang biasanya dimiliki dan juga dipegang oleh suatu organisasi.

2. Menurut C.J. Date 

Mengatakan basisdata atau database ialah suatu kumpulan data operasional yang sengaja disimpan dan digunakan oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi. Date menyebutkan data yang tersimpan di dalam database mempunyai tiga jenis data, yaitu : data input yaitu data yang masuk dari luar sistem, data output yaitu data yang dihasilkan sistem, sedangkan data operasional yaitu data yang tersimpan pada sistem.

3. Menurut Toni Fabbri 

Fabbri, mengungkapkan bahwa basisdata atau database merupakan suatu sistem dimana banyak terdapat file – file dan juga data yang terintegrasi dimana file serta data tersebut mempunyai sebuah primary key untuk melaksanakan proses pengulangan data.

4. Menurut S. Attre 

Attre mengungkapkan bahwa basisdata atau database ialah sebuah koleksi dari data-data yang saling berinteraksi satu sama lain yang ada di dalam suatu organisasi atau  enterprise yang digunakan untuk aneka macam macam kebutuhan.

5. Menurut Chou

Pendapat lain dari Chou lainnya mengenai database atau basisdata. Chou menyampaikan bahwa basisdata atau database merupakan sebuah kumpulan isu yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus, sehingga sanggup digunkaan untuk aneka macam keperluan dari sebuah organisasi.

6. Menurut Fabbri dan Schwab

Pendapat lain dari andal Fabbri & Schwab menyatakan bahwa basisdata atau database yaitu sebuah sistem pemberkasan terpadu yang dirancang untuk sanggup meminimalkan pengulangan data.

7. Menurut Silberschatz, dkk

Pada tahun 2002 Silberschatz mendefinisikan basisdata atau database merupakan sebagai kumpulan data berisi isu yang sesuai untuk sebuah perusahaan.

8. Menurut Ramakrishnan dan Gehrke

Pada tahun 2003 Ramakrishnan dan Gehrke mendefinisikan basisdata atau database ialah sebagai kumpulan data, umumnya mendeskripsikan acara satu organisasi atau lebih yang berhubungan.

9. Menurut McLeod, dkk.

Pada tahun 2001 McLeod mengungkapkan basisdata atau database ialah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi.

10. Menurut Bambang Hariyanto (2004)

Mengungkapkan bahwa basis data merupakan sebuah kumpulan data-data yang secara logik yang berkaitan dengan merepresentasikan fenomena atau fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada suatu sistem tertentu. Pengertian lain dari Database  yaitu kumpulan data yang saling berafiliasi yang merefleksikan fakta-fakta yang terdapat di suatu organisasi.

11. Menurut Anhar (2010:45)

Anhar mengungkapkan bahwa “Database atau basisdata ialah sekumpulan tabel-tabel yang berisi data dan merupakan kumpulan dari field atau kolom. Struktur file yang menyusun sebuah database adalah Data Record dan Field”.

12. Menurut Raharjo (2011:3)

Raharjo mendefinisikan bahwa Database atau basisdata ialah kumpulan data yang terintegrasi dan diatur sedemikian rupa sehingga data tersebut sanggup dimanipulasi, diambil, dan dicari secara cepat”.

13. Menurut Kustiyaningsih (2011:146)

Kustiyaningsih mengungkapkan bahwa Database atau basisdata merupakan Struktur penyimpanan data untuk menambah, mengakses dan memperoses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, dibutuhkan sistem manajemen database seperti MYSQL Server.

14. Menurut Maimunah (2009:307)

Pendapat dari Maimunah “Database atau basisdata ialah kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence.

Baca juga :

15. Menurut Kristanto (2004:10)

Kristanto Menyatakan bahwa Basis Data (Database) adalah “Kumpulan fiel-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk satu bangunan data untuk menginformasikan suatu perusahaan instansi, dalam batasan tertentu”.

16. Menurut Jogiyanto (2005)

Pendapat Jogiyanto mendefinisikan bahwa Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berafiliasi satu dengan yang lainnya tersimpan dan di simpanan luar komputer dan digunakan oleh perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya.

17. Menurut Sutanta (2004)

Pendapat lainnya mengenai basisdata atau database ialah kumpulan dari item data yang saling berafiliasi satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah bagan atau struktur tertentu.

18. Menurut Connolly dan Begg (2010:65)

Connolly dan Begg  mengungkapkan bahwa basisdata adalah sekumpulan data tersebar yang berafiliasi secara logis, dan klarifikasi dari data ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan isu dari suatu organisasi.

19. Menurut Inmon (2005:493)

Inmon mengungkapkan bahwa basisdataataupun database yaitu sekumpulan data yang saling berafiliasi dan disimpan (biasanya dengan redudansi yang terkontrol dan terbatas) berdasarkan bagan atau struktur tertentu.Sebuah database dapat melayani single atau multiple applications.

20.Menurut Gottschalk dan Saether (2010:41)

Gottschalk dan Saether dalam jurnalnya menyatakan bahwa basisdata adalah sekumpulan data yang terorganisir untuk mendukung banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengontrol data redundant.

21. Menurut Stephensdan Plew (2000)

Pendapat Stephens dan Plew , Database ialah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan isu atau data. Informasi ialah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk aneka macam alasan.

22. Menurut Ramon A. Mata-Toledo & Pauline K. Cushman

Mengungkapkan bahwa basisdata atau Database merupakan sekumpulan data yang berafiliasi secara logika dan mempunyai beberapa arti yang saling berpautan.

23. Menurut Diar Puji Oktavian

Pendapat dari andal oktavian  mengenai basisdata atau Database yaitu sekumpulan data dan mekanisme yang mempunyai struktur yang sedemikian rupa sehingga gampang dalam menyimpan, mengatur dan menampilkan suatu data.

24. Menurut Didik Dwi Prasetyo

Didik Dwi Prasetyo menyampaikan bahwa basisdata atau Database ialah sekumpulan data yang saling berafiliasi dan terorganisir sedemikian rupa sehingga memudahkan dikala akan digunakan kembali.

25. Menurut P. Muda Marbun

Muda Marbun menyampaikan bahwa basisdata atau Database merupakan sekelompok data yang mempunyai ciri-ciri khusus dan sanggup dikelola sedemikian rupa sehingga sanggup menghasilkan sebuah format data yang baru.

26.Menurut  David M. Kroenke

David M. Kroenke menyampaikan bahwa basisdata atau Database ialah fungsi utama untuk aplikasi client – server, aplikasi organisasi, dan aplikasi e-commerce bisnis ke konsumen serta bisnis ke bisnis.

27. Menurut Wahana komputer (2010:24)

Database atau basis data sekumpulan daya yang mempunyai kekerabatan secara logika dan diatur dengan susunan tertentu serta disimpan dalam media penyimpanan komputer. Secara harfiah pengertian basis merupakan dasar, ataupun gudang sedangkan data itu sendiri ialah representasi dari semua fakta yang ada pada dunia nyata. Database sering digunakan untuk melaksanakan proses terhadap data-data tersebut dan menghasilkan isu tertentu.

28. berdasarkan whiten dan beently (2007,548)

Menyatakan basisdata atau database ialah kumpulan file yang saling berkaitan yang terhubung yang dibutuhkan untuk operasi organisasi. Whiten menyampaikan database atau basisdata merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga sanggup diperiksa dengan memakai suatu program komputer untuk mendapat isu dari basis data tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan yang mengenai Pengertian Data Base. untuk isu mengenai pembelajaran kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel di bawah :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Basis Data Berdasarkan Para Andal Yang Harus Anda Ketahui | Ayok Sinau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel