iklan

Cara Menanam Bunga Anggrek | Ajaran Praktis

gambar cara menanam bunga anggrek dengan media pot image Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis
gambar cara menanam bunga anggrek dengan media pot

Bunga anggrek yakni satu satu dari sekian jenis bunga yang ada di dunia yang paling digemari oleh sebagian besar para pecinta tumbuhan bunga hias. Di Indonesia sendiri, para peminat bunga anggrek semakin banyak dan itu artinya semakin banyak pula undangan konsumen atas kebutuhan bunga anggrek sebagai bunga hias untuk menambah keindahan pekarangan rumah mereka.


Cara menanam bunga anggrek ada beberapa cara, salah satunya yakni cara menanam anggrek dengan memakai pot bunga sebagai media tanamnya. Cara budidaya anggrek juga semakin banyak dilakukan di beberapa kawasan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan undangan akan bunga anggrek itu sendiri.


Beberapa pecinta anggrek kerap mengeluhkan bahwa menanam anggrek memakai media pot terkadang justru pertumbuhan tumbuhan tidak maksimal dan bunga cepat layu. Hal tersebut terjadi sebenarnya alasannya yakni mereka kurang memahami bagaimana cara menanam bunga anggrek yang baik sehingga menghasilkan bunga anggrek yang sedap dipandang mata.


Cara menanam bunga anggrek pada media pot memililiki kelebihan yaitu, pot bunga anggrek tersebut gampang dipindah – pindah, sehingga memungkinkan Anda untuk menempatkan bunga anggrek yang sudah mekar sesuai dengan selera Anda, sanggup di depan rumah, halaman belakang, bahkan untuk mempercantik ruang tamu Anda.


Dibawah ini akan Kami ulas cara menanam bunga anggrek yang benar yang kami rangkum dari banyak sekali sumber pecinta tumbuhan hias di beberapa pusat budidaya anggrek, supaya bunga yang dihasilkan tumbuhan sanggup tumbuh optimal serta tidak gampang layu :


Langkah Teknis Cara Menanam Bunga Anggrek Secara Tepat


Menentukan Bibit


Cara menanam bunga anggrek yang pertama yakni memilih jenis varietas bunga anggrek yang akan Anda tanam, serta mendapat bibit bunga anggrek varietas tertentu tersebut yang telah diketahui kualitasnya, mempunyai pertumbuhan yang sempurna, serta terbebas dari banyak sekali macam penyakit tumbuhan serta hama tanaman.


Ada beberapa varietas bunga anggrek yang sering dibudidayakan, diantaranya sebagai berikut :



  • Anggrek Catteleya yang eksotis

  • Anggrek Dendrodium, angrek ini termasuk jenis yang paling popuper di kalangan pecinta anggrek

  • Anggrek Grammathopilum, yakni anggrek raksasa dari Papua

  • Anggrek Oncidium, dari varietas ini yang terkenal yakni anggrek jenis Golden Shower

  • Anggrek Phalaenopsis, jenis anggrek bulan yang sangat bersahabat di kalangan para pecinta anggrek yakni dari varietas ini

  • Anggrek Vanda atau anggrek potong

  • Anggrek Spathiphyllum


Jika Anda ingin segera melaksanakan cara menanam bunga anggrek, berikut gambar jenis-jenis bungga anggrek yang terkenal dan banyak diminati :


gambar cara menanam bunga anggrek dengan media pot image Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis
gambar jenis-jenis bunga anggrek

 


Setelah Anda sudah memilih jenis varietas bunga anggrek yang hendak Anda tanam, langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga anggrek yakni mendapat bibit unggulan dari varietas pilihan Anda tersebut. Akan lebih baik kalau Anda mendapat bibit anggrek dari para pengrajin tumbuhan hias terutama pecinta anggrek supaya bibit yang diperoleh benar – benar berkualitas.


Mempersiapkan Media Taman


Setelah bibit anggrek Anda dapatkan,  cara menanam bunga anggrek tahap selanjutnya yakni mempersiapkan media atau tempat bagi penanaman dan pertumbuhan tumbuhan angrek. Dalam hal ini akan membahas media tanam dengan memakai pot bunga.


Sediakan pot bunga dengan ukuran sedang, kemudian isilah pot tersebut dengan media tanam yang terdiri dari beberapa gabungan materi baku diantaranya tanah, pupuk sangkar yang sudah difermentasikan, arang, kulit kelapa atau batok, sabut kelapa, serta pecahan genting atau sanggup dengan pecahan batubata.


susunlah kesemua materi media tanam tersebut dengan deretan pecahan watu bata di kepingan terbawah dari pot, kemudian batok dan sabut kelapa diatasnya, kemudian gres masukkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar dibagian paling atas dari pot. Tujuan dari batubata tersebut yakni supaya pada dikala penyiraman dilakukan, air tidak tergenang di dasar pot dan sanggup merusak akar tumbuhan anggrek Anda.


Tahapan Cara Menanam Bunga Anggrek


Setelah media pot dipersiapkan, bibit juga siap, maka cara menanam bunga angrek yakni memindahkan bibit bunga anggrek tersebut kedalam pot yang sudah terisi oleh gabungan materi – materi tersebut diatas, kemudian tutup dengan bubuk hingga batas pangkal batang bibit anggrek.


Cara menanam bunga anggrek yang baik sebaiknya dimulai pada dikala pagi hari sebelum jam 8 supaya matahari belum terlalu terik sehingga tumbuhan anggrek yang gres tersebut tidak gampang layu. Setelah ditanam kemudian eksklusif disirami dengan air secukupnya untuk menjaga kelembaban tumbuhan anggrek.


Gambar dibawah yakni cara menanam bunga anggrek dengan mengambil anakan dari anggrek induk


gambar cara menanam bunga anggrek dengan media pot image Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis
gambar cara menanam bunga anggrek dengan mengambil anakan dari induk anggrek

Pemeliharaan


Memelihara dan menjaga tumbuhan yakni cara menanam bunga anggrek tahap berikutnya. Pemeliharaan bunga anggrek dengan media pot jauh lebih gampang dibandingkan dengan media lahan. Hal terpenting dari pemelihaan bunga anggrek yakni dilema penyiraman.


Sebenarnya bunga angrek lebih menyukai kondisi lingkungan yang lembab namun tidak menghendaki penyiraman atau penyemprotan eksklusif kepada bunga anggrek itu sendiri. Penyemprotan eksklusif justru terkadang sanggup merusak kuncup bunga anggrek yang belum mekar.


gambar cara menanam bunga anggrek dengan media pot image Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis
gambar keindahan taman dengan cara menanam bunga anggrek media pot di teras rumah

Cara menjaga kelembaban lingkungan tumbuhan anggrek Anda sanggup dilakukan dengan menyirami sekeliling tanah di dalam pot secukupnya, namun tidak mengenai tumbuhan anggrek itu sendiri. Penyiraman dilakukan setiap pagi hari supaya tumbuhan anggrek tidak lekas layu dan tercukupi kebutuhan akan air bagi tumbuhan anggrek.


Demikianlah cara menanam bunga anggrek, percantik rumah Anda, dengan keindahan dari bunga anggrek ini.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Anggrek | Ajaran Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel