iklan

Kenali Apa Itu Perubahan Iklim Bagaimana Kita Beraksi | Ayoksinau.Com

Perubahan Iklim – Masih ingatkah kalian wacana letak wilayah Indonesia? Bagaimana jikalau dilihat dari letak astronomis, maka wilayah Indonesia terletak pada daerah tropis. Daerah tropis terletak di antara 00LU- 230 LU dan 00 LS – 230LS. Di daerah tropis, kita hanya mengenal dua musim, yaitu ekspresi dominan penghujan dan ekspresi dominan kemarau.

 Masih ingatkah kalian wacana letak wilayah Indonesia Kenali Apa Itu Perubahan Iklim  Bagaimana Kita Beraksi | Ayoksinau.com

Musim penghujan terutama terjadi pada waktu bertiup angin muson barat, sedangkan ekspresi dominan kemarau terjadi ketika bertiup angin muson timur.

Indonesia mempunyai dua musim, antara lain ekspresi dominan kemarau dan ekspresi dominan penghujan. ekspresi dominan penghujan yang ada di wilayah Sumatera dan Kalimantan akan relatif lebih usang dibandingkan dengan ekspresi dominan hujan yang ada di daerah Nusa Tenggara.

Dengan demikian ekspresi dominan kemarau di Sumatera dan Kalimantan sanggup jadi hanya beberapa bulan, tetapi di daerah Nusa Tenggara bahkan sanggup berlangsung lebih dari ½ tahun.Didaerah Sumatera, ekspresi dominan penghujan hampir sanggup berlangsung sepanjang tahun. Hanya ada dua hingga tiga bulan saja terjadi ekspresi dominan kemarau.

Berbedanya dengan wilayah Jawa dan Nusa Tenggara. Musim kemarau lebih usang daripada ekspresi dominan penghujan terkecuali pada wilayah Jawa pecahan Barat terutama di wilayah pegunungan.

Seorang jago meteorologi bangsa dari negara Belanda yang berjulukan Buys Ballot mengungkapkan dalam hukumnya yang mempunyai berbunyi : “Angin mengalir dari tempat yang bertekanan maksimum (dingin) ke tempat yang bertekanan minimum (panas) ”.

Pada belahan utara bumi, udara/angin akan  berkelok ke kanan dan di belahan selatan berkelok ke kiri.

Di permukaan bumi kita ini daerah-daerah yang bertekanan tinggi ialah di wilayah sekitar subtropis pada ketinggian 300 LS dan 300 LU. Angin bergerak dari wilayah subtropis sebagian menuju ekuator dan sebagiannya menuju wilayah kutub.

Pada tanggal 21 Juni posisi matahari beredar pada di 230 LU-. Sedangkan pada tanggal 23 September, posisi matahari akan beredar di atas garis Katulistiwa. Pada tanggal 22 Desember posisi matahari beredar di 230 LS. Pada dikala tanggal 21 Maret, maka posisi matahari beredar di daerah Katulistiwa.

Pada waktu bulan September hingga Desember matahari bergerak ke pecahan Selatan, maka wilayah selatan relatif bertemperatur udara tinggi dan tekanan udaranya menjadi rendah. efeknya, terjadi aliran udara dari Asia menuju wilayah tropis.

Pergerakan angin dari Asia membawa massa udara dengan uap air jenuh yang berasal dari lautan yang ada di Pasifik dan di lautan Hindia. Pergerakan angin barat itulah yangdapat menimbulkan ekspresi dominan penghujan. Sebaliknya pada buian Maret hingga bulan Juni ketika Matahari akan berada di wilayah utara, dan berganti angin bertiup dari wilayah Australia menuju Kepulauan Indonesia.

Angin yang tiba dari Benua Australia yang kering tidaklahbanyak membawa banyak uap air sehingga tidak sanggup menimbulkan hujan.

Angin sanggup dibedakan menjadi 2 Macam yaitu angin tetap dan angin periodik :

1. Angin tetap merupakan angin yang arah tiupnya tetap sepanjang tahun, ibarat :

  • Angin passat merupakan angin yang selalu bertiup terus menerus dari daerah maksimum subtropis utara dan selatan (300– 400) menuju ke minimum khatulistiwa.
  • Angin barat yaitu angin antipassat angin yang berhembus di atas angin passatpada ketinggian (30 km dan arahnva berlarvanan dengan angin passat).
  • Angin timur, yaitu angin yang bertiup dari kedua daerah maksimum kutubmenuju daerah minimum subpolar (iintang 6610 LU dan LS0)

Baca juga :

2. Angin periodik, angin ini sanggup dibagi yang terdiri dari Angin Periodik harian dan Angin periodik tahunan

Angin Periodik Harian

  • Angingunungadalahanginyangbertiup darilereng gunungkelembahpada malam hari.
  • Angin lembah ialah angin yang bertiup dari lembah ke lereng gunungpada siang hari.
  • Angin darat ialah angin yang berasal dari daratan menuju ke lautan,yangberhembus pada malam hari.
  • Angin maritim merupakan angin yang akan berhembus dari maritim ke daratan. Angin maritim terjadi atau berhembus pada siang hari.

Angin Periodik Harian

  • Angin siklon berada di daerah daerah yang mempunyai tekanan minimum yang dikelilingi oleh daerah seputanya yang bertekanan maksimum, sehingga angin akan memutar kemudian masuk.
  • Angin anti siklon merupakan angin yang berasalkan dari daerah yang bertekananmaksimum yang menuju ke daerah sekelilingnya yang mempunyai tekananminimum, sehingga angin tersebut akan bergerak putar keluar.
  • Angin fohn yaitu angin yang bersifat panas dan kering yang turundari daerah pegunungan, ibarat angin Bahorok di Deli, dan anginGending di Pasuruan.
  • Angin muson merupakan angin yang berasal dari kata monsoon, Monsoon yang mempunyai arti anginmusim.

Angin muson merupakan gerakan massa udara yangterjadi karenasuatu perbedaan pada tekanan udara yang mencolok antara daratan dan lautan.

Proses terjadinya angin muson sangatlah dipengaruhi oleh beberapa Benua Asia yang di belahan bumi utara dan di Benua Australia di belahan bumi selatan yang mengapit dua samudra.

Demikianlah ulasan mengenai perubahan iklim biar sanggup menambah wawasan anda. untuk media pembelajaran secara online kunjungi terus ayoksinau.com.

Baca juga artikel menarik lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenali Apa Itu Perubahan Iklim Bagaimana Kita Beraksi | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel