iklan

Materi Pelajaran Komputer Yang Cocok Untuk Anak Sd

Materi Pelajaran Komputer Yang Cocok Untuk Anak SD Materi Pelajaran Komputer Yang Cocok Untuk Anak SD


Materi Pelajaran Komputer Yang Cocok Untuk Anak SD–Ada yang bertanya perihal bahan pelajaran komputer apakah yang cocok buat bawah umur usia sekolah dasar? Pertanyaan semacam ini biasanya keluar dari verbal guru mata pelajaran mulok komputer yang gres pertamakali memulai mengajar mata pelajaran tersebut, dan juga dari para orang bau tanah siswa yang ingin anak-anaknya kelak menguasai teknologi komputer.


Jika ditanya bahan apa yang cocok untuk anak usia SD, maka jawabannya tentu varitatif tergantung latar belakang orang yang menjawabnya. Dan bisa diklasifikasikan juga menurut kelas. Kalau kelas rendah (kelas 1,2,3) cocoknya mencar ilmu apa, bila kelas tinggi (4,5,6) cocoknya mencar ilmu apa juga.


Saya sendiri cenderung mempunyai beberapa balasan sebagai berikut;


1. Materi mengenalkan perangkat keras komputer yang sering mereka lihat


Materi ini untuk anak SD semua kelas, dan sudah mulai diajarkan di usia kelas 1 SD. Dari mengenal nama-nama perangkat keras yang sering mereka lihat, mereka (baca: siswa) akan lebih gampang mengetahui fungsi tiap perangkat keras yang diajarkan gurunya.


Dengan mengetahui fingsi masing-masing perangkat keras komputer yang sering mereka lihat, para siswa diperlukan bisa memakai prangkat-perangkat keras komputer tersebut.


Beberapa perangkat keras komputer yang umumnya gampang terlihat yaitu:


a. Monitor


Monitor merupakan perangkat keras komputer yang paling gampang terlihat, sebab biasanya ditempatkan di meja yang otomatis perangkat keras ini keberadaanya paling mencolok.


Perangkat keras ini harus diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar, dijelaskan fungsinya, dan diberitahukan banyak sekali jenisnya.


b. Keyboard


Selain monitor, perangkat keras kedua yang gampang sekali terlihat ialah keyboard. Biasanya ada monitor maka ada pula keyboard.


Perangkat keras yang fungsinya untuk mengetikan banyak sekali jenis text ini, gampang sekali terlihat, terutama pada ketika orang sedang mengetik.


Perangkat keras ini harus diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar, dijelaskan secara fungsinya, termasuk klarifikasi mengenai macam-macam jenis keyboard.


c. Mouse


Mouse juga merupakan perangkat keras komputer yang gampang terlihat oleh anak-an. ak, jadi perangkat ini harus dijelaskan kepada bawah umur mengenai fungsinya, termasuk jenis-jenisnya.


d. Cassing


Perangkat keras yang sering terlihat oleh bawah umur selain monitor, keyboard, dan mouse ialah cassing kawasan perangkat keras utama komputer. Ini juga harus dijelaskan.


Diantara banyaknya perangkat keras komputer, yang gampang terlihat kurang lebih ada 4 perangkat keras yaitu monitor, keyboard, mouse dan cassing. Karenanya empat perangkat keras tersebut harus menerima prioritas untuk dijadikan bahan pengenalan hardware komputer bagi bawah umur usia sekolah dasar.


2. Materi Mewarnai Menggunakan Paint


Mewarnai merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi anak-anak, disamping meruapakan kegiatan yang sanggup mengembangkan motorik halus bagi bawah umur tentunya.


Paint merupakan salah satu aplikasi yang bisa dipakai untuk kegiatan mewarnai oleh anak-anak, terutama untuk siswa kelas rendah.


Guru bisa menyusun bahan mewarnai memakai paint dengan menarik, sehingga bawah umur sanggup mencicipi kesenangan mewarnai memakai aplikasi.


Beberapa hal yang bisa diperoleh keuntungannya dari bahan mewarnai dengan paint ini diantaranya siswa tetap tersalurkan kegemarannya yaitu mewarnai, kedua siswa juga mulai mengenal penggunaan tools aplikasi, dan acara menggerakan mouse.


Materi mewarnai memakai Paint, biasa diberikan untuk level SD kelas 1, kelas 2, hingga dengan kelas 3.


3. Materi Mengetik


Materi mengetik ini merupakan bahan mengetik dasar, biasanya siswa akan diajarkan bagaimana cara memakai keyboard, meletakan jari-jari diatas tombol keyboard secara tepat, dan mengetik huruf-huruf dan angka untuk melancarkan cara memakai keyboard.


Aplikasi yang dipakai untuk kebutuhan mencar ilmu mengetik ini biasanya:


Aplikasi Pengolah Kata Sederhana Wordpad


Wordpad merupakan aplikasi pengolah kata sederhana, bisa dipakai untuk melatih siswa ketika pertamakali mencar ilmu mengtik di komputer.


Fiturnya yang sederhana, tidak banyak menu-menu, menciptakan aplikasi ini nyaman dipakai untuk mencar ilmu mengetik bagi anak-anak, sebelum ke aplikasi pengolah kata Microsoft Word atau aplikasi pengolah kata lainnya.


Belajar mengetik memakai Wordpad, cocok diberikan bagi siswa sekolah dasar kelas 3 (tiga) sehabis bahan mewarnai memakai Paint selesai, biasanya bahan mengetik memakai wordpad ini dilaksanakan di semester genap.


Aplikasi pengolah kata Microsoft Word


Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata populer, bisa dipakai juga untuk mendukung bahan mengetik bagi siswa tingkat sekolah dasar dengan bahan level basic.


Seperti bahan cara masuk ke jadwal aplikasi Microsoft Word, menympan file, membuka file, menyisipkan image, clipt art, shapes dan grafik dengan materi-materi sederhana.


Materi mengetik memakai aplikasi pengolah kata Microsoft Word biasa diberikan di kelas 4, melanjutkan bahan mengetik memakai aplikasi pengolah kata sederhana wordpad yang sudah dipelajari di kelas 3.


Aplikasi Games Mengetik


Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetik, bisa memakai banyak sekali software pendukung untuk kebutuhan tersebut.


Banyak software yang beredar yang dibentuk untuk melatih kemampuan mengetik, kecepatan dan keakuratan memakai keyboard, dan software-software tersebut dibentuk sesuai untuk anak-anak.


Contohnya software mengetik cepat dalam bentuk games. Ada rapid typing, keyblaze dan software sejenis lainnya. Silahkan saja dicari software-software games mengetik cepat tersebut, baik di google pencarian maupuan di google paly store.


4. Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka


Aplikasi yang dipakai untuk bahan pengolah angka yang umum ialah Microsoft Excel, atau aplikasi spreadsheet lainnya tergantung OS yang dipakai di Sekolah.


Materi pengolah angka yang diberikan yang cocok untuk anak usia sekolah dasar, ialah bahan penggunaan rumus matematika sederhana, seperti:


Memangkatkan


Mengalikan


Menjumlahkan


Membagi, dan


Pengurangan


Selain bahan memakai rumus matematika dasar tersebut, siswa juga sanggup diberi materi-materi yang mengasah kemampuan logic anak, menyerupai rumus-rumus fungsi text dan logic, dan juga fungsi statistik sederhana.


Materi menggunakan perangkat lunak pengolah angka Microsoft Excel cocok diberikan pada siswa kelas 5 SD, sebab pada usia ini anak sudah bisa memahami dan menganalisa, jadinya kemampuan memahami dan menganalisa tersebut perlu diasah kemampuannya, salah satunya dengan mencar ilmu memecahkan persoalan dengan memakai rumus-rumus fungsi text dan logic.


Agar bahan Excel ini bisa dipahami dan siswa merasa senang, maka guru harus bisa menciptakan bahan didik yang menyenangkan yang sesuai dengan usai dan pengalaman riil sehari-hari yang dialami siswa.


5. Belajar menciptakan Presentasi dan Animasi


Aplikasi pengolah Presentasi Microsoft Powerpoint paling banyak dipakai untuk kebutuhan menciptakan slide presentasi, dan juga animasi-animasi sederhana.


Aplikasi ini bisa diajarkan kepada siswa usia sekolah dasar, dengan materi-materi yang disederhanakan, misalnya menyerupai mencar ilmu menciptakan presentasi kiprah mata pelajaran IPS, IPA dan lainnya.


Adanya elemen animasi dalam aplikasi Powerpoint ini, menciptakan siswa menjadi bahagia dan memancing mereka untuk bereksplorasi menciptakan banyak sekali bentuk gerakan. Berbagai bentuk gerakan yang siswa buat intinya merupakan gerakan-gerakan dasar animasi.


Untuk itu, guru yang paham akan menyebarkan banyak sekali jenis bahan didik menciptakan animasi yang menarik yang bisa dikerjakan dengan memakai aplikasi Powerpoint.


Materi menggunakan aplikasi Powerpoint cocok diberikan kepada bawah umur usia kelas 6 SD, dan juga bisa diberikan dikelas dibawahnya asalkan materinya disesuakan dengan usia dan pengalaman riil mereka sehari-hari.



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Pelajaran Komputer Yang Cocok Untuk Anak Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel