iklan

Macam-Macam Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia

Macam-macam Kelainan pada Sistem Gerak Manusia - Artikel ini akan menjelaskan wacana Kelainan pada Sistem Gerak Manusia, Macam-macam kelainan yang terjadi pada sistem gerak manusia, Riketsia, Osteoporosis, Fraktura (Patah Tulang), Artritis, Lordosis, Kifosis, dan Skoliosis, Lordosis, Kifosis, Skoliosis.

Pernahkah kau melihat orang yang menggunakan dingklik roda? Salah satu penyebab orang menggunakan dingklik roda lantaran orang tersebut mengalami fraktura (patah tulang) pada potongan kakinya, sehingga orang tersebut tidak sanggup berjalan dengan normal. Fraktura ialah salah satu jenis kelainan yang terjadi pada sistem gerak manusia.

Macam-macam kelainan yang terjadi pada sistem gerak manusia

Riketsia

Riketsia terjadi lantaran kekurangan vitamin D yang berfungsi membantu perembesan kalsium dan fosfor, sehingga proses pengerasan tulang terganggu. Penyakit ini terjadi pada anak-anak. Riketsia mengakibatkan tulang kaki tumbuh membengkok.

Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit ini dengan penambahan kalsium, fosfor, dan vitamin D ke dalam sajian makan. Vitamin D sanggup diperoleh dari makanan, suplemen.

Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan lantaran kekurangan kalsium. Osteoporosis umumnya terjadi pada orang dewasa.

Pada orang yang sudah renta biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon, sehingga osteoblast sebagai pembentuk tulang kurang aktif dan massa tulangpun jadi berkurang. Tulang yang kekurangan kalsium akan menjadi ringkih dan gampang patah.

Fraktura (Patah Tulang)

Meskipun berpengaruh dan lentur, tulang-tulang sanggup patah. Salah satu penyebab terjadinya patah tulang lantaran tulang mengalami benturan yang keras, contohnya pada ketika kecelakaan atau jatuh dari daerah yang tinggi.

Patahnya tulang disebut fraktura. Fraktura sanggup dibedakan menjadi fraktura tertutup dan fraktura terbuka.

Fraktura tertutup terjadi kalau tulang patah tetapi potongan ujung yang patah tidak menembus kulit. Fraktura terbuka terjadi kalau ujung tulang yang patah keluar menembus kulit.

Artritis

Artritis adalah penyakit sendi. Penderita penyakit ini memiliki tulang rawan pada sendi yang rusak. Kerusakan ini mengakibatkan sendi menjadi sakit dan bengkok.

Lordosis, Kifosis, dan Skoliosis

Tulang belakang normal insan tidak lurus benar. Dilihat dari samping, susunan tulang belakang membentuk beberapa lengkungan. Pada potongan dada, tulang belakang membentuk lengkungan cembung menghadap belakang.

Pada potongan pinggang, susunan tulang belakang membentuk lengkungan cembung menghadap depan. Bentuk tulang belakang mempengaruhi bentuk badan kita.

Tulang belakang sanggup mengalami kelainan. Tiga kelainan tulang belakang yang umum terjadi ialah lordosis, kifosis, dan skoliosis.

1) Lordosis

Lordosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan ke arah depan di potongan pinggang.

Orang yang mengalami kelainan ini pinggangnya terlihat lebih menonjol ke depan. Lordosis sanggup disebabkan lantaran perut penderita yang terlalu besar (misalnya lantaran hamil atau kegemukan), riketsia, atau lantaran kebiasaan yang salah.

2) Kifosis

Kifosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di potongan dada ke arah belakang.

Penderita kifosis tubuhnya terlihat bungkuk. Kifosis sanggup disebabkan lantaran penyakit (misalnya TBC dan riketsia) atau kebiasaan duduk yang salah.

3) Skoliosis

Skoliosis adalah melengkungnya tulang belakang ke arah samping. Skoliosis sanggup disebabkan oleh penyakit polio atau kebiasaan posisi duduk yang salah.



Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel