iklan

Cara Menanam Strawberry, Gampang Dan Simpel !!

Buah Strawberry ialah salah satu jenis buah menjadi idola banyak orang Cara Menanam Strawberry, Mudah Dan Mudah !!
gambar cara menanam strawberry

Buah Strawberry ialah salah satu jenis buah menjadi idola banyak orang, rasa buah asam anggun dan berwarna merah ini banyak di jumpai di tempat dataran tinggi, khususnya pegunungan. Cara menanam strawberry cukup mudah. Anda sanggup gunakan media tanam lahan pekarangan, maupun dengan polybak atu dengan pot bunga.


Langkah – langkah cara menanam strawberry pada dasarnya terbagi menjadi beberapa tahap diantaranya pemilihan bibit strawberry, pengolahan lahan tanam, proses cara menanam strawberry, pemeliharaan tumbuhan strawberry, dan yang terakhir ialah masa panen tumbuhan strawberry.


Namun demikian, sebelum memulai tahap demi tahap dari cara menanam strawberry, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu lokasi lahan yang akan dijadikan sebagai media tanam strawberry dengan memperhatikan beberapa syarat pertumbuhan tumbuhan strawberry sebagai berikut :



  • Tanaman strawberry membutuhkan sinar matahari penuh hingga 10 jam/hari.

  • Curah hujan yang baik untuk cara menanam strawberry antara 600 hingga 800 mm/th.

  • Suhu udara yang dianjurkan tidak lebih dari 20 derajat celcius.

  • Kelembaban udara untuk tumbuhan strawberry antara 80% hingga 90%

  • Ketinggian lahan berkisar antara 900 hingga 2000 meter diatas permukaan laut.


Setelah memilih lokasi yang akan dipakai untuk budidaya strawberry, barulah memasuki tahap demi tahap cara menanam strawberry yang baik semoga menghasilkan panen buah yang maksimal yang sanggup menambah penghasilan bagi Anda.


Panduan Cara Menanam Strawberry Secara Tepat



  1. Pemilihan Bibit Strawberry


Memilih bibit strawberry ialah langkah pertama sebelum memasuki cara menanam strawberry, alasannya kalau Anda menanam strawberry dengan memakai bibit yang tidak berkualitas, maka sanggup dipastikan pertumbuhan tumbuhan strawberry pun akan terganggu dan pada balasannya juga mensugesti hasil panen.


Mendapatkan bibit strawberry yang berkualitas, terbebas dari segala macam cacat tumbuhan maupun hama penyakit, serta mempunyai pertumbuhan dan panen yang berlimpah merupakan syarat – syarat utama cara menanam strawberry. Sebaiknya mencari bibit strawberry kepada para petani budidaya strawberry semoga menghindarkan Anda dari kesalahan pemilihan bibit strawberry.



  1. Pengolahan Lahan Tanam


Cara menanam strawberry tahap kedua yaitu mempersiapkan dan mengolah lahan yang akan dipakai untuk budidaya strawberry. Setelah Anda memilih lokasi dengan kriteria yang sudah dijelaskan diatas, untuk cara mengolah lahan yang akan dipakai tersebut sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut:


Pengolahan Lahan Pekarangan / Kebun



  • Gemburkan lahan dengan cara dicangkul kira – kira sedalam 30 cm, lalu diamkan selama 1 ahad untuk membantu menghilangkan racun tanah yang ada di dalam tanah.

  • tambahkan pupuk sangkar fermentasi untuk menjaga dan menambah kesuburan dan unsurhara tanah yang dibutuhkan bagi nutrisi tumbuhan strawberry.

  • Selanjutnya buatkan bedengan dengan lebar 100cm, tinggi 30cm, pandang menyesuaikan lahan, dan jarak satu bedeng dengan lainnya kurang lebih 60cm.

  • Tutup bedengan dengan mulsa plastic, pemasangan mulsa sebaiknya pada dikala matahari terik semoga mulsa sanggup memuai dengan baik sehingga sanggup menutupi bedengan dengan sempurna.

  • Buatlah lubang tanam untuk cara menanam strawberry dengan jarak satu lubang tanam dengan lainnya kira – kira 30cm, sedangkan diameter dari lubang tanam tersebut berkisar antara 8 – 10 cm.


Pengolahan Media Tanam Polybak atau Pot



  • Cara menanam strawberry dengan media tanam polybak atau pot, pada pada dasarnya sama dengan cara menanam strawberry di lahan kebun, langkah pertama ialah persiapan materi  polybak ukuran 5 kg, pot bunga, atau karung bekas ukuran 5-10 kg.

  • Selanjutnya Anda harus menyiapkan media tanah liat, pasir, pupuk sangkar dan sedikit kapur.

  • Campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu, diaduk hingga rata. Koposisi perbandingan tanah : pupuk sangkar yaitu 1 : 4, untuk materi lainya secukupnya saja.

  • Diamkan hingga 2-3 hari, sesudah itu masukan media tanah tersebut kedalam pot, polybak, atau karung yang sudah disediakan hingga terisi penuh.



  1. Proses Cara Menanam Strawberry


Bibit dan lahan tanam sudah siap? Tibalah saatnya untuk memindahkan  bibit strawberry kedalam lubang tanam diatas bedengan atau polybak yang sudah disediakan. Cara menanam strawberry sebaiknya dimulai pada pagi hari sebelum matahari naik semoga bibit yang gres ditaman tidak gampang layu.


Memindah bibit harus dilakukan dengan hati – hati, semoga tidak melukai pengakaran dari bibit strawberry, lalu masukkan kedalam lubang tanam, dan tutup kembali dengan tanah atau debu gosok hingga sebatas ujung pangkal batang bibit strawberry. Setelah ditanam, sirami dengan air secukupnya pada setiap bibit yang gres saja ditanam untuk menjaga kebutuhan bibit akan air pada habitat barunya tersebut.



  1. Pemeliharaan Tanaman Strawberry


Cara menanam strawberry tidak hanya hingga hanya sesudah bibit dipindahkan kedalam media tanam. Namun perawatan tumbuhan yang baik sangat mensugesti kualitas pertumbuhan,  serta hasil panen yang diiinginkan.


Buah Strawberry ialah salah satu jenis buah menjadi idola banyak orang Cara Menanam Strawberry, Mudah Dan Mudah !!
gambar cara menanam strawberry dengan perwatan yang baik

Lakukan penyiraman secara rutin terutama pada tumbuhan yang masih berusia muda, apalagi pada isu terkini kemarau dimana kerentanan akan kekurangan pasokan air masih sangat tinggi. lalu kalau usia tumbuhan mencapai umur 20 hari, lakukan penyulaman untuk mengganti tumbuhan yang tidak tumbuh tepat dengan bibit gres semoga pertumbuhan tumbuhan sanggup seragam.


Bersihkan juga rumput – rumput maupun gulma pengganggu tumbuhan yang sanggup mensugesti pertumbuhan tumbuhan strawberry. Cara menanam strawberry juga dibutuhkan tahap pemupukan susulan untuk menjaga produktivitas tanaman. Lakukan pemupukan susulan pada usia tumbuhan kira – kira 2 bulan salah satunya dengan pupuk N P K dengan takaran 1 : 1 : 1.


Cara menanam strawberry supaya berbuah dengan optimal, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Yaitu tahap pemangkasan sulur, atau batang daun yang menjalar panjang. Tujuan pemangkasan ini supaya tumbuhan semakin cepat berbuah dan jumalah produksi buah menjadi semakin banyak.



  1. Masa Panen


Pada usia tanam 2 hingga 4 bulan dari penanam strawberry, buah sudah sanggup dipanen.  Setelah panen pertama dilakukan, panen selanjutnya sanggup dilakukan 3 hari sekali atau seminggu 2 kali panen dengan melihat kondisi buah.


Cara panenan buah strawbery yang baik dengan cara memotong tangkai buah. Kemudian buah di basuh bersih, dan buah strawberry yang segar siap untuk Anda konsumsi.


Demikian artikel singkat dari kami yang membahas duduk kasus cara menanam strawberry yang baik semoga panen yang dihasilkan sesuai dengan impian Anda tentunya.


Jika Ada hal yang ingin Anda tanyakan? Bagaimana cara menanam strawberry, Silahkan berikan Saran dan Komentar Anda? Terima kasih


(Dimuat dari banyak sekali sumber)




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Strawberry, Gampang Dan Simpel !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel