iklan

Sejarah Database Secara Singkat

Sejarah Database Secara Singkat - Dalam sebuah ilmu komputer ada beberapa sistem untuk mengatur pendataan dalam perangkat komputer. Data Base merupakan system yang berfungsi untuk mengatur data yang ada dalam komputer. Terdapat sekian banyak sistem kerja data base yang memiliki aturan cara kerja tersendiri.

Database memiliki sejarah bagaimana database sanggup berkembanag hingga kini ?? Dan ternyata perkembangan database sendiri nyatanya sejalan dengan perkembangan komputer, lantaran komputer sendiri tidak hanya sarana penghitung juga berkembang jadi sarana pengolah data.

Sejak kala kemudian saat basis data telah jadi konsentrasi yang mutlak pada aplikasi. Di awal tahun 1960, Charles Bachman, seorang asal Amerika merancang generasi pertama DBMS yang dinamakan Daya Simpan Data Terintegrasi atau Integrated Data Store.
 
 
 Dalam sebuah ilmu komputer ada beberapa sistem untuk mengatur pendataan dalam perangkat k Sejarah Database Secara Singkat
Database
 
Dasar model data jaringan terbentuk kemudian distandarisasi oleh CODASYL atau Conference on Data System Languages. Setelah itu, ilmuan komputer yang dilahirkan di Kansar pada tahun 1924 ini mendapatkan Turing Award dari Association for Computing Machinery (ACM) pada tahun 1973 untuk "kontribusi luar biasa untuk teknologi database.

Menurut sejarah, sistem pemrosesan basis data terbentuk sehabis masa sistem pemrosesan manual dan sistem pemrosesan berkas. Sistem pemrosesan manual (berbasis kertas) ialah bentuk pemrosesan yang memanfaatkan basic berupa setumpuk rekaman yang disimpan pada rak-rak berkas. Apabila berkas-berkas tersebut digunakan, berkas tersebut mesti dicari di rak-rak tersebut.

Sistem pemrosesan berkas yakni sebuah sistem komputer, di mana sekelompok rekaman disimpan pada banyaknya berkas dengan cara terpisah. Perancangan sistem ini didasarkan kepada kepentingan individual pengguna, bukan kepentingan sebanyak pengguna.

Maka setiap aplikasi menuliskan data tersendiri, karenanya ada sanggup saja data yang sama terdapat pada berkas-berkas lain yang digunakan oleh aktivitas penerapan lain.

Sejarah Database Management system (DBMS)
Generasi pertama DBMS di desain oleh Charles Bachman di perusahaan General Electric pada awal tahun 1960, dinamakan sebagai Daya Simpan Data Terintegrasi (Integrated Data Store). Dibentuk basic buat model data jaringan yang selanjutnya distandardisasi oleh Conference on Data Sistem Languages (CODASYL).

Bachman selanjutnya mendapatkan ACM Turing Award (Penghargaan semacam Nobel pada ilmu komputer) di tahun 1973. Dan pada final 1960, IBM berbagi system administrasi isu (Information Management Sistem) DBMS.

IMS dibuat dari representasi data pada kerangka kerja yang dinamakan dengan model data hirarki. Dalam waktu yang sama, dikembangkan system SABRE sebagai hasil kolaborasi antara IBM dengan perusahaan penerbangan Amerika. Sistem ini mengizinkan user untuk membuka data yang sama pada jaringan komputer.
 
Pada tahun 1985, Microsoft dan IBM mengumumkan perjanjian kolaborasi Jangka Panjang untuk pengembangan Os atau Sistem Operasi dan produk-produk perangkat lunak yang lain. Pengumuman ini yaitu permulaan dimulainya OS/2, suatu sistem operasi sehabis masa kejayaan MS-DOS.


OS/2 ini akan lebih "hebat" dan lebih "canggih" daripada MS-DOS, Dia akan sanggup menangani multitasking application dengan memakai kekuatan processor Intel yang terupdate yaitu 80286. "That was the plan!" OS/2 secara resmi diumumkan terhadap bln April 1987, dan dijanjikan sanggup sedia untuk end-user pada final tahun tersebut.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Database Secara Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel