iklan

Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat Dan Baik Untuk Pencernaan Anda

Anda tentunya sudah tahu kan apa itu kolang kaling, itu lho cemilan lonjong kenyal yang berwarna putih transparan dan rasanya yang segar. Biasanya sih sering dijumpai sebagai adonan es buah, atau dalam bentuk manisan kolang kaling. Tetapi ternyata, manfaat buah kolang kaling tidak hanya sebatas sebagai adonan es buah maupun manisan saja lho, yuk simak artikel mengenai manfaat buah koang kaling bagi kesehatan sebagai berikut.


 Apa itu Kolang Kaling ?


Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda disebut sebagai glibbertjes ini yaitu jenis olahan yang berasal dari biji pohon aren atau Arenga pinnata. Pohon aren sendiri bahwasanya masih satu keluarga dengan pohon kelapa, hanya saja batang pohon aren terkesan lebih kotor jikalau dibandingkan dengan pohon kelapa.


Anda tentunya sudah tahu kan apa itu kolang kaling Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat dan Baik Untuk Pencernaan Anda
gambar pohon aren ( manfaat buah kolang kaling )

Anda tentunya sudah tahu kan apa itu kolang kaling Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat dan Baik Untuk Pencernaan Anda
gambar manfaat buah kolang kaling – biji kolang kaling mentah

Untuk mengambil manfaat buah kolang kaling, biasanya para pengusaha produksi kolang kaling bahkan mengkremasi buah aren tersebut sampai hangus dan diambil bijinya. Biji tersebut kemudian direbus selama beberapa jam sampai lunak, sesudah itu biji kolang kaling akan difermentasikan dengan cara direndam dengan air kapur.


Biji buah pohon aren ini sejatinya yaitu protein albumin yang dibutuhkan benih pohon untuk persediaan makanan. Biji buah pohon ini umumnya berbentuk lonjong agak pipih, serta mengandung getah yang sanggup menciptakan gatal jikalau terkena kulit manusia. Oleh alasannya yaitu itu, seorang petani kolang kaling pada ketika memanen biji pohon aren sering terlihat menggunakan kaos lengan panjang lengakp dengan sarung tangan sebagai pengaman kuit dari terkena getah yang bikin gatal.


Layaknya pohon kelapa sebagai kerabat dekatnya, pohon aren juga sanggup dimanfaatkan untuk aneka macam macam keperluan insan disamping bijinya sebagai materi baku pembuatan kolang kaling, air nira dari pohon aren juga sering digunakan untuk materi baku gula merah, cuka, minuman keras khas tempat atau tuak, serta batangnya sanggup diolah menjadi tepung sebagai sumber karbohidrat di beberapa wilayah timur Indonesia menyerupai Maluku dan Papua.


Manfaat Buah Kolang Kaling


Jika dilihat dari segi gizi yang terkandung di dalamnya, manfaat buah kolang kaling memang tidak memperlihatkan asupan nutrisi aneka macam macam vitamin penting yang dibutuhkan tubuh menyerupai layaknya buah – buahan lainnya. Namun demikian, itu tidak berarti jikalau kolang kaling tidak mempunyai khasiat sama sekali bagi orang yang mengkonsumsinya.


1. Memperlancar Saluran Pencernaan


Justru kolang kaling mempunyai kandungan serat dan air yang sangat tinggi dimana serat tersebut sangat dibutuhkan bagi kelancaran system pencernaan Anda. Manfaat buah kolang kaling sanggup memenuhi kebutuhan harian akan serat, sehingga kuliner yang masuk sanggup dioah dengan baik, serta membantu melancarkan kanal pembuangan feses. Dengan mengkonsumsi kolang kaling, organ – organ kanal pembuangan menyerupai usus besar dan anus sanggup bekerja dengan maksimal.


Manfaat buah kolang kaling yang tidak kalah pentingnya yaitu sanggup menghindarkan Anda dari tanda-tanda penyakit sembelit. Disamping kekurangan serat alami tubuh, sembelit intinya yaitu gangguan umum yang terjadi pada organ kanal pembuangan akhir kekurangan asupan air. Nah, kolang kaling yang sebagian besar terdiri dari air sampai 90% tersebut sanggup membantu mencukupi kebutuhan air oleh organ kanal pencernaan Anda.


2. Kolang Kaling Kaya Akan Serat


Kandungan serat di dalam buah kolang kaling berperan aktif untuk mengikat selulosa, pectin, dan air untuk mempercepat sisa-sisa kuliner sesudah diambil sarinya dan disalurkan melalui usus besar, sampai menuju anus dan dibuang keluar. Jika tanpa santunan serat sebagai pengikat, feses akan mengendap lebih usang di dalam usus besar dan pada gilirannya justru akan merusak organ usus besar itu sendiri.


Asupan serat yang mencukupi juga bisa membantu kerja usus besar ketika melaksanakan gerakan peristaltic untuk mengeluarkan feses dari tubuh melalui anus. Hal inilah yang menimbulkan alasan hingan Badan Pengawas Obat dan Makanan asal Amerika Serikat atau FDA mengeluarkan rekomendasi untuk mengkonsumsi setidaknya 25 gram serat setiap harinya bagi orang dewasa.


3. Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Diet


Kandungan serat yang cukup banyak tersebut, selain sebagai pelancar kanal pencernaan, manfaat buah kolang kaling juga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet dalam rangka menurunkan berat badan. Kandungan serat serta kadar gelatin yang terdapat dalam buah kolang kaling akan memperlihatkan dampak kenyang bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Sehingga dengan mengkonsumsi buah kolang kaling yang mengenyangkan, Anda akan lebih tahan terhadap godaan “ngemil” yang kerap menjadi penyebab utama kegemukan seseorang.


Namun demikian, Kami menyarankan Anda untuk mengolah sendiri buah kolang kaling tersebut sebelum dikonsumsi, untuk mendapat khasiat yang diinginkan. Mengkonsumsi kolang kaling secara mudah dalam bentuk manisan dikhawatirkan justru mengandung banyak embel-embel dan pewarna buatan yang justru akan merugikan kesehatan Anda.


Anda tentunya sudah tahu kan apa itu kolang kaling Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat dan Baik Untuk Pencernaan Anda
gambar manfaat buah kolang kaling – proses

Anda tentunya sudah tahu kan apa itu kolang kaling Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat dan Baik Untuk Pencernaan Anda
gambar manfaat buah kolang kaling – manisan

Jadi, lebih baik agak repot sendiri demi mendapat manfaat buah kolang kaling untuk mengantisipasi adanya embel-embel dan pewarna buatan dalam manisan kolang kaling yang dijual di pasaran, bukan?




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat Dan Baik Untuk Pencernaan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel