iklan

Macam Dan Pengertian Simbiosis Makhluk Hidup

 - Dalam ilmu ekologi yang menyidik wacana interaksi timbal balik antar makhluk hidup, dikenal jua jenis interaksi antar antar individu dalam komunitas. 

Interaksi antar individu dalam komunitas ini terjadi pada lingkungan biotik, dimana lingkungan biotik ialah suatu lingkungan yang terdiri dari makhluk hayati (fauna, tumbuhan, insan) yang secara langsung mengadakan hubungan.

Sementara komunitas sendiri berarti kumpulan berdasarkan berbagai populasi individu yg saling berinteraksi serta hidup di suatu loka tertentu pada waktu tertentu pula. Sebagai referensi bentuk komunitas merupakan komunitas fauna sebuah di hutan.

Dalam interaksi antar indvidu pada komunitas inilah terdapat beberapa bentuk hubungan. Jenis interaksi antar individu dalam komunitas tadi lebih dikenal sebagai bentuk simbiosis. Simbiosis terdiri berdasarkan 4 bentuk yakni simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme serta simbiosis netral.


1. Simbiosis Mutualisme

Dalam simbiosis mutualisma, interaksi antar individidu yg terjadi menghasilkan keuntungan dalam ke 2 belah pihak. Dalam artian, individu – individu yang berinteraksi sama – sama diuntungkan, serta nir ada yg dirugikan.

Contoh simbiosis mutualisme :

  • interaksi antara basil rhizopus dan bintil kacang – kacangan. Dalam hal ini, basil rhizopus mendapatkan masakan serta daerah buat hayati, ad interim kacang – kacangan mendapatkan oksigen buat tumbuh lebih fertile.
  • interaksi antara kerbau dan burung kecil pemakan kutu. Dalam hal ini, kerbau akan diuntungkan karena kutu yg sebagai parasite pada tubuhnya hilang, sedangkan si burung diuntungkan alasannya mendapatkan kuliner.

Baca pula: Pemencaran Tumbuhan memakai Bantuan Faktor Luar


2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme ialah bentuk interaksi antar individu dimana kondisinya salah satu individu diuntungkan ad interim yang lain nir diuntungkan akan tetapi jua nir dirugikan. Artinya, hanya satu pihak saja yg diuntungkan dan yg lain seolah tidak terpengaruh.

Contoh simbiosis komensalisme :

  • interaksi antara anggrek dan pohon inang tempatnya melekat. Dalam simbiosis komensalisme ini, anggrek mendapatkan keuntungan alasannya mendapatkan daerah buat tumbuh. Sedangkan pohon inangnya tidak diuntungkan memakai kehadiran anggrek yg menempel di batangnya, akan tetapi juga nir dirugikan. Jadi, terdapat atau tidak ada anggrek yang inheren di btg pohonnya tidak kuat apa pun.




tiga. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme merupakan syarat dimana interaksi antar individu yg terjadi, galat satu spesiesnya mendapatkan laba, ad interim yg lainnya justru dirugikan. Artinya, individu ini mendapatkan 2 hal yg antagonis. Jika satu untung, yang satu rugi.

Contoh simbiosis parasitisme :

  • interaksi cacing pita pada dalam badan manusia. Dalam hal ini, tentu saja cacing pita diuntungkan karena mendapatkan sari masakan dari insan dan mendapatkan loka buat tumbuh serta berkembang biak. Sementara itu, insan akan dirugikan karena selain asupan sari masakan di badan berkurang, insan juga akan menderita gangguan pencernaan atau sakit dampak keberadaan cacing pita ini.


4. Simbiosis Netral

Dalam simbiosis netral, interaksi antar individu dalam komunitas ini intinya tidak ada yg dirugikan juga nir ada yang diuntungkan. Artinya, ke 2 belah pihak bahu-membahu nir merasa rugi mau pun keuntungan bila ada atau nir adanya satu pihak lain ini.

Contoh simbiosis netral merupakan simbiosis antara kupu – kupu memakai kelinci. Pada kondisi ini, dalam dasarnya baik kelinci juga kupu – kupu sama sekali tidak rugi, jua tidak ada yg untung. Artinya, bila pun tak terdapat kekerabatan keduanya tidak rugi atau pun untung secara eksklusif.

Sumber http://zuhriindonesia.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam Dan Pengertian Simbiosis Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel