iklan

12 Pengertian Kas Kecil Dan Fungsinya

Berbagai jenis transaksi – di perusahaan tidak selamanya hanya mengandalkan pembayaran yang  jumlah/nominalnya cukup besar. Pada transaksi yang melibatkan pembayaran yang kecil maka perlualah di bentuk yang disebut dengan Kas Keci (Petty cash).

 di perusahaan tidak selamanya hanya mengandalkan pembayaran yang  jumlah 12 Pengertian Kas Kecil dan Fungsinya

Pengertian Kas Kecil


Berikut ini ialah 10 Pengertian Kas Kecil berdasarkan para ahli. diantaranya:

1. Menurut Weygant

Pengertian kas kecil ialah “petty cash fund is a cash fund used to pay relatively small amount but still maintain satisfactory control.”

2. Menurut Soemarso (2004:320)

Kas kecil ialah sejumlah uang tunai yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran tertentu dengan jumlah yang tidak besar dan yang berupa pengeluaran-pengeluaran lain dilakukan dengan bank ( dengan cek ).

3. Menurut Zaki Baridwan (1988),

Dana kas kecil ialah uang kas perusahaan yang khusus dan berfungsi untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang nominalnya kecil dan pengeluaran yang tidak hemat jika dibayar dengan cek.

4. Menurut Johar Arifin

Dana kas kecil merupakan dana yang disisihkan oleh perusahaan untuk membiayai pengeluaran yang jumlahnya tidak besar (relatif kecil).

5. Menurut Mardiasmo (2002 : 3)

Dana Kas Kecil ialah sejumlah uang kas di perusahaan yang disediakan khusu untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya kecil dan tidak hemat jika dibayarkan memakai cek, misalnya pengeluaran untuk membeli perangko dan materai, untuk membayar listrik, biaya telepon, supplies kantor, biaya angkut penjualan, langganan surat kabar atau majalah, dan sebagainya. Pemegang dana kas kecil yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana kas kecil.

6. Menurut Horngren (1997: 366)

Pengeluaran kas kecil akan tidak hemat jika perusahaan harus menuliskan cek untuk membayar satu pack kotak pensil,  taksi, atau pengiriman sebuah order khusus keluar kota, sehingga perusahaan pada umumnya menyimpan sejumlah kecil uang kas ditangan untuk membayar biaya yang berjumlah kecil tersebut. Dana kecil sering disebut sebagai kas kecil / petty cash.

7. Menurut Wikipedia

Buku kas kecil ialah catatan pembelian yang relatif sangat kecil dibandingkan.

Buku kas kecil Buku kas kecil ialah catatan pembelian yang relatif sangat kecil dibandingkan dengan pembelian-pembelian lainnya, biasa dikendalikan oleh sistem tetap (imprest system).

8. Menurut Kusnadi dalam bukunya Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate)(2000:64)

Kusnadi menyatakan bahwa dana kas kecil merupakan dana yang  meliputi  pembayaran, yang tidak memakai cek sebagai alat pembayaran melainkan memakai uang tunai.

9. Menurut Henry Simamora dalam bukunya Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis (2000:213)

Henry Simamora bahwa Kas kecil ialah dana kas yang digunakan untuk membayar pengeluaran –pengeluaran yang nilainya relatif kecil.

10. Kesimpulann

Kas kecill ialah dana khusus yang dibuat oleh perusahaan untuk membiayai pengeluaran operasional yang segera diharapkan (dibayarkan) dan jumlahnya relatif kecil sehingga tidak hemat apabila dibayar dengan cek atau giro.

Cara pembentukan kas kecil dimulai dengan mengestimasi terlebih dahulu berapa banyak kas yang diharapkan untuk pembayaran yang akan memakai kas kecil tersebut selama periode tertentu.

Selanjutnya perusahaan akan mengisi dana kas kecil dengan mencairkan dana di bank terlebih dahulu. Pada sistem pengendalian intern, harus dipisahkan antara pengelolaan dana kas kecil dan pengelolaan dana kas  sentra (kasir umum).

Pengelola dan yang bertanggungjawab atas dana kas kecil ialah petugas yang disebut dengan pemegang kas kecil dan bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengunaan dana perusahaan tersebut.

Fungsi Kas Kecil


Dari klarifikasi perihal definisi para jago di atas, sudah sering disinggung mengenai fungsi dari dana kas kecil sendiri. Fungsi kas kecil secara rinci dapat dijabarkan ibarat berikut ini:

  • Kas Kecil untuk membayar pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang jumlah nominalnya kecil.
  • Sebagai dana talangan untuk membayar pengeluaran yag sifatnya mendadak
  • Sebagai dana eksklusif untuk jenis-jenis pembayaran yang tidak mudah apabila memakai cek
  • Untuk mempercepat proses pembayaran yang tidak mudah apabila memakai lampiran keuangan yang perlu ditandatangani eksekutif terlebih dahulu.

Itu tadi 10 Pengertian Kas Kecil dan Tujuan.nya Menurut para Ahli .Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan Terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Pengertian Kas Kecil Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel