iklan

Mengenal Lebih Dalam Perbedaan Cmyk Dan Rgb Dalam Desain


Terdapat dua komponen warna yang harus diketahui yakni CMYK dan RGB. Keduanya merupakan komponen dasar yang akan membentuk aneka macam macam warna yang dimanfaatkan untuk keperluan dunia desain grafis.





Pada desainer sudah seharusnya mengerti betul perihal dua komponen ini sebab besar lengan berkuasa pada pembentukan warna baru.





Warna gres yang akan dihasilkan dari adonan beberapa warna komponen dasar pun harus dipikirkan dengan baik apakah akan dicetak atau hanya sekadar ditampilkan dalam bentuk digital.





Warna-warna yang dibuat dari adonan warna dasar sanggup berbeda karenanya kalau dicetak terlebih lagi kalau mesin cetaknya atau printernya tidak berkualitas baik.





Namun yang lebih penting, para desainer harus tahu terlebih dahulu apa saja komponen warna yang ada di dalam dua komponen dasar CMYK dan RGBG biar sanggup lebih sempurna memadukan warna dan tentu saja biar karenanya sesuai dengan yang diinginkan.





Terdapat dua komponen warna yang harus diketahui yakni CMYK dan RGB Mengenal Lebih Dalam Perbedaan CMYK dan RGB dalam Desain




Mengenal Lebih dalam CMYK pada desain Grafis





Untuk yang pertama, kenali terlebih dahulu perihal CMYK. Komponen warna yang disingkat CMYK ini mempunyai kepanjangan yakni Cyan-Magenta-Yellow-Black.





CMYK sering disebut warna proses atau sanggup juga disebut empat warna. Komponen warna yang satu ini hasil dari pengurangan gelombang cahaya biar sanggup menghasilkan keempat warna tersebut yang dilakukan dalam dunia desain grafis dan percetakan.





Dalam dunia percetakan, setidaknya diharapkan empat warna ini untuk sanggup menghasilkan gambar atau hasil cetak yang berwarna baik.





Keempat ini merupakan empat tinta proses yang harus ada untuk memproduksi warna yang dipakai untuk keperluan mencetak.





Khusus untuk warna hitam atau black tolong-menolong merupakan gabungan dari ketiga warna dalam komponen warna proses yakni gabungan antara Cyan, Magenta dan Yellow. Ketiganya kalau dicampur akan menghasilkan warna hitam.





Mengenal Lebih dalam RGB pada desain Grafis





Sedangkan untuk RGB merupakan komponen warna yang terdiri dari Red, Green dan Blue. Ketiganya merupakan warna primer yang berasal dari spectrum.





Warna pokok atau juga sanggup disebut warna addictive ini kalau dicampurkan semuanya yakni merah, hijau dan biru maka akan menghasilkan warna putih.





Ketiganya yang terlihat mempunyai kekuatan warna tersendiri ternyata kalau dicampurkan akan menjadi warna putih.





Namun kalau percampuran hanya dilakukan dari dua warna maka akan menghasilkan warna khusus. Misalnya percampuran antara warna hijau dipadukan dengan warna biru maka akan menghasilkan warna cyan.





Banyak orang yang mengkaitkan warna dengan huruf dan dunia psikologi manusia. Beberapa warna memang identik dengan huruf tertentu contohnya warna kuning yang melambangkan keceriaan, pertemanan, kegembiraan, dan juga kemenangan.





Berbeda lagi untuk warna merah yang identik dengan warna cinta, hasrat tinggi, keberanian, dan ketajaman. Hijau pun selalu identik dengan warna alam, lingkungan dan kesehatan  dan biru selalu identik dengan warna yang tenang, penuh kedamaian, stabil, kebersihan, kepercayaan dan harmoni.



Sumber https://bersamatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Lebih Dalam Perbedaan Cmyk Dan Rgb Dalam Desain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel