iklan

10 Tips Menjaga Ancaman Radiasi Cahaya Komputer Bagi Aanak-Anak Dan Orang Dewasa

 tips menjaga mata dari radiasi cahaya komputer 10 Tips Menjaga Bahaya Radiasi Cahaya Komputer Bagi Aanak-anak Dan Orang Dewasa


10 Tips Menjaga Bahaya Radiasi Cahaya Komputer Bagi Aanak-anak Dan Orang Dewasa– Aktivitas penggunaan komputer bagi bawah umur perlu diperhatikan, terutama menyangkut kesehatannya. Kesalahan penggunaan komputer yang tentunya tidak disengaja oleh bawah umur karena ketidaktahuannya sanggup berakibat jelek pada kesehatan si anak. Bukan cuma anak-anak, faktanya orang sampaumur pun kerap mengabaikan prilau jelek penggunaan komputer yang juga berdampak pada gangguan kesehatan. Salah satunya gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh cahaya komputer.


Seringnya menatap layar monitor komputer, berdampak pada kesehatan mata. Mata kita sering terasa lelah, bahkan sangat lelah, hal ini ternyata diakibatkan oleh gelombang elektormagnetik yang timbul oleh cahaya komputer. Ada banyak radiasi yang dihasilkan oleh caahaya layar komputer, dan semua cahaya radiasi yang dihasilkan oleh layar komputer tersebut ternyata sangat sulit untuk diuraikan oleh mata.


Jenis Radiasi Cahaya Monitor Komputer


Radiasi-radiasi yang dihasilkan oleh cahaya layar monitor diantaranya:


1. Sinar Ultra Violet

Dari wikipedia, sinar ultra violet yaitu radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari tempat dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil.


2. Sinar X

Sinar X yaitu adalah salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 pikometer (sama dengan frekuensi dalam rentang 30 petahertz – 30 exahertz) dan mempunyai energi dalam rentang 100 eV – 100 Kev.


3. Gelombang Mikro

Gelombang mikro yaitu adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency, SHF), yaitu di atas 3 GHz (3×109 Hz)


Disamping 3 jenis radiasi diatas, masih ada lagi radiasi lainnya yang dihasilkan oleh komputer, yaitu; Radiasi elektromagnetik frekuensi rendah, Radiasi yang ditimbulkan oleh microchip dan hardisk, dan Teknologi nirkabel wifi atau wireles. Serem kan?


Pengaruh negatif radiasi komputer terhadap kesehatan


Pengaruh negatif radiasi komputer terhadap kesehatan terbagi dua yatu:


Dalam jangka pendek


Beberapa gangguan kesehatan terjadi seperti:



  • Mata menjadi lembap dan lelah

  • Asthenopia, yaitu pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu usang terkena cahaya yang berlebihan (menurut laporan WHO sanggup mencapai 75% – 90%).

  • Akibat kerja mata yang berlebihan di depan komputer juga berpotensi mempengaruhi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh.

  • Produksi hormon melatonin berkurang oleh adanya rangsangan dari luar, contohnya cahaya serta medan elektromagnet, cahaya maupun pajanan medan elektromagnet dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang usang sanggup menurunkan produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan banyak sekali keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan keletihan, serta insomnia.


Dalam jangka panjang


Gangguan kesehatan dalam jangka panjang, seperti:



  • Penyakit Katarak, yaitu gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet.

  • Medan elektromagnet mengakibatkan partikel-partikel yang melayang di udara melekat pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Karena yang berhadapan pribadi pada layar monitor yaitu potongan muka, mata. Muka lebih sering mengalami iritasi. Timbunan elektrostatik ini sanggup mengakibatkan pipi merah sehabis menggunakan monitor.

  • Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Tjon dan Rycroft melaksanakan penelitian imbas radiasi VDU pada kulit muka. Hasil penelitian mereka menyampaikan bahwa salah satu jawaban dari radiasi yaitu kemerahan pada kulit muka.

  • Mengurangi tingkat kesuburan baik bagi laki-laki maupun wanita.

  • Epilepsi / ayan dan cacat bawaan pada bayi, hingga dikala ini belum ada bukti bahwa VDU sanggup menimbulkannya.


Efel radiasi cahaya / komputer gres tidak pribadi teras, tetapi efeknya gres dirasakan 15 atau 20 tahun kemudian, imbas tersebut merupakan proses yang terjadi secara sedikit demi sedikit dan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa resiko tersebut benar-benar sanggup terjadi.


Diatas sudah kita ketahui mengenai hal-hal jelek yang sanggup mengganggu kesehatan yang diakibatkan oleh radiasi komputer, terutama radiasi cahaya monitor komputer, termasuk jenis gangguan kesehatannya.


Berikutnya kita cari tahu, bagaimana cara menghindari bahaya-bahaya yang disebabkan oleh radiasi komputer tersebut,


Tips Menjaga Mata Dari Radiasi Cahaya Komputer


Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan pengguna komputer supaya matanya aman, atau minimal meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan mata dari imbas radiasi cahaya komputer;


1. Mengatur jarak pandang


Jarak pandang ke komputer sebaiknya jangan terlalu jauh, dan jangan pula terlalu bersahabat karena akan berdampak pada cepat lelahnya mata. Jarak pandang yang sesuai menciptakan nyaman mata, dan nyaman pula dalam bekerja, tapi sebaliknya jarak pandang yang tidak sesuai akan berdampak pada kesehatan dan ketidaknyamanan dalam bekerja.


 tips menjaga mata dari radiasi cahaya komputer 10 Tips Menjaga Bahaya Radiasi Cahaya Komputer Bagi Aanak-anak Dan Orang Dewasa


Beberapa hal yang sanggup dilakukan untuk menjaga kesehatan dari radiasi komputer berkaitan dengan jarak pandang;



  • Letak monitor harus sejajar pandangan

  • Jarak pandang yang ideal antara 46 – 47 cm, dan minimal 30 cm

  • Jarak tubuh dengan monitor sekitar satu lengan, silahkan jangkau layar monitor untuk mengukurnya

  • Posisi layar monitor dengan keyboard sejajar dengan pandangan


Jarak pandang sanggup mempengaruhi tingkat radiasi, karenanya atur jarak pandang


2. Perhatikan penerangan ruangan


Lihat pencahayaan ruang pada dikala menggunakan kompuer, cahaya terlalu terang atau terlalu redup sanggup menjadikan ketegangan pada mata. Aturlah intensitas pencahayaan ruangan yang sesuai sehingga mata tidak terganggu. Pada kondisi lain, cahaya yang memantul ke layar monitor juga sanggup mengakibatkan ketegangan mata, karenanya tempatkan sumber cahaya supaya tidak memantul ke layar monitor.


3. Atur pencahayaan monitor


Setelah mengatur pencahayaan ruangan, berikutnya atur pencahayaan pada layar monitor (brightness). Cahaya monitor yang terlalu cerah sanggup mengakibatkan mata berair. Karenanya atur tingkat kecerhana monitor supaya sesuia dengan kenyamanan mata pada dikala menggunakan komputer.


Untuk mengatur pencahayaan pada layar monitor komputer caranya cukup mudah


Jika di sistem operasi Windows caranya sebagai berikut:



  • Masuk ke Control Panel

  • Pilih Hardware and Sound

  • Pilih Power Option

  • Atur tingkat kecerahan, dengan menggeser kekiri pada Screen Brightness untuk menurunkan kecerahan, dan geser kekanan untuk menambah kecerahan


 tips menjaga mata dari radiasi cahaya komputer 10 Tips Menjaga Bahaya Radiasi Cahaya Komputer Bagi Aanak-anak Dan Orang Dewasa


4. Gunakan filter layar monitor


Filter layar monitor membantu menyeimbangkan cahaya yang keluar dari layar monitor pada mata, sehingga sanggup mengurang imbas radiasi yang keluar dari cahaya monitor.


5. Gunakan layar monitor berbentul LCD atau LLD


Gunakan bentuk / jenis layar moniotr yang berbentuk Liquid Crystal Display atau LCD, karena jenis monitor ini mempunyai tingkat radiasi yang renfdah.


6. Menggunakan beling mata


Gunakan kacamata, sekalipun tidak minus. Kacamata disini fungsinya untuk meminimalisir imbas radiasi dari cahaya yang keluar dari layar monitor.


7. Pilih warna, ukuran dan jenis abjad yang nyaman dilihat mata anda


Pilih jenis warna abjad yang nayaman untuk mata, ukuran abjad yang sanggup terlihat dengan terperinci oleh mata, dan tentu jenis abjad yang bentuknya nyaman dilihat dan gampang terlihat. Karena ada banyak abjad yang untuk mengetahui itu abjad apa, harus melihatnya dari jarak cukup dekat.


8. Jangan terus-terusan memandang layar monitor


Untuk pekerjaan yang dikejar deadline menciptakan orang harus berlama-lama didepan layar monitor, kalau tidak disiasati maka lamanya durasi memandang komputer akan berdampak pada terkena radiasi. Kareannya jangan terus-terusan memandang layar monitor sekalipun pekerjaan harus cepat diselesaikan, sesekali alihkan pandangan kearah lain,15 menit sekali sebaiknya mengalihkan pandangan dari layar monitor.


Lakukan putaran-putaran searah jarum jam di sekitar mata selama 10 kali putaran, kemudian ulangi lagi hal serupa tetapi arahnya berlawanan. Cara ini tersebut bertujuan supaya mata menjadi lebih rileks dan tidak kaku.


9. Beristirahatlah sejenak


Istirahatkan mata sesudah berjam-jam menatap layar monitor komputer. Dengan cara memejamkannya, atau tidur, atau melihat pemandangan yang hijau. Jangan tidak menginstirahatkan mata karena pekerjaan yang ditunggu, atau deadline. Istirahatkan mata selama 15 menitan dengan keluar dari ruangan yaitu cara minimal yang sanggup dilakukan di kantor.


10. Lakukan investigasi kesehatan mata secara rutin


Pergilah ke dokter mata untuk melaksanakan investigasi secara berkala, karena dengan melaksanakan investigasi mata secara terencana sanggup mencegah gangguan kesehatan pada mata yang diakibatkan oleh radiasi komputer.


Beberapa hal lainnya yang secara tidak sadar sering kita lakukan, dan ternyata itu berdampak tidak baik terhadap kesehatan, yaitu;


Terlalu usang menggunakan jaringan wireless, hotspot, modem, wifi. Ternyata terlalu usang menggunakan jalan masuk internet tersebut jawaban buruknya sama saja kita menggunakan HP, yaitu radiasi.


Menggunakan laptop sambil dicharge, ternyata ini juga sanggup menjadikan radiasi yang berlebihan


Baca juga: 10 Tahap Cara Mengajar Komputer untuk Anak-anak


Penutup


Demikian artikel wacana 10 Tips Meencegah Bahaya Radiasi Cahaya Komputer Bagi Aanak-anak Dan Orang Dewasa ini, pada dasarnya disamping manfaat ada juga hal-hal negatif yang diakibatkan oleh radiasi cahaya komputer dan perangkat komputer lainnya.


Anak-anak yang masih mempunyai masa depan cukup panjang, sebaiknya diperhatikan dari hal-hal jelek yang diakibatkan oleh radiasi cahaya komputer. Ketika mencar ilmu sebaiknya diperhatikan durasi waktu belajarnya, jangan terlalu usang berjam-jam didepan layar monitor. Selalu diingatkan untuk melaksanakan hal-hal yang sanggup membantu mengurangi ancaman radiasi menyerupai yang sudah dijelaskan pada artikel ini.


Dan bagi kita, orang-orang dewasa, tentu melindungi diri sendiri dari ancaman radiasi komputer dengan cara-cara yang sudah diketahui yaitu tindakan penting untuk menjaga kesehatan alat indera dan tubuh kita.


Semoga bermanfaat


Artikel ditulis oleh Mulyadi Tenjo

Guru mapel produktif Multimedia di Sekolah Menengah kejuruan Nida El-Adabi, Bogor



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Menjaga Ancaman Radiasi Cahaya Komputer Bagi Aanak-Anak Dan Orang Dewasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel