Rpp Teks Biografi Kelas X Semester 2 Dan Bahan Pembelajaran Teks Biografi
CONTOH RPP TEKS BIOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan Ke : 9, 10, dan 11
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (3 X 4 Jam Pelajaran x 45 menit)
Materi Pokok : Teks Biografi
Tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk kompetensi yang terdiri atas (1) kompetensi sikap spiritual, (2) kompetensi sikap sosial, (3) kompetensi pengetahuan pengetahuan, dan (4) kompetensi keterampilan. Rumusan kompetensi sikap spiritual, “Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya”; kompetensi sikap sosial, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)santun, responsif dan proaktif dan memperlihatkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yakni keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dipakai sebagai dasar bagi guru dalam menumbuhkan dan menyebarkan abjad akseptor didik lebih lanjut.
KI 1 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 2 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.14 Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi. 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. | · Mengidentifikasi tragedi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. · Menyampaikan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tragedi yang tertuang dalam dalam teks biografi. · Memberikan komentar secara mulut atau tulis terhadap hasil kerja sobat atau kelompok lain. |
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebaha saan dalam teks biografi. 4.15 Menyusun teks biografi tokoh | · Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. · Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) · Memberikan jawaban secara mulut terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman |
C. Materi Pembelajaran
· Pola penyajian cerita ulang (biografi).
· Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
Unsur-unsur biografi:
· orientasi: (identitas singkat tokoh);
· rangkaian tragedi dan persoalan yang dialami; dan
· Reorientasi :
Kebahasaan biografi:
· pronominal;
· pengacu dan yang diacu; dan
· konjungsi.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(Catatan: kolom kepingan kanan bukan kepingan RPP tetapi klarifikasi prosedur
model pembelajaran Bahasa Indonesia).
Pendahuluan: 3 x 10 menit 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik mendapatkan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik mendapatkan informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks biografi sederhana | Membangun Konteks: Dialog informasi perihal fungsi dan wujud teks biografi dalam kehidupan sehari-hari. Dapat pula ditayangkan film dokumenter dunia tanaman dan fauna | ||||
Kegiatan Inti: 3 x 150 menit | |||||
1. Peserta didik membaca 2 atau 3 teks biografi yang bertema sama. 2. Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau teks biografi yang telah dibacanya. 3. Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi. 4. Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks biografi. 5. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks biografi. 6. Peserta didik mengajukan pertanyaan perihal ciri kebahasaan yang dipakai dalam 2 atau 3 teks biografi. 7. Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks biografi. 8. Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks biografi. 9. Peserta didik melaksanakan pembagian terstruktur mengenai dan deskripsi kekerabatan antar komponen yang ditemukan menurut telaah model teks. 10. Peserta didik menyimpulkan struktur teks biografi. 11. Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks biografi. 12. Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau 3 teks biografi. 13. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan perihal struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks biografi. | Menelaah Model Kegiatan ini sanggup dilakukan secara individual, berpasangan, atau berkelompok. Panduan lembar kerja menelaah model teks sangat dianjurkan untuk digunakan. Kesimpulan dibahas secara klasikal dengan panduan guru biar kelas aktif menarik namun pengaturan waktu efesien | ||||
14. Peserta didik mengerjakan latihan dan kiprah yang diberikan guru untuk menyebarkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks biografi: a. latihan kosa kata teknis, sinonim b. latihan penulisan unsur serapan c. latihan pengembangan teks biografi d. latihan pengembangan kekohesian 15. Peserta didik berdiskusi dengan sobat sebangku atau berpasangan untuk memilih topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang sanggup digunakan. | Mengonstruksi Terbimbing: kegiatan ini merupakan aplikasi dari pemahaman perihal teks dan latihan kebahasaan yang dipakai dalam menyusun biografi. Ini semacam latihan berlari, menendang bola, membawa bola, mengoper bola, dan lain-lain sebelum bermain bola bergotong-royong | ||||
16. Peserta didik memilih topik teks biografi dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web). 17. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi. 18. Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih. 19. Peserta didik menyusun teks biografi menurut kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI. 20. Peserta didik mempresentasikan teks biografi yang telah disusun. 21. Peserta didik menanggapi teks biografi. 22. Peserta didik merevisi teks biografi berdasarkan masukan dari teman. 23. Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel portofolio masing-masing. | Mengonstruksi Mandiri: Setelah akseptor didik berkegiatan untuk mendapatkan pemahaman dan banyak sekali latihan subkompetensi menulis (atau berbicara) diperlukan akseptor didik sudah mempunyai kepercayaan diri untuk menyusun teks secara mandiri. | ||||
Penutup: 3 x 20 menit | |||||
1. Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah Dipelajari. 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling memperlihatkan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam | Kegiatan epilog merupakan refleksi guru dan peser-ta didik terhadap proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya peningkatan mutu berkelanjutan | ||||
E. Penilaian
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.14 Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi. 3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. | · Mengidentifikasi tragedi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. · Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. |
Penilain Proses | Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan sanggup dilakukan semenjak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing. Catatan terhadap akseptor didik pada kegiatan tersebut sanggup dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. | Jenis : Tulis Bentuk : Uraian Contoh instrumen: a. Jelaskan bagian-bagian struktur teks biografi yang Anda baca! b. Tentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi dan berikan pola masing-masing! c. Tuliskan isi pokok teks biografi yang Anda baca! |
KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)
Kompetensi Dasar | Indikator |
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. 4.15 Menyusun teks biografi tokoh | · Menyampaikan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tragedi yang tertuang dalam dalam teks biografi. · Memberikan komentar secara mulut atau tulis terhadap hasil kerja sobat atau kelompok lain. · Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) · Memberikan jawaban secara mulut terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman |
Penilain Proses | Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan sanggup dilakukan semenjak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri. Catatan terhadap akseptor didik pada kegiatan tersebut sanggup dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan kiprah (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. | Jenis : Menulis Bentuk: Uraian Contoh Instrumen Susunlah teks biografi dengan memerhatikan hal di bawah ini! 1. Tentukan topik teks biografi! 2. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks biografi! 3. Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks biografi dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI! |
Portofolio
Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian mencakup proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf final (produk) berbobot 40%;
(b) bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c) bukti catatan perihal apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d) catatan reflektif berbobot 25%.
Sikap
Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.
Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan : …
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. | Waktu | Nama | Kejadian/ Perilaku | Butir sikap | Positif/ Negatif | Tindak Lanjut |
1. | 16 Februari 2018 | Aira | Memainkan HP saat berdiskusi tentang struktur teks biografi | disiplin | - | Dipanggil dan disuruh menganalisis teks biografi yang lain |
2. | 17 Februari 2018 | Aftani | Mengerjakan kiprah dengan serius, sempurna waktu, dan kesannya sangat baik | Tanggung jawab | + | Diberi kebanggaan atau apresiasi |
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | a. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan sangat tepat | 4 |
b. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan tepat | 3 | |
c. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan kurang tepat | 2 | |
d. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan tidak tepat | 1 |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
2 | a. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks biografi dan memperlihatkan pola masing-masing dengan sangat tepat | 4 |
b. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks biografi dan memperlihatkan pola masing-masing dengan tepat | 3 | |
c. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks biografi dan memperlihatkan pola masing-masing dengan kurang tepat | 2 | |
d. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks biografi dan memperlihatkan pola masing-masing dengan tidak tepat | 1 |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor | |
3 | a. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi dengan sangat tepat | 4 | |
b. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi i dengan tepat | 3 | ||
c. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi si dengan kurang tepat | 2 | ||
d. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi dengan tidak tepat | 1 | ||
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 = 83,33
Nilai = 10 x 100 = 83,33
12
b. Keterampilan
Bait | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | a. Peserta didik memilih topik teks biografi sangat sesuai isi teks | 4 |
b. Peserta didik memilih topik teks biografi sesuai isi teks | 3 | |
c. Peserta didik memilih topik teks biografi kurang sesuai isi teks | 2 | |
d. Peserta didik memilih topik teks biografi tidak sesuai isi teks | 1 | |
2 | a. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik | 4 |
b. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi lengkap dan sesuai dengan topik | 3 | |
c. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi kurang lengkap dan kurang dengan topik | 2 | |
d. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks | 1 | |
3 | a. Peserta didik menulis teks biografi sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 4 |
b. Peserta didik menulis teks biografi sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 3 | |
c. Peserta didik menulis teks biografi kurang sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 2 | |
d. Peserta didik menulis teks biografi tidak sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah kreteria/soal
Contoh:
Nilai = 11 x 100 = 91,66
12
6. Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)
1. Penyajian komputer (laptop) dengan kegiatan powerpoint.
2. Bahan bimbing otentik teks biografi (hasil penelitian atau media massa).
3. Buku teks dan buku ensiklopedia.
4. Film dokumenter.
5. Internet.
Mengetahui, …., ….
Kepala …. Guru mata pelajaran,
…….. ……………
RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X (SMA/SMK)
1. TEKS NEGOSIASI
2. TEKS DEBAT
3. TEKS BIOGRAFI
4. TEKS PUISI
LAMPIRAN MATERI TEKS BIOGRAFI
Kompetensi Dasar
Pengetahuan | Keterampilan |
3.14 Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi | 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis |
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi | 4.15 Menyusun teks biografi tokoh |
A. Contoh Teks (Fakta)
Biografi Nelson Mandela
Biografi Nelson mandela. Tokoh perdamaian Nelson Rolihlahla Mandela dilahirkan di Mvezo, 18 Juli 1918 dan meninggal pada tanggal 05 Desember 2013, Nelson Mandela dikenal di seluruh dunia sebagai p0juang kemerdekaan melalui kegiatan anti apartheidnya dan kemudian menjadi Presiden Afrika Selatan. Masa kecilnya dihabiskan di Thembu kemudian memulai karir di bidang hukum. Beliau juga mempunyai nama kehormatan dari klannya yaitu Madiba. Dilahirkan di Mvezo, Transkei pada 18 Juli 1918, Rolihlahla Mendela kemudian pindah ke Qunu hingga berumur 9 tahun. Ia merupakan yang pertama dari keluarganya yang mengikuti sekolah. Ia juga menerima nama Nelson dari gurunya yang seorang Metodis. Pada umur 16 tahun, ia masuk Clarkebury Boarding Institute mempelajari kebudayaan barat.
Pada 1934, ia memulai kegiatan B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi sobat dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil aturan di University of the Witswatersrand.
Pernikahan pertama Mandela dengan Evelyn Ntoko Mase berakhir dengan perceraian pada 1957 setelah 13 tahun. Pernikahannya dengan Winnie Madikizela yang berjalan 38 tahun berakhir dengan perceraian 1996. Pada ulang tahunnya ke-80, Mandela menikahi Graça Machel, janda dari mantan Presiden Mozambik Samora Machel, yang juga seorang mitra ANC.
Rolihlahla Mendela kemudian pindah ke Qunu hingga berumur 9 tahun. Ia merupakan yang pertama dari keluarganya yang mengikuti sekolah. Ia juga menerima nama Nelson dari gurunya yang seorang Metodis. Pada umur 16 tahun, ia masuk Clarkebury Boarding Institute mempelajari kebudayaan barat.
Pada 1934, ia memulai kegiatan B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi sobat dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil aturan di University
Pada 1934, ia memulai kegiatan B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi sobat dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil aturan di University of the Witswatersrand.
Pernikahan pertama Mandela dengan Evelyn Ntoko Mase berakhir dengan perceraian pada 1957 setelah 13 tahun. Pernikahannya dengan Winnie Madikizela yang berjalan 38 tahun berakhir dengan perceraian 1996. Pada ulang tahunnya ke-80, Mandela menikahi Graça Machel, janda dari mantan Presiden Mozambik Samora Machel, yang juga seorang mitra ANC.
Rolihlahla Mendela kemudian pindah ke Qunu hingga berumur 9 tahun. Ia merupakan yang pertama dari keluarganya yang mengikuti sekolah. Ia juga menerima nama Nelson dari gurunya yang seorang Metodis. Pada umur 16 tahun, ia masuk Clarkebury Boarding Institute mempelajari kebudayaan barat.
Pada 1934, ia memulai kegiatan B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi sobat dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil aturan di University
B. Pengertian Teks (Konsep)
Biografi
· Biografi merupakan salah satu teks yang menjelaskan perihal seorang tokoh yang mempunyai kelebihan atau keunggulan tokoh tersebut yang sanggup diteladani pembaca. Memuat informasi menurut fakta pada tokoh, memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah, harus mempunyai struktur teks biografi yang jelas.
C. Ciri-ciri Teks (Prinsip)
1. Fungsi
Dapat dipakai sebagai panutan bagi pembaca, Memuat informasi menurut fakta pada tokoh, memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah, mengetahui dan memahamikarakter orang lain dan banyak berguru perihal orang lain melalui tokoh-tokoh lain
2. Struktur
Struktur teks biografi
· Orientasi, dalam teks tersebut yaitu pengenalan. Terdapat pada paragraf awal
· Pristiwa dan persoalan : tragedi ditandai dengan kisah masa kuliah dan masa menikah
· Reorientasi, kembali mengisahkan perkuliahan
3. Kebahasaan
Penggunaan bahasa dalam penulisan teks biografi:
· Pronomina: Kata ganti yang sering dipakai yaitu kata ganti orang ketiga beliau (dia). Kata ganti ini bervariasi dengan nama diri atau penyebutan nama tokoh atau panggilan tokoh
· Konjungsi temporal:
Kata penghubung yang dipakai untuk menghubungkan klausa degan klausa atau kailmat dngan kalimat
kata penghubung waktu menyerupai selanjutnya, lalu, kemudian, ketika, sebelum, dan sesudah, tatkala, sewaktu
· Kalimat simpleks/tunggal yaitu kalimat yang terdiri dari satu pola kalimat. Minimal kalimat tunggal mempunyai unsur subyek dan predikat sedangkan obyek dan keterangan tidak selalu muncul secara lengkap
Contoh: Beliau juga mempunyai nama kehormatan dari klannya yaitu Madiba.
Selebihnya banyak juga yang memakai kalimat beragam setara.
· Kata keterangan, Misalnya: ke Johannesburg, di University, dll
· Kata kerja material; kata kerja yang berhungan dengan perbuatan, pola memulai, mengambil, dll
· Kata kerja pasif untuk menjelskan tragedi yang dialami tokoh. Contoh: dikenal
· Banyak memakai kata sifat (adjektiva) pola pada teks: setia,metodis
· Kata hubung yang ditemukan dalam teks ini yaitu kata penghubung koordinatif dan subordinatif. Kata penghubung koordinatif yaitu kata penghubung yang yang menghubungkan dua unsure kalimat atau lebih yang yang kedudukannya setara. Contohnya: dan
D. Prosedur Pembelajaran (sesuai KD)
1. Bagaimana cara mengidentifikasi teks?
Teks biografi mempunyai ciri:
a. Berupa informasi
b. Memiliki abjad unggul yang bisa menginspirasi
c. Memiliki kelebihan yang sanggup memberi komplemen pada orang lain
2. Bagaimana cara menelaah teks?
Cara menelaah teks biografi adalah
1. Membaca keseluruhan teks biografi
2. Menetukan abjad tokoh yang disampaikan dalam teks tersebut
3. Menguraikan kelebihan –kelebihan yang dimiliki tokoh dalam teks biografi
4. Dapat menemukan kelebihan tokoh untuk teladani bagi pembaca
3. Bagaimana cara menyimpulkan isi teks?
Sebuah teks dikatakan sebagai teks biografi bila:
· Memuat informasi
· Memuat abjad unggul dalam diri tokoh
· Dalam penyampaian informasi selalu memakai kalimat tidak langsung
· Gaya penulisan deskriptif naratif
· Sudut pandang yang dipakai orang ketiga serba tahu
4. Bagaimana cara mengungkapkan kembali isi teks?
· Melalui kegiatan tanya jawab berkaitan
· Mengungkapkan perihal latarbelakang tokoh
· Menanyakan perihal kelebihan- kelebihan tokoh
0 Response to "Rpp Teks Biografi Kelas X Semester 2 Dan Bahan Pembelajaran Teks Biografi"
Posting Komentar