iklan

Tanaman Jahe Berkualitas | 7 Alasan Penting Pengunaan Mulsa

Tanaman jahe yaitu salah satu tumbuhan rempah Tanaman Jahe Berkualitas | 7  Alasan Penting Pengunaan Mulsa
gambar tumbuhan jahe

Tanaman jahe yaitu salah satu tumbuhan rempah-rempah yang paling potensial dikembangkan di Indonesia. Kondisi tanah yang subur serta cuaca iklim yang cocok untuk pengembangan tumbuhan jahe, menyebabkan Indonesian sebagai salah satu peng ekspor rimpang jahe keberbagai Negara.


Pada kenyataanya dalam menghasilkan rimpang jahe yang berkualitas ternyata tidak mudah. Meskipun tanah subur dan cocok untuk budidaya tumbuhan jahe, belum tentu kualitas dan kuantitas jahe yang dihasilkan ketika panen, sanggup menembus pasar ekspor (pasar luar negri).


Pada ketika ini belum banyak masyarakat yang memahami bagaimana sistem cara tanam jahe yang sempurna di abad ketika ini, yaitu dengan cara tanam jahe sempurna antara input dan output.


Untuk menghasilkan rimpang berkulitas makan tumbuhan jahe membutuhkan perawatan yang ketat, mulai dari pemilihan bibit jahe, penentuan lahan, penanaman, pemeliharaan, panen, pasca panen dan manejemen analisis perjuangan sebelum Anda menjalakan bisnis budidaya jahe. 


Pada pembahasan tumbuhan jahe kali ini, kami akan membahas perihal  pengunaan mulsa pada tumbuhan jahe. Apa itu mulsa? Seberapa penting bagi tumbuhan jahe? Dan Bagaimana cara pengunaanya?


Pemberian mulsa cukup penting dilakukan, Sebab mulsa mempunyai imbas terhadap pertumbuhan tanaman, serta panen jahe yang dihasilkan. Pemberian mulsa atau mulsing sebagai suatu cara mengubah kondisi iklim mikro yang sanggup mensugesti perubahan fisik sifat tanah sekaligus membantu untuk mempermudah perembesan tanaman, biar sanggup badan dengan optimal (Syukur,2006:41).


Tanaman jahe yaitu salah satu tumbuhan rempah Tanaman Jahe Berkualitas | 7  Alasan Penting Pengunaan Mulsa
gambar pemeliharaan jahe

Tanaman jahe yaitu salah satu tumbuhan rempah Tanaman Jahe Berkualitas | 7  Alasan Penting Pengunaan Mulsa
gambar pengaturan mulsa jahe

Berikut ini 7 Alasan penting pengunaan mulsa pada tumbuhan jahe, meliputi:



  1. Meminimalisir pertumbuhan gulma maupun rumput liar yang sanggup mengganggu pertumbuhan tumbuhan jahe.

  2. Mencegah berkurangnya pupuk maupun tanah (erosi) akhir air hujan.

  3. Menyeimbangkan suhu tanah yang berubah-ubah.

  4. Memperkaya kandungan unsur hara dan menjaga kegemburan tanah alasannya yaitu proses pembusukan mulsa.

  5. Melindungi tumbuhan jahe dari serangan hama dan penyakit.

  6. Mengurangi terjadinya penguapan air di siang hari terutama pada ketika ekspresi dominan kemarau

  7. Memberikan hasil panen yang maksimal (ukuran, berat, kualitas fisik rimpang lebih optimal).


Secara umum sanggup Anda ketahui bahwa pengunaan mulsa cukup penting untuk menjaga dan mendorong pertumbuhan tumbuhan jahe baik pada media lahan tegalan maupun polybag. Akan tetapi tidak sembarang mulsa sanggup Anda gunakan.


Meskipun diera pertanian modern ketika ini mengenal yang namanya mulsa plastik (mulsa plastik perak hitam), namun penggunaan mulsa plastik tidaklah dianjurkan di dalam budidaya tumbuhan jahe. Ingin tahu alasannya


Alasan penggunaan mulsa plastik tidak dianjurkan :



  • Karakteristik tumbuhan jahe yang ditanam di dalam tanah, akan menyulitkan pertumbuhan tumbuhan jahe alasannya yaitu materi mulsa plastik tidak sanggup tertembus.

  • Meskipun mulsa plastik dilubangi sesuai dengan lubang tanam, namun pertumbuhan tunas gres yang tidak pas di lubang tersebut akan tumbuh menyebar kesegala arah dibawah mulsa yang tidak sanggup tertembus.

  • Bahan plastik tidak sanggup membusuk sehingga tidak menambah kesubuhan tanah bila dibandingkan dengan mulsa organik yang sanggup berfungsi pula sebagai pupuk kompos organik.

  • Harga mulsa plastik yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mulsa organik lainnya.


Bahan mulsa yang biasa dipakai di dalam budidaya jahe antara lain jerami kering, sekam, daun kelapa, daun dan pelepah pisang, maupun materi lainnya.


Pemakaian ibarat mulsa jerami atau sekam dalam satu kali ekspresi dominan tanam jahe sebaiknya dilakukan 2 kali, hal ini alasannya yaitu mulsa pertolongan pertama tentu akan terurai menjadi materi organik dan diserap oleh tanaman.


Cara penggunaannya mulsa pada lahan dengan membuatkan mulsa diatas permukaan bedengan yang telah ditanami bibit jahe setebal 3–5 cm. Pemberian mulsa yang terlalu tebal dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan tunas dari tumbuhan jahe tersebut.


Tanaman jahe yaitu salah satu tumbuhan rempah Tanaman Jahe Berkualitas | 7  Alasan Penting Pengunaan Mulsa
gambar panen jahe muda

Pemberian mulsa ke dua sanggup Anda lakukan sehabis tumbuhan jahe menginjak usia 2 bulan sehabis tanam, atau disesuikan dengan kondisi lahan. Terkait panduan lengkap budidaya tumbuhan jahe merah, jahe gajah, jahe emprit Baca Selengkapnya.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanaman Jahe Berkualitas | 7 Alasan Penting Pengunaan Mulsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel