iklan

Peluang Perjuangan Ternak Lovebird (Bag.1)

Peluang Usaha Ternak Lovebird Bagian Satu Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.1)Sahabat PoBis, kali ini saya akan membahas mengenai peluang perjuangan ternak lovebird secara komplit, alasannya yaitu kebetulan tetangga saya ada yang budidaya lovebird, jadi saya sanggup menggali banyak isu darinya. Burung lovebird merupakan burung yang kicauannya sangat merdu, menyenangkan untuk didengarkan. Lebih menyenangkan lagi kalau dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan. Keuntungan yang sanggup didapat dari perjuangan budidaya lovebird sanggup sangat melejit. Selain suaranya, keindahan bulu burung lovebird juga jadi nilai jual.


Berikut ini isu komplit peluang perjuangan ternak lovebird, mulai dari persiapan kandang, teknik pemeliharaan, teknik perjodohan, sampai seni administrasi pemasaran dan promosi. Tidak ketinggalan saya sertakan juga analisa perjuangan ternak lovebird pada selesai tulisan. Namun alasannya yaitu goresan pena komplit ini akan banyak memakan tempat, maka biar Anda tidak jenuh membacanya, saya akan bagi goresan pena menjadi dua bagian.


Pada bab 1 ini kita akan banyak membahas mengenai teknik budidaya lovebird, sedang pada bab kedua nanti kita sambung dengan analisa perjuangan ternak lovebird, mulai dari modal perjuangan ternak lovebird sampai proyeksi laba yang akan diperoleh dari perjuangan budidaya lovebird.


Baca juga: 5 Contoh Bisnis Modal Kecil Penghasilan Besar


Persiapan Kandang


Dalam proses persiapan sangkar peluang perjuangan ternak lovebird, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Kandang yang sesuai akan menjamin keamanan dan keselamatan burung. Ada dua pilihan yang sanggup Anda ambil untuk menyiapkan sangkar burung lovebird, yaitu dengan membeli sangkar yang banyak dijual di toko atau dengan menciptakan sangkar sendiri.


Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan sangkar burung lovebird:



  1. Tentukan ukuran kandang. Ukuran sangkar ini diadaptasi dengan jumlah burung lovebird yang akan dimasukkan.

  2. Perhatikan materi material. Siapkan material yang kokoh yang tahan terhadap gigitan burung lovebird, menyerupai galvanum, besi, kawat kuas, kayu keras, dan lain sebagainya.

  3. Tempat kotoran. Buat daerah kotoran dibawah sangkar lovebird biar lebih gampang dibersihkan. Karena kalau tidak dilengkapi daerah kotoran, maka Anda akan memasukkan tangan ketika membersihkan, hal ini sanggup menciptakan burung Anda stres.

  4. Sediakan daerah makan. Setiap satu pasang lovebird sebaiknya disiapkan 1 daerah makan dan 1 daerah minum.

  5. Buatlah 2 jenis pintu kandang. Pintu pertama tidak terlalu besar, cukup untuk tangan Anda. Fungsi pintu ini yaitu untuk memasukkan dan mengeluarkan lovebird. Pintu kedua ukurannya lebih besar, berfungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan glodok lovebird. Kedua pintu tersebut hendaknya dilengkapi dengan kancing pengaman.


Teknik Pemeliharaan Usaha Ternak Lovebird


Burung lovebird jantan dan betina mempunyai wujud fisik yang sama. Untuk membedakan jenis kelamin lovebird, dilakukan dengan cara meraba tulang. Bila jarak pada kedua tulang supit terasa renggang serta lentur, maka burung lovebird tersebut berjenis kelamin betina. Bila jarak pada tulang supit sempit dan terasa keras, maka lovebird tersebut berjenis kelamin jantan.


Lovebird sanggup saja bertelur pada umur 8 bulan. Namun, telur pada umur 8 bulan tersebut seringkali gagal dalam penetasan. Karena pada umur tersebut lovebird belum benar-benar produktif. Kalau toh penetasan telur pada umur 8 bulan tersebut berhasil, biasanya kualitas lovebird yang dihasilkan kurang bagus.


Umur yang manis untuk produktifitas lovebird yaitu 1 tahun. Pada umur tersebut lovebird telah benar-benar siap untuk bereproduksi.


Teknik Perkawinan Lovebird


Lovebird merupakan salah satu tipe burung yang setia terhadap pasangannya. Burung lovebird hanya akan kawin dengan satu pasangan saja. Hal ini berlaku seumur hidup, sampai mereka mati. Karena itu, butuh penanganan khusus untuk perjuangan ternak lovebird dalam menjodohkan burung lovebird.


Cara menjodohkan lovebird: daerah masing-masing lovebird betina dan lovebird jantan dalam sangkar terpisah, tapi letakkan kedua sangkar tersebut secara berdekatan. Bila mereka selalu saja berdekatan, maka besar  kemungkinan mereka berjodoh. Sistem ini sanggup memakan waktu antara 3-7 hari, namun sanggup lebih cepat bila lovebird telah berada dalam masa birahi.


Teknik perjodohan lovebird yang kedua yaitu dengan mengumpulkan banyak lovebird dalam satu sangkar besar. Sebaiknya lovebird jantan dan betina dalam sangkar tersebut berjumlah sama, alasannya yaitu lovebird tidak mengenal poligami. Kemudian amati, bila ada lovebird yang berjodoh, mereka akan masuk ke dalam glodok untuk kawin. Selanjutnya Anda dapat memindahkan pasangan lovebird tersebut ke sangkar terpisah.


Teknik Pengeraman Lovebird


Jika lovebird telah mulai kawin, maka secara otomatis mereka akan mencari area untuk bertelur. Karenanya, dalam perjuangan ternak lovebird Anda harus menyiapkan glodok di dalam sarang sebagai kotak sarang. Siapkan juga bantalan untuk pengeraman di dasar glodok tersebut.


Di alam bebas biasanya mereka mengumpulkan bermacam-macam ranting kecil, tangkai daun, dan semacamnya untuk menciptakan sarang. Coba tebarkan ranting kecil atau tangkai daun di dasar kandang. Hindari menebar materi yang masih basah, alasannya yaitu sanggup membusuk di dalam glodok. Juga jangan menebar materi sintesis menyerupai perat plastik ataupun karet.


Umumnya jumlah telur lovebird mencapai 4-6 butir. Jangan cemas kalau lovebird tidak segera mengeram, alasannya yaitu lovebird akan mulai mengeram sehabis telur ketiga keluar. Pada ketika mengeram, induk lovebird sanggup sesekali keluar dari glodok untuk mandi, makan, atau hanya sebatas merentangkan sayap.


Telur lovebird akan menetas sehabis dierami selama 21-23 hari. Penetasan telur lovebird akan memakan waktu cukup lama, kurang lebi 24 jam. Hal ini tidak perlu dicemaskan, alasannya yaitu merupakan hal yang alami. Karena memang pada ketika proses penetasan tersebut berlangsung aneka macam penyesuaian di dalam badan anak lovebird.


Sebaiknya kita tidak turut campur dalam proses penetasan tersebut. Karena turut campur insan dalam proses penetasan lovebird sanggup mengakibatkan anak lovebird tumbuh tidak normal atau cacat.


Masih ada teknik budidaya lovebird di bab dua. Juga jangan ketinggalan untuk menyimak analisa perjuangan ternak lovebird, mulai dari modal perjuangan ternak lovebird sampai potensi keuntungan yang akan diraup dari peluang perjuangan ternak lovebird.


Bersambung ke bab 2…


sumber gambar: gacormania.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Ternak Lovebird (Bag.1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel