iklan

Contoh Partisipasi Aktif Indonesia Dalam Membuat Perdamaian Dunia

Dalam rangka membangun partisipasi aktif dalam perdamaian dunia, beberapa hal sanggup dilakukan Bangsa Indonesia, di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Menjalankan politik hening dan dekat dengan segala bangsa atas dasar saling menghargai dengan tidak mencampuri urusan negara lain.
  2. Menegaskan arah politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif serta berorientasi pada kepentingan nasional, menitikberatkan pada solidaritas antarnegara berkembang, mendukung usaha kemerdekaan bangsa, menolak penjajahan, dan meningkatkan kemandirian bangsa, serta mempunyai kolaborasi internasional bagi kesejahteraan rakyat.
  3. Bangsa Indonesia memperkuat sendi-sendi aturan internasional dan organisasi internasional untuk menjamin perdamaian yang kekal dan abadi.
  4. Meningkatkan kolaborasi dalam segala bidang dengan negara tetangga yang berbatasan eksklusif dan kolaborasi daerah ASEAN untuk memelihara stabilitas, melaksanakan pembangunan, dan meningkatkan kesejahteraan.
  5. Meningkatkan kesiapan Indonesia dalam segala bidang untuk menghadapi perdagangan bebas, terutama dalam menyongsong pemberlakuan AFTA, APEC, dan WTO.
  6. Meningkatkan kualitas dan kinerja aparatur luar negeri biar bisa melaksanakan diplomasi proaktif dalam segala bidang untuk membangun gambaran kasatmata Indonesia di dunia internasional, memperlihatkan pertolongan dan pembelaan terhadap warga negara, serta kepentingan Indonesia, dan memanfaatkan setiap peluang kasatmata bagi kepentingan nasional.
  7. Meningkatkan kualitas diplomasi baik regional maupun internasional dalam rangka stabilitas, kerja sama, dan pembangunan kawasan.

Sumber http://pkn-ips.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Partisipasi Aktif Indonesia Dalam Membuat Perdamaian Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel