iklan

Inilah Cara Budidaya Telur Jangkrik Yang Paling Mudah

Bagi anda pecinta burung hias pastinya sudah tidak absurd lagi dengan salah satu binatang sera Inilah Cara Budidaya Telur Jangkrik yang Paling MudahBagi anda pecinta burung hias pastinya sudah tidak absurd lagi dengan salah satu binatang serangga ini, jangkrik merupakan salah satu binatang serangga yang paling banyak diminati orang untuk menjadi pakan burung.


Tidak hanya sebagai pakan burung saja, beberapa jenis ikan hias juga sangat suka menyantap jangkrik. Di pasaran sendiri dikala ini harga jangkrik makin mahal berbeda dengan Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Urin Manusia, apalagi kalau bukan musimnya.


Mengingat harga jangkrik makin melonjak tentunya ini sanggup anda jadikan sebagai salah satu bisnis, walaupun harganya makin melonjak pembelinya pun makin banyak. Apalagi sudah aneka macam orang mengambarkan kesuksesan melaksanakan cara budidaya telur jangkrik.


Adapun kepercayaan bahwa dengan memelihara jangkrik akan mendapat banyak keuntungan. Selain itu ada sebuah kepercayaan dimana memelihara jangkrik sanggup menangkal nasib jelek dan mendatangkan nasib baik.


Secara ilmiah jangkrik mempunyai nama Gryllidae, dan merupakan salah satu serangga yang masih bersahabat dengan belalang alasannya kemiripan anatominya. Adapun ciri fisik dari jangkrik, walaupun agak menyerupai belalang namun badan jangkrik lebih bundar dan beberapa terlihat lebih pendek disbanding belalang. Selain itu jangkrik hanya mempunyai dua macam warna ialah coklat dan hitam, adapun ciri khas lainnya ialah jangkrik akan berbunyi nyaring di malam hari.


Pada zaman dahulu anda sanggup melihat Cara Budidaya Telur Puyuh, setiap malam kebanyakan orang sangat bahagia menikmati bunyi jangkrik di halaman rumah sambil bercanda gurau dengan kerabat ataupun teman. Namun, seiring waktu dimana gedung- gedung bertingkat mulai banyak dan sawah sudah berubah jadi perumahan maka kebiasaan ini pun hilang. Selain beternak jangkrik, tak jarang pula orang membeli bibit jangkrik berupa telur jangkrik.


Selain dijadikan sebagai materi pembibitan, telur jangkrik nyatanya juga sangat cantik untuk pakan binatang menyerupai burung dan ikan hias. Hal ini alasannya telur jangkrik mempunyai aneka macam nutrisi menyerupai serat, protein, dan lemak. Dari semua nutrisi yang ada, telur jangkrik ini mempunyai protein tinggi dan baik untuk tumbuh kembang binatang peliharaan, oleh alasannya itu aneka macam orang mencarinya.


Cara Budidaya Telur Jangkrik


Dan berikut ini merupakan langkah- langkah gampang dan simpel bagi pemula dalam melaksanakan cara budidaya telur jangkrik.



  1. Lokasi Budidaya Telur Jangkrik


Langkah pertama dan paling umum dalam cara budidaya telur jangkrik ialah menentukan lokasi budidaya. Pastikan lokasi pilihan anda merupakan lokasi yang sempurna menyerupai berikut ini:



  • Pastikan lokasi jauh dari jangkauan binatang liar dan jauh dari pemukiman.

  • Lokasi harus bersih, mempunyai udara segar dan tidak tercemari polusi udara.

  • Lokasi harus jauh dari tempat industri, garasi, dan dapur.

  • Pastikan lokasi gampang dijangkau, anda sanggup memakai halamn ataupun ruang kosong di rumah anda.

  • Pastikan kondisi lokasi damai dan tidak terkena cahaya matahari pribadi serta mempunyai sirkulasi udara baik.



  1. Media Budidaya Telur Jangkrik


Setelah anda menemukan lokasi sempurna berbeda dengan Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Kotoran Puyuh , berikutnya dalam cara budidaya telur jangkrik ialah menciptakan media budidaya. Media budidaya yang dimaksud ialah berupa sangkar menyerupai berikut ini :



  • Untuk sangkar jangkrik, anda sanggup memakai beberapa materi menyerupai triplek, bambu, kayu, bahkan kardus bekas.

  • Sesuaikan saja materi dengan kondisi ruang dikala itu dan banyaknya jangkrik nantinya.

  • Adapun ukuran kalau anda bingung, buatlah sangkar biasa berukuran 100cm x 30 cm x 60 cm.

  • Ukuran sangkar diatas cukup untuk 4000 ekor indukan jangkrik.

  • Lengkapi sangkar dengan tempat telur bekas dan beberapa kardus berbentuk melengkung sebagai tempat jangkrik untuk memanjat.

  • Pelengkap sangkar sangat penting biar indukan jangkrik tidak stress.









  1. Indukan Jangkrik Budidaya


Setelah anda menciptakan sangkar menyerupai langkah di atas, selanjutnya dalam cara budidaya telur jangkrik ialah menyiapkan indukan jangkrik menyerupai berikut ini :



  • Ada beberapa cara untuk mendapat indukan jangkrik betina dan jantan ialah dengan mencarinya atau membelinya secara pribadi di pasar.

  • Akan lebih simpel kalau anda pribadi membelinya alasannya selain sanggup menentukan sendiri indukan juga sanggup mengetahui kualitas indukan.

  • Pilihlah indukan yang sehat, lincah, dan tidak cacat.

  • Bedakan antara indukan jantan dan betina dengan memperhatikan bentuk fisiknya.

  • Perhatikan ujung ekor pada indukan jangkrik, jangkrik betina mempunyai ujung ekor bersungut 3 sedangkan jangkrik jantan hanya mempunyai 2 sungut pada ekornya.

  • Dan adapun ciri dari indukan jangkrik siap budidaya ialah mempunyai bentuk sayap agak bergelombang.



  1. Mengawinkan Jangkrik Budidaya


Jangan lupa untuk menambahkan lampu di beberapa sudut sangkar sebagai penghangat sekaligus sumber cahaya. Dan sesudah semua siap anda sanggup melihat Cara Membuat Pupuk dari Limbah Ikan, sekarang saatnya mengawinkan indukan jangkrik menyerupai berikut :



  • Tambahkan tanah liat terlebih dahulu pada dinding sangkar kemudian campurkan semen dan lem kayu sebagai perekatnya.

  • Tempelkan juga beberapa jenis dedaunan kering menyerupai daun jagung dan daun jati untuk menciptakan sangkar tampak menyerupai habitat jangkrik.

  • Itu juga bertujuan biar jangkrik cepat kawin, dan masukkan indukan jangkrik ke dalam sangkar dengan perbandingan jangkrik betina dan jantan sebanyak 5 : 1









  1. Perawatan Jangkrik Budidaya


Dalam cara budidaya jangkrik berbeda dengan Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Eceng Gondok%%, kalau anda melakukannya dengan sempurna maka jangkrik akan bertelur sesudah 5 hari masa kawin. Dan anda harus merawatnya menyerupai berikut ini :



  • Berikan pakan berupa bekatul jagung, tepung ikan, dan ketan hitam sebagai pakan khusus.

  • Anda juga sanggup menambahkan kuning telur sebagai sumber protein yinggi.

  • Selain itu berilah vitamin biar jangkrik mendapat nutrisi lengkap.

  • Setelah 5 hari, pisahkan indukan jangkrik dengan telurnya.

  • Untuk mengetahui apakah sudah ada telur, anda sanggup memperhatikan dasar kandang.

  • Pemisahan ini harus dilakukan karen induk jangkrik sanggup memangsa telurnya.

  • Selain itu anda juga harus menyidik kebersihan sangkar dan kelembaban kandang.

  • Pastikan anda memberi pakan dengat teratur dan sempurna waktu alasannya jangkrik merupakan salah satu binatang kanibal juga.



  1. Panen Telur Jangkrik


Bagi anda pecinta burung hias pastinya sudah tidak absurd lagi dengan salah satu binatang sera Inilah Cara Budidaya Telur Jangkrik yang Paling MudahLangkah berikutnya ialah langkah paling ditunggu- tunggu dalam cara budidaya telur jangkrik dimana anda sudah sanggup memanen telurnya menyerupai berikut :



  • Gantilah pasir dalam sangkar untuk memanen telur jangkrik.

  • Pisahkan pasir dengan telur dan masukkan telur jangkrik ke dalam wadah.

  • Anda sanggup memakai nampan plastik sebagai wadah nya dan jangan lupa untuk menyortir telur jangkrik yang akan dijual dan ditetaskan kembali.


Itulah langkah- langkah dalam cara budidaya telur jangkrik mulai dari mempersiapkan lokasi dan menciptakan media budidaya berupa sangkar sampai panen telur jangkrik. Pastikan anda melaksanakan langkah- langkah di atas dengan sempurna dan cermat biar sukses. Semoga info di atas sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Cara Budidaya Telur Jangkrik Yang Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel