iklan

Langkah-Langkah Dalam Penelitian Sejarah (Heuristik, Verifikasi,Interpretasi, Dan Historiografi)

sumber banyak sekali data biar bisa mengetahui segala bentuk insiden atau kejadian sejarah ma Langkah-Langkah dalam Penelitian Sejarah (Heuristik, Verifikasi,Interpretasi,  dan Historiografi)

1.Heuristik

Heuristik berasal dari kata Yunani, heuriskein, artinya yaitu menemukan. Heuristik, maksudnya ialah tahap untuk mencari, menemukan, dan juga mengumpulkan sumber-sumber banyak sekali data biar bisa mengetahui segala bentuk insiden atau kejadian sejarah masa lampau yang relevan dengan topik atau judul penelitian.

Untuk melacak sumber tersebut, sejarawan harus bisa mencari di banyak sekali dokumen baik melalui metode kepustakaan ataupun arsip nasional. Sejarawan sanggup juga mengunjungi situs sejarah atau melaksanakan wawancara guna melengkaapi data sehingga diperoleh data yang baik dan lengkap, serta sanggup menunjang terwujudnya sejarah yang mendekati kebenaran. Masa lampau yang begitu banyak periiode dan banyak bagian-bagiannya (seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya) mempunyai sumber data yang juga beraneka ragam sehingga perlu adanya penjabaran data daari banyaknya suumber tersebut.

2.Verifikasi

Verifikasi merupakan evaluasi terhadap sumber-sumber sejarah. Verifikasi dalam sejarah mempunyai arti investigasi terhadap kebeenaran laporan wacana suatu insiden sejarah. Penilaian terhadap sumber-sumber sejaraah menyangkut aspek ekstern dan intern. Aspek ekstern mempersoalkan apakah sumber itu orisinil atau palsu sehingga sejarawan harus bisa menguji wacana keakuratan dokumen sejarah tersebut, contohnya adalah, waktu pembuatan dokumen, materi atau materi dokumen. Aspek intern mempersoalkan apakah isi yang terdapat dalam sumber itu bisa memperlihatkan gosip yang diperlukan. Dalam hal ini, aspek intern berupa prosses analisis terhadap suaatu dokumen. Aspek ekstern harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Apakah sumber itu merupakan sumber yaang dikehendaki (autentitas)?
  • Apakah sumber itu orisinil atau turunan (orisinalitas)?
  • Apakah sumber itu masih utuh atau sudah diubah (soal integritas)?

Setelah ada kepastian bahwa sumber itu ialah sumber yang benar diharapkan dalam bentuk orisinil dan masih utuh, maka dilakukan kriitik intern. Kritik intern dilakukan untuk menerangkan bahwa gosip yang terkandung di dalam sumber itu bisa dipercaya, dengan evaluasi intrinsik terhadap sumber dan juga dengan membandingkan kesaksian-kesaksian banyak sekali sumber.

3.Interpretasi

Interpretasi ialah menafsirkan fakta sejarah dan juga merangkai fakta tersebut menjadi satu kesatuan yang serasi dan maasuk akal. Interpretasi dalam sejarah sanggup juga diartikan sebagai penafsiran suatu peristiiwa atau memperlihatkan pandangan teoritis terhadap suatu peristiwa. Sejarah sebagai suatu insiden bisa diungkap kembali oleh para sejarawan melalui banyak sekali sumber, dokumen perpustakaan, baik berbentuk data, buku, berkunjung ke situs-situs sejarah atau wawancara, sehingga bisa terkumpul dan mendukung dalam proses interpretasi. Dengan demikian, sesudah kritik selesai maka langkah berikutnya yaitu melaksanakan interpretasi / penafsiran dan analisis terhadap data yang diperoleh dari berbaagai sumber.

4.Historiografi

Historiografi merupakan penulisan sejarah. Historiografi yaitu tahap terakhir dari acara penelitiian untuk penulisan sejarah. Menulis dongeng sejarah bukanlah sekadar menyusun dan meraangkai fakta-fakta hasil penelitian, melainkan juga memberikan suatu pikiran melalui interpretasi sejaarah berdasarkan fakta hasil penelitian. Untuk itu, menulis sejarah memerlukan kecakapan dan kemahiran. Historiografi merupakan rekaman wacana segala sesuatu yang dicatat sebagai materi pelajaran wacana periilaku yang baik. Sesudah memilih judul, mengumpulkan bahan-bahan atau sumber serta melaksanakan kritik dan seleksi, maka mulailah menuliskan dongeng sejarah. Ada tiga bentuk penulisan sejarah berdaasarkan ruang dan waktu.

 

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Langkah-Langkah dalam Penelitian Sejarah (Heuristik, Verifikasi,Interpretasi,  dan Historiografi), semoga manambah wawasan bagi anda yang membacanya.

baca juga artikel dibawah ini;


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah-Langkah Dalam Penelitian Sejarah (Heuristik, Verifikasi,Interpretasi, Dan Historiografi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel