iklan

Sekilas Profil Pasukan Elite Kostrad Tni Ad

KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD

Pasukan Elite KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD – KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD atau yang biasa disebut Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat merupakan bab dari KOTAMA (Komando Utama) yang diberada di jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Banyak orang mengira bahwa KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD sama dengan KOPASSUS, padahal keduanya sangatlah berbeda. Pada militer Indonesia terdapat dua macam kriteria pasukan khusus, mari kita lihat penjelasannnya dibawah ini yang sudah TARUNAAKADEMI rangkum dari aneka macam sumber yang sanggup dipercaya:
  1. Pasukan Komando
  2. Pasukan Khusus non Komando

PASUKAN KOMANDO – CIRI DARI PASUKAN KOMANDO ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

  1. Mempunyai organisasi sendiri, struktur organisasinya jelas, dimulai dari atas hingga kebawah, dan tentunya tidak terikat oleh KOTAMA secara langsung.
  2. Bekerja atas perintah Panglima TNI.
  3. Jenis dan prosedur pelatihan, serta keunikan dari pasukan tersebut.
  4. Sering terlibat dalam penugasan khusus, baik penugasan matra atau listas matra.
  5. Komandan pasukan ini biasanya disebut Danjen (Komandan Jenderal)
  6. Contoh Pasukan Komando yaitu Kopassus (TNI AD) dan Korpaskhasau (TNI AU)

PASUKAN KHUSUS NON KOMANDO (PASUKAN KHUSUS IRREGULER) – CIRI DARI PASUKAN KHUSUS NON KOMANDO ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

  1. Pasukan ini dibawah KOTAMA langsung.
  2. Jenis pelatihannya tidak menekankan kepada perorangan alasannya yaitu orientasi pasukan ini yaitu kemampuan regu, namun ada juga dari beberapa personel yang memiliki keahlian perorangan yang diubahsuaikan dengan kebutuhan dan penugasan.
  3. Contoh Pasukan Khusus Non Komando yaitu Raider (KOSTRAD), TON TAI PUR (KOSTRAD)

APA ITU KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD?

Okey aku akan mempersingkat saja penjelasannya, biar pembaca tidak terlalu resah memahaminya. Singkatnya KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD berasal dari Korps Kesenjataan yang digabungkan dalam satu Komando Tempur. Kepangkatan pasukan ini tetap pada korps kecabangan masing masing, penggunaan baretnyapun mengikuti kecabangannya masing masing, kecuali untuk Batalyon ZIPUR dan detasemen detasemen non tempur (baretnya memakai baret hijau dengan lambangnya sama dengan Yon Infanteri Kostrad. Meskipun KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD berasal dari aneka macam macam kecabangan, namun tetap hampir semua pasukan KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD 80% hingga dengan 90% nya berasal dari kecabangan infanteri.

DIVISI INFANTERI KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD

Sampai dikala ini KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD memiliki dua DIVISI, berikut ini Divisi yang ada pada KOSTRAD:
  1. Divisi Infanteri 1 / KOSTRAD, bermarkas di Cilodong, Depok.
  2. Divisi Infanteri 2 / KOSTRAD, bermarkas di Singosari, Malang.
 KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD atau yang biasa disebut Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat merupaka Sekilas Profil Pasukan Elite KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD
Pasukan Elite KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD - PANGKOSTRAD

FUNGSI KOSTRAD Tentara Nasional Indonesia AD

Tugas utama KOSTRAD yaitu membina kesiapan operasional untuk setiap jajaran komandonya, serta melaksanakan operasi pertahanan keamanan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Saat ini Komandan KOSTRAD atau biasa disebut PANGKOSTRAD (Panglima KOSTRAD) dijabat oleh Letnan Jenderal Edy Rahmayadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima KODAM I / Bukit Barisan.

Saya mohon support untuk blog ini, dengan cara Share dan Bagikan goresan pena tulisan pada blog TARUNAAKADEMI ini ke sosial media kalian, satu Share kalian sudah sangat membantu aku dalam mengambangkan blog ini. Jangan lupa kalian juga harus LIKE Fanpage Facebook TARUNAAKAMDEM disini, dan kalian juga bisa join ke Group Facebook kita disini. Cara ini mempermudah kalian untuk mendapat gosip informasi terbaru dari blog TARUNAAKADEMI.

Sumber http://tarunaakademimiliter.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sekilas Profil Pasukan Elite Kostrad Tni Ad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel