iklan

Macam-Macam Kekuasaan Negara

Secara sederhana kekuasaan sanggup diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mensugesti orang lain semoga melaksanakan tindakan-tindakan yang dikehendaki atau diperintahkannya. Kekuasaan negara merupakan kewenangan negara untuk mengatur seluruh rakyatnya untuk mencapai keadilan dan kemakmuran, serta keteraturan.

Kekuasaan negara aneka macam macamnya. Menurut John Locke sebagaimana dikutip oleh Astim Riyanto dalam bukunya yang berjudul Negara Kesatuan; Konsep, Asas, dan Aplikasinya (2006:273), kekuasaan negara itu sanggup dibagi menjadi tiga macam kekuasaan yaitu:
  1. Kekuasaan legislatif, ialah kekuasaan untuk menciptakan atau membentuk undang-undang
  2. Kekuasaan eksekutif, ialah kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undangundang
  3. Kekuasaan federatif, ialah kekuasaan untuk melaksanakan hubungan luar negeri.

Selain John Locke, ada tokoh lain yang beropini ihwal kekuasaan negara, ialah Montesquieu. Montesquieu sebagaimana dikutip oleh Astim Riyanto dalam bukunya yang berjudul Negara Kesatuan; Konsep, Asas, dan Aplikasinya (2006:273)
  1. Kekuasaan legislatif, ialah kekuasaan untuk menciptakan atau membentuk undang-undang
  2. Kekuasaan eksekutif, ialah kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang
  3. Kekuasaan yudikatif, ialah kekuasaan untuk mempertahankan undangundang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undang-undang.

Pendapat yang dikemukakan oleh Montesquieu merupakan penyempurnaan dari pendapat John Locke. Kekuasaan federatif oleh Montesquieu dimasukan ke dalam kekuasaan administrator dan fungsi mengadili dijadikan kekuasaan yang bangun sendiri. Ketiga kekuasaan tersebut dilaksanakan oleh lembaga-lembaga yang berbeda dan sifatnya terpisah. Oleh alasannya itu teori Montesquieu ini dinamakan dengan Trias Politica.


Sumber http://pkn-ips.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Kekuasaan Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel