iklan

Metode-Metode Pemisahan Campuran

Metode-Metode Pemisahan Campuran - Berikut ini yaitu artikel yang menjelaskan wacana Metode-Metode Pemisahan Campuran, filtrasi, dekantasi, sentrifugasi, evaporasi, distilasi, corong pisah, kromatografi, sublimasi, ekstraksi, dan daya tarik magnet.

Pemisahan Campuran

Campuran sanggup tersusun atas beberapa unsur ataupun senyawa. Komponen-komponen penyusun suatu adonan tersebut sanggup dipisahkan menurut sifat fisika zat penyusunnya. Contoh adonan antara lain udara, air laut, dan minyak mentah.

Metode yang umum dipergunakan untuk memisahkan adonan antara lain filtrasi, dekantasi, sentrifugasi, evaporasi, distilasi, corong pisah, kromatografi, sublimasi, ekstraksi, dan daya tarik magnet.
 Agar lebih jelas, berikut akan dibahas beberapa metode tersebut.

1. Penyaringan (Filtrasi)

Tahukah kau apa filtrasi itu? Filtrasi atau penyaringan yaitu teknik penyaringan yang sanggup dipakai untuk memisahkan adonan yang ukuran partikel zat-zat penyusunnya berbeda.

2. Sentrifugasi

Suspensi yang partikel-partikelnya sangat halus tidak sanggup dipisahkan dengan cara filtrasi. Partikel-partikelnya sanggup melewati saringan atau bahkan menutupi lubang pori-pori saringan sehingga cairan tidak sanggup lewat.

3. Evaporasi (Penguapan)

Pada awal cuilan telah dijelaskan bahwa garam sanggup diperoleh dari air bahari dengan proses penguapan atau evaporasi.

Pada proses penguapan, larutan dipanaskan hingga zatpelarutnya (air) menguap dan meninggalkan zat terlarut (garam).

Proses pemisahan dengan cara penguapan ini sanggup terjadi alasannya yaitu zat terlarut (garam) mempunyai titik didih yang lebih tinggi daripada zat pelarutnya (air).

4. Distilasi (Penyulingan)

Apakah yang disebut dengan distilasi? Distilasi atau penyulingan yaitu proses pemisahan adonan dengan penguapan yang diikuti pengembunan.

5. Sublimasi

Sublimasi yaitu proses pemisahan adonan yang sanggup dipakai untuk memisahkan komponen yang sanggup menyublim dari campurannya yang tidak sanggup menyublim.



Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Metode-Metode Pemisahan Campuran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel