iklan

Managemen Pemasaran

Managemen pemasaran berasal dari dua kata. Dua kata itu ialah kata “management” dan “pemasaran”. Pengertian management pemasaran sanggup dikatakan berasal dari campuran dua pengertian. Sebelum kita membahas perihal management pemasaran. Alangkah baiknya kita mengetahui perihal apa itu pemasaran. Berbagai upaya dalam marketing harus dijalani alasannya ialah banyaknya kompetitor. Persaingan dari kompetitor yang makin ketat, membuat acara peningkatan skala produksi dipandang bukan sebagai duduk kasus utama.

Management Pemasaran

Hal ini berbeda dengan acara pemasaran atau jasa yang dihasilkan. Bisa dikatakan keberhasilan dalam pemasaran ialah kunci kesuksesan. Baik kesuksesan dari suatu entitas bisnis atau perusahaan.aktivitas pemasaran memiliki nilai yang positive. Baik dilihat dari sisi produsen maupun dari sudut pandang konsumen. Berdasarkan sudut pandang konsumen, kegiatan pemasaran produk dipandang sebagai acara yang sanggup memperlihatkan aneka macam alternative. Baik alternative pemuas suatu kebutuhan, sehingga nilai dari kepuasan itu sendiri meningkat.

Managemen pemasaran berasal dari dua kata Managemen Pemasaran

Sumber : https://manajemenku.id/

Kegiatan pemasaran dari sudut pandang produsen. Barang atau jasa, kegiatan pemasaran ialah acara untuk meningkatkan pelayanan. Pelayanan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan para customer. Makara pemasaran semestinya bukanlah sekedar kepentingan produsen, tapi juga kepentingan konsumen. Aktivitas pemasaran adalah salah satu acara pokok. Aktivitas yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan ,untuk menjaga kelangsungan kehidupannya. Berkembang ke skala yang lebih besar lagi. Proses kegiatan pemasaran dimulai sebelum barang atau jasa diproduksi. Meski hanya acara penjualan, namun kegiatan ini sanggup mengatakan suatu kepuasan yang diharapkan oleh konsumen.

A. Pengertian management Pemasaran

Management pemasaran ialah alat analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian acara yang dirancang, untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan sasaran pasar untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.

B. Pengertian management pemasaran berdasarkan para ahli

Menurut kotler 1980 management pemasaran ialah pengalalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menjadikan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksut untuk mecapai perusahaan.Management pemasaran ialah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan, untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapat laba. Proses pemasaran itu dimlai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran harus mengatakan kepuasan kepada konsumen, kalau menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta&Handoko, 1982).

 

Management pemasaran ialah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian acara yang didesign untuk menciptakan, mebangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan masyarakat (kotler &Amstrong). American marketing association menterjemahkan pemasaran sebagai pelaksana dunia usaha, yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari prosusen kekonsumen. Definisi ini hanya menekan aspek distribusi daripada kegiatan pemasaran. Philip kotler dalam bukunya marketing managent analysis, planning and control.

 

Mendefinisikan pemasaran secara lebih luas. Pemasaran ialah suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan membuat dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. Definisi pemasaran berdasarkan William J. Staton ialah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Falsafah konsep pemasaran bertujuan mengatakan kepuasan kepada konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan menganut konsep pemasaran, harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

 

Secara definitive konsep pemasaran ialah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan baha pemuas kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Staton, 1978). Konsep management pada hakikatnya meliputi upaya dan strategi, yang ditempuh management, dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

C. Unsur dalam management pemasaran

Terdapat tiga unsur yang penting dalam management pemasaran. Sebagai berikut:
1. Orientasi pada konsumen atau pembeli
Umumnya produsen menghasilkan produk sebagai upaya memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuannya untuk mendapat keuntungan dari konsumen. Konsumen ialah orientasi paling utama, yang harus dipertimbangkan dalam segala macam bentuk taktik bisnis. Demikian juga dalam proses marketing atau penjualan. Maka dalam bisnis selalu mengedepankan pihak konsumen. Sebab konsumen sanggup dibilang sebagai raja, dan pihak produsen atau perusahaan ialah pelayan yang harus melayani kebutuhan raja. Management pemasaran menyetujui konsep pemasaran yang terbaik, dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas.

 

2. Perencanaan kegiatan pemasaran secara menyeluruh
Management pemasaran menyetujui adanya pengatutan secara dinamis. Hal ini sebagai bentuk penyusunan kegiatan dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam bidang pemasaran, strategi, Ikplementasi, penganalisaan, contolling (pengawasan) dan lain-lain yang berkaitan dengan pemasaran harus dilakukan secara tersusun. Hal ini akan mempermudah dalam proses pelaksanaan dan pengawasan. Evaluasi terhadap suatu management pemasaran salah satunya, juga didasarkan atas kegiatan penyusunan secara menyeluruh tersebut.

 

3. Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen menjadi unsur yang penting. Hal ini harus diperhatikan dalam menyusun taktik pemasaran. Management pemasaran yang bagus, yaitu menyetujui adanya keputusan para konsumen yang maksimal, sebagai akhir dari proses pemasaran yang berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara maupun taktik pemasaran yang dijalankan.


Sumber https://carajadikaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Managemen Pemasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel