iklan

Rpp Teks Kritik Dan Esai Kelas Xii Semester 2


CONTOH RPP TEKS KRITIK DAN ESAI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah/Satuan Pendidikan    :

Mata Pelajaran                        : Bahasa dan Sastra Indonesia

Kelas/Semester                        : XII/6

Pertemuan Ke                         : 5, 6, dan 7

Alokasi Waktu                        : 3 Pertemuan (3 X 4 Jam Pelajaran x 45 menit)

Materi Pokok                          : Teks Kritik dan Esai 

A.    Kompetensi Inti

Tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk kompetensi yang terdiri atas (1) kompetensi sikap spiritual, (2) kompetensi sikap sosial, (3)  kompetensi pengetahuan pengetahuan, dan (4) kompetensi keterampilan. Rumusan kompetensi sikap spiritual, “Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya”; kompetensi sikap sosial, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)santun, responsif dan proaktif dan memperlihatkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta  dalam menempatkan diri  sebagai cerminan bangsa  dalam pergaulan dunia”,  dicapai melalui  pembelajaran tidak langsung  (indirect teaching), yakni keteladanan, pembiasaan,  dan budaya sekolah,  dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta  kebutuhan dan kondisi penerima didik.  Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menumbuhkan dan berbagi aksara penerima didik lebih lanjut.

KI 1 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,  prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,  dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah 

KI 2 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian


Kompetensi Dasar
Indikator
3.12  Membandingkan kritik 
    sastra dan esai dari aspek
    pengetahuan dan pandang-
    an penulis.
4.12    Menyusun kritik dan esai
           dengan memerhatikan
           aspek pengetahuan dan      
           pandangan penulis.
·      Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan.
·      Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis.
·      Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis.
3.13  Menganalisis sistematika
    dan kebahasaan kritik dan
    esai.
4.13    Menganalisis sistematika
           dan kebahasaan kritik dan
           esai.
·      Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai
·     Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
·      Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan.


C.     Materi Pembelajaran


Kritik dan Esai

·           pengertian kritik dan esai;

·           jenis-jenis kritik dan esai;

·           bagian-bagian kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);

·           perbedaan kritik dan esai; dan

·           penyusunan kritik dan esai


  1.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
(Catatan: kolom cuilan kanan bukan cuilan RPP tetapi klarifikasi mekanisme model pembelajaran Bahasa Indonesia).


Pendahuluan: 3 X 10 menit

1.  Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri
   anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.      Peserta didik mendapatkan informasi dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Peserta didik mendapatkan informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks kritik dan esai.


Membangun Konteks:
Dialog informasi perihal fungsi dan wujud teks kritik dan esai dalam kehidupan sehari-hari. Dapat pula ditayangkan film dokumenter dunia tanaman dan fauna

Kegiatan Inti: 3 X 150 menit



1.   Peserta didik membaca 2 atau 3 teks kritik dan
      esai yang bertema sama.
2.       Peserta didik mencermati struktur teks dari 2
    atau teks kritik dan esai yang telah dibacanya.
3.       Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang
    digunakan dalam teks kritik dan esai.
        4.   Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau
    teks kritik dan esai.
        5.   Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang   
      variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks kritik dan
      esai.
6.   Peserta didik mengajukan pertanyaan perihal ciri  
 kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau teks kritik dan esai.
        7.   Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok
              dari 2 atau 3 teks kritik dan esai.
8.   Peserta didik mengumpulkan informasi melalui
      telaah model teks kritik dan esai.
9.   Peserta didik melaksanakan pembagian terstruktur mengenai dan deskripsi
      hubungan antarkomponen yang ditemukan
      berdasarkan telaah model teks


         10.  Peserta didik menyimpulkan struktur teks kritik
               dan esai.
         11.  Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks
              kritik dan esai.
         12. Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau
3        teks kritik dan esai.
         13. Peserta didik mempresentasikan hasil
               pengamatan perihal struktur, ciri bahasa, dan isi
               pokok dari 2 atau 3 teks kritik dan esai.


Menelaah Model Tujuan kegiatan ini semoga penerima didik mendapatkan pengetahuan perihal teks kritik dan esai secara berdikari dengan bimbingan guru.

Kegiatan ini sanggup dilakukan secara individual, berpasangan, atau berkelompok. Panduan lembar kerja menelaah model teks sangat dianjurkan untuk digunakan.



Kesimpulan dibahas secara klasikal dengan panduan guru semoga kelas aktif menarik namun pengaturan waktu efesien



  14. Peserta didik mengerjakan latihan dan kiprah yang diberikan guru untuk berbagi kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks kritik dan esai:
a. latihan kosa kata teknis, sinonim
b. latihan penulisan unsur serapan
c. latihan pengembangan teks kritik dan esai: klasifikasi-deskripsi
d. latihan pengembangan kekohesian

   15. Peserta didik berdiskusi dengan sobat sebangku atau berpasangan untuk memilih topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang sanggup digunakan.



Mengonstruksi Terbimbing: kegiatan ini merupakan aplikasi dari pemahaman perihal teks dan latihan kebahasaan yang diguna-kan dalam me-nyusun teks kritik dan esai. Ini semacam latihan berlari, menendang bola, membawa bola, mengoper bola, dan lain-lain sebelum bermain bola sesungguhnya  
  16.  Peserta didik memilih topik teks kritik dan esai dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web).
  17.  Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai.
  18.  Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.
  19.  Peserta didik menyusun teks kritik dan esai berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI.
  20.  Peserta didik mempresentasikan teks kritik dan esai yang telah disusun.
  21.  Peserta didik menanggapi teks kritik dan esai.
  22.  Peserta didik merevisi teks kritik dan esai berdasarkan masukan dari teman.
  23.  Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel portofolio masing-masing.


Mengonstruksi Mandiri:    
Setelah penerima didik berkegiatan untuk mendapatkan pemahaman dan aneka macam latihan subkompetensi menulis (atau berbicara) diperlukan penerima didik sudah mempunyai kepercayaan diri untuk menyusun teks secara mandiri.
Penutup: 3 X 20 menit


1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah 
    dipelajari
2.      Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.
3.      Peserta didik saling memperlihatkan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4.      Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam


Kegiatan epilog merupakan refleksi guru dan peser-ta didik terhadap proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya peningkatan mutu berkelanjutan

E.        Penilaian 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)


Kompetensi Dasar
Indikator
3.12  Membandingkan kritik 
  sastra dan esai dari aspek
  pengetahuan dan pandangan   
  penulis.
4.12  Menganalisis sistematika         dan kebahasaan kritik dan esai.
·      Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan.
·      Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai


Penilain Proses
Penilaian Hasil
Penilaian proses aspek pengetahuan sanggup dilakukan semenjak kegiatan Menelaah Model dan Mengonstruksi terbimbing.

Catatan terhadap penerima didik pada kegiatan tersebut sanggup dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
Jenis    : Tulis
Bentuk : Uraian

Contoh instrumen:
1.  Tuliskanlah bagian-bagian struktur
     teks kritik dan esai yang Anda
     baca!
2.  Tuliskanlah perbedaan dari aspek
      pengetahuan struktur teks kritik
      dan esai yang Anda baca!
3.  Tuliskanlah perbedaan dari aspek
     Pandangan teks kritik dan esai
     yang Anda baca!



KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)


Kompetensi Dasar
Indikator
3.13  Menyusun kritik dan esai         dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan  pandangan penulis.
4.13  Menganalisis sistematika         dan kebahasaan kritik dan esai.
·         Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis.
·         Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis.
·         Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
·         Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan.



Penilain Proses
Penilaian Hasil
Penilaian proses aspek pengetahuan sanggup dilakukan semenjak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

Catatan terhadap penerima didik pada kegiatan tersebut sanggup dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan kiprah (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
Jenis   :  Menulis
Bentuk:  Uraian

Contoh Instrumen
Susunlah teks kritik dan esai dengan memerhati-kan hal di bawah ini!
1.  Tentukan topik teks kritik dan esai!
2.  Buatlah kerangka sesuai dengan
     struktur teks kritik dan esai!
3.  Kembangkan kerangka tersebut
     menjadi teks kritik dan esai dengan
     memerhatikan struktur teks, ciri
     kebahasaan, dan EBI.



Portofolio

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian mencakup proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)  bukti catatan perihal apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%.  


Penilaian Sikap

     Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran (termasuk informasi dari portofolio) atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan isian lembar pengamatan


Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran


Nama Satuan pendidikan        : 

Tahun pelajaran                                   : 2017/2018

Kelas/Semester                                    : XII/6

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia



No
Waktu
Nama
Kejadian/ Perilaku
Butir sikap
Positif/ Negatif
Tindak Lanjut
1.
11 Februari 2018
Kemal
Tidak mengerjakan kiprah menganalisis teks kritik dan esai.
Tanggung jawab
-
Dipanggil dan disuruh mengerjakan kiprah kembali dengan waktu terbatas
2.
11 Februari 2018
Anita
Mengerjakan kiprah dengan serius, sempurna waktu, dan hasilnya sangat baik
Tanggung jawab
+
Diberi kebanggaan atau apresiasi


Pedoman Penskoran

a.      Pengetahuan

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
a.      Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esai dengan sangat tepat
4
b.      Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esai dengan tepat
3
c.       Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esai dengan kurang tepat
2
d.      Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esai dengan tidak tepat
1



Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
a.     Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pengetahuan struktur teks kritik dan esai dengan sangat tepat
4
b.     Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pengetahuan struktur teks kritik dan esai dengan tepat
3
c.      Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pengetahuan struktur teks kritik dan esai dengan kurang tepat
2
d.     Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pengetahuan struktur teks kritik dan esai dengan tidak tepat
1



Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3
a.      Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pandangan struktur teks kritik dan esai dengan sangat tepat
4
b.      Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pandangan struktur teks kritik dan esai dengan tepat
3
c.       Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pandangan struktur teks kritik dan esai dengan kurang tepat
2
d.      Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pandangan struktur teks kritik dan esai dengan tidak tepat
1



         Keterangan


         Nilai = Perolehan skor     

                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

                   12


b. Keterampilan


Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
a.       Peserta didik memilih topik teks kritik dan esai sangat sesuai isi teks
4
b.      Peserta didik memilih topik teks kritik dan esai sesuai isi teks
3
c.       Peserta didik memilih topik teks kritik dan esai kurang sesuai isi teks
2
d.      Peserta didik memilih topik teks kritik dan esai tidak sesuai isi teks
1
2
a.       Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
4

b.      Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai lengkap dan sesuai dengan topik
3

c.       Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai kurang lengkap dan kurang dengan topik
2

d.      Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
1
3
a.       Peserta didik menulis teks kritik dan esai sangat sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
4

b.      Peserta didik menulis teks kritik dan esai sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
3

c.       Peserta didik menulis teks kritik dan esai kurang  sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
2

d.      Peserta didik menulis teks kritik dan esai tidak sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
1



          Nilai = Perolehan skor                     

                     Jumlah kreteria/soal
    

          Contoh

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66                  

                        12


F.   Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)

      1. Penyajian komputer (laptop) dengan kegiatan powerpoint.

      2. Bahan bimbing otentik teks kritik dan esai (hasil penelitian atau media massa).

      3. Buku teks dan buku ensiklopedia.

      4. Film dokumenter.

      5. Internet. 



Mengetahui,                                                             …….., …. 2018

Kepala  …..                                                              Guru Mata Pelajaran,




                           ……………….                                                        …………………………


RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII (SMA/SMK)

1.       TEKS NOVEL


2.       TEKS ARTIKEL


3.       TEKS KRITIK DAN ESAI
               KLIK aciknadzirah.blogspot.com/search?q=rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-teks

LAMPIRAN MATERI TEKS KRITIK DAN ESAI

Kompetensi Dasar

Pengetahuan
Keterampilan
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
3.13  Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara mulut maupun tulis.
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis


A. Contoh Teks (Fakta)

Kritik Sastra

Tirani dan Benteng : Potret dan Refleksi Empat Dekade Sejarah Indonesia

Oleh: Ranti Jumiarni

Taufik Ismail yaitu salah satu sastrawan yang mempelopori angkatan 66 dan puisi-puisi karyanya tak lekang oleh waktu. Salah satu kumpulan puisi Taufik Ismail yang cukup fenomenal yaitu Tirani dan Benteng, kumpulan puisi  ini bisa memotret jalinan sejarah secara gamblang dan tanpa tedeng aling-aling. Kumpulan puisi ini terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama, Puisi-Puisi Menjelang Tirani dan Benteng, cuilan kedua,Tirani, dan cuilan ketiga, Benteng. Selain Tirani dan Benteng (1966), karyanya yang lain yaitu Buku Tamu Musium Perjuangan (1972), Sajak Ladang Jagung (1974), Kenalkan, Aku Hewan (sajak anak-anak,1976), Puisi-Puisi Langit (1990) dan Majoi. Beberapa dari puisinya telah dimusikalisasi oleh beberapa grup band Indonesia, salah satunya Bimbo (Sejadah Panjang) dan alm. Nike Ardila (Panggung Sandiwara).

Tirani dan Benteng memotret secara sederhana dan lugas guratan insiden demi insiden yang terjadi empat dekade lalu. Taufik Ismail mengabadikan sejarah dengan bahasa yang gampang dipahami. Karya sastra yang berhasil atau sukses yaitu karya sastra yang bisa merefleksikan zamannya (Endraswara, 2003 : 79), maka Tirani dan Benteng yaitu salah satu karya itu.

Puisi-Puisi Menjelang Tirani dan Benteng ditulis antara tahun 1960 – 1965. Ada 32 judul puisi yang melukiskan gejolak Indonesia menjelang peralihan orde usang menuju orde baru. Taufik bercerita mengenai perseteruan antara pemerintah dan PRRI (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia) pada masa itu. Elegi Buat sebuah Perang Saudara menggambarkan kekacauan yang terjadi di negara kita. Kekacauan itulah yang menjadi “embrio” ketakutan dan ketidakberdayaan bangsa kita. Kekacauan yang melahirkan “peristiwa hitam” dalam peta sejarah Indonesia.

Dalam beberapa puisi yang lain Taufik menggambarkan kehidupan keluarganya dan masyarakat yang dihimpit kesulitan ekonomi pada masa itu.  Kesederhanaan yang dituangkan Taufik pada bait-bait puisinya begitu mengesankan dan menarik kita untuk memasuki sekaligus memahami penderitaan rakyat alasannya yaitu lilitan kemiskinan yang begitu kental. Musim kemarau dan serangan hama yang terjadi pada masa itu menciptakan panen petani mengalami kegagalan. Keacuhan pemerintah menambah daftar hitam penyebab kelaparan yang terjadi di negeri tercinta ini. Hal ini terlihat terang pada puisi Potret di Beranda, Syair Orang Lapar, dan Catatan Tahun 1965.

Ditegaskan pula dalam puisinya yang berbentuk catatan harian. Dalam puisi ini Taufik benar-benar mendambakan kemerdekaan, baik kemerdekaan dalam berkarya maupun kemerdekaan dalam sendi-sendi kehidupan. Hal ini terlihat terang dalam rangkaian puisinya yang berjudul 2 September 1965, Pagi, 2 September 1965, Senja, Pikiran setelah Makan Malam, September dan Sesudah Dua Puluh Tahun (setelah merdeka).

Tiran. Tirani. Hanura. Tiga kata yang tak asing. Bangsa kita pernah mengalaminya, menjalaninya, bahkan mengulangnya dalam dekade yang berbeda. Ketika negara membungkam rakyatnya, ketika negara menelanjangi hak warganya, dan ketika negara tak bisa menjadi rumah bagi penduduknya maka ketika itulah tiran, tirani bahkan hanura diteriakkan di mana-mana. Delapan belas puisi yang ditulis oleh Taufik dalam Tirani banyak mengungkapkan kepada kita apa yang terjadi pada tahun 1966. Tahun pergolakan, perubahan dan peralihan dari masa orde usang menuju ke orde baru.

            Betapa beraninya pemuda-pemuda Indonesia yang tergabung melalui KAMI dan KAPPI memperjuangkan ketidakadilan dan kebenaran yang dikungkung pada masa itu. Satu per satu dari mereka berjatuhan, merahnya darah mereka menjadi saksi bagi pertiwi. Awan kedukaan ketika hero revolusi gugur belum lagi lenyap, kedukaan lain membayang. Indonesia kembali menangis ketika harus melepaskan tunas-tunas bangsa ke pemakaman (Sebuah Jaket Berlumur Darah dan Percakapan Angkasa)

B. Pengertian Kritik Sastra

Teks di atas mengungkapkan penilaian terhadap sebuah karya sastra yang ditulis oleh Taufik Ismail pada buku kumpulan puisi yang berjudul Tirani dan Benteng. Selain itu teks tersebut juga mengungkapkan peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia pada tahun 1960-an. Diksi yang digunakan oleh Taufik Ismail menggambarkan situasi dan kondisi menjelang dikeluarkannya Tritura, hingga lengsernya kepemimpinan orde usang menuju ke orde baru.

Secara etimologis, istilah ”kritik” (sastra) berasal dari bahasa Yunani yaitu krites yang berarti ”hakim”. Krites sendiri berasal dari krinein ”menghakimi, membanding, menimbang”; kriterion yang berarti ”dasar penghakiman” dan kritikos berarti ”hakim kesustraan” Bentuk krites inilah yang menjadi dasar kata kritik. Secara harafiah, kritik sastra merupakan upaya memilih nilai hakiki karya sastra dalam bentuk memberi pujian, menyampaikan kesalahan, memberi pertimbangan lewat pemahaman dan penafsiran yang sistematik.       

C.  Ciri-ciri Teks (Prinsip)

1.  Fungsi

Dalam pengategorian teks, ulasan termasuk ke dalam jenis discussion, yakni teks yang berfungsi untuk membahas aneka macam pandangan mengenai suatu objek, isu, ataupun masalah tertentu. Ulasan termasuk ke dalam jenis teks argumentatif. Di dalam teks tersebut disajikan banyak pendapat berdasarkan interpretasi ataupun penafsiran dari perspektif tertentu dengan disertai fakta-fakta pendukungnya. Kritik sastra sanggup digolongkan ke jenis teks ulasan. Kritik sastra melaksanakan penilaian terhadap sebuah karya sastra dengan mempertimbangkan baik buruknya karya sastra dari aneka macam aspek kepengarangan serta menyandarkan diri pada suatu teori sastra tertentu.

      Dengan demikian, kritik sastra merupakan hasil interpretasi terhadap sebuah karya sastra untuk menentukan nilai dalam bentuk memberi pujian, menyampaikan kekurangan, memberi pertimbangan lewat pemahaman dan penafsiran yang sistematik. Dengan membaca sebuah kritik sastra, pembaca akan gampang memahami karya sastra yang dikritik. Baik dari isi maupun dari bentuknya, sekaligus mengetahui kelebihan maupun kelemahan dari sebuah karya sastra.

2.      Struktur Kritik Sastra

Kritik sastra sanggup dikategorikan dalam teks tanggapan atau ulasan. Sebagaimana yang tampak pada referensi kritik sastra yang berjudul Tirani dan Benteng : Potret dan Refleksi Empat Dekade Sejarah Indonesia, teks kritik sastra mempunyai struktur sebagai berikut.

a.     Pengenalan warta atau tinjauan karya (prosa, puisi, drama);

didalamnya berupa identitas penulis, karya sastra yang pernah dihasilkan, penilaian secara umum, termasuk citra isi karya sastra itu sendiri (sinopsis)

b.    Pemaparan argumen;

berisi analisis berkenaan dengan unsur-unsur karya berdasarkan perspektif (sudut pandang) tertentu dan interpretasi penulis terhadap karya sastra. Pada cuilan ini dikemukakan juga fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis

c.     Penilaian dan rekomendasi;

berisi timbangan keunggulan maupun kelemahan karya sastra yang diulas. Pada cuilan ini sanggup pula disertai saran-saran untuk khalayak terkait dengan kepentingan pengapresiasiannya

Dalam teks yang lain, struktur teks ulasan mungkin pula disertai dengan daftar pustaka.

Berikut referensi analisis struktur teks kritik sastra

Teks
Struktur
Penjelasan
Taufik Ismail yaitu salah satu sastrawan yang mempelopori angkatan 66 dan puisi-puisi karyanya tak lekang oleh waktu. Salah satu kumpulan puisi Taufik Ismail yang cukup fenomenal yaitu Tirani dan Benteng, kumpulan puisi  ini bisa memotret jalinan sejarah secara gamblang dan tanpa tendeng aling-aling. Kumpulan puisi ini terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama, Puisi-Puisi Menjelang Tirani dan Benteng, cuilan kedua,Tirani, dan cuilan ketiga, Benteng.

Pengenalan warta atau tinjauan karya
1.   Nama sastrawan dan karya yang pernah dihasilkan

2.   Penilaian secara umum karya sastra yang dikritik

3.   Sinopsis
Puisi-Puisi Menjelang Tirani dan Benteng ditulis antara tahun 1960 – 1965. Ada 32 judul puisi yang melukiskan gejolak Indonesia menjelang peralihan orde usang menuju orde baru. Taufik bercerita mengenai perseteruan antara pemerintah dan PRRI (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia) pada masa itu. Elegi Buat sebuah Perang Saudara menggambarkan kekacauan yang terjadi di negara kita. Kekacauan itulah yang menjadi “embrio” ketakutan dan ketidakberdayaan bangsa kita. Kekacauan yang melahirkan “peristiwa hitam” dalam peta sejarah Indonesia.
Pemaparan argumen
Hasil interpretasi puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Tirani dan Benteng







Dari ketiga bagian; Puisi-Puisi Menjelang Tirani dan Benteng, cuilan kedua,Tirani, dan cuilan ketiga, Benteng, semuanya menceritakan hal yang sama yaitu penderitaan rakyat Indonesia di masa-masa itu; kemiskinan dan ketidakadilan, perbedaan status antara si miskin dan kaya, terbelenggunya pemikiran-pemikiran sastrawan, serta munculnya PKI di republik ini.
Tirani dan Benteng bisa merefleksikan kehidupan sosial masyarakat di mana puisi ini ditulis dengan apik. Kata demi kata, bait demi bait, puisi demi puisi jalin menjalin untuk melukiskan latar sosial, ekonomis, hingga sejarah dengan sangat tepat.
Di sisi lain, cobalah kita merenung sejenak insiden besar yang kembali menggores parut di wajah Indonesia. 12 Mei 1998. Mahasiswa kembali turun ke jalan. Peluru kembali ditembuskan. Darah kembali mengalir. Almamater kembali memerah. 
Tirani dan Benteng memang dipotret Taufik Ismail 42 tahun yang lalu. Namun sejarah kembali terulang 32 tahun sesudahnya. Membaca Tirani dan Benteng bagai menjalani napak tilas.
Peristiwa lengsernya Soeharto yaitu dej4vu dari lengsernya Soekarno. Benar adanya ungkapan yang terkenal di kalangan guru sejarah. Jas Merah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah.
Semoga apa yang dipotret Taufik Ismail perihal kelamnya sejarah Indonesia tidak akan terulang untuk ketiga kalinya. Semoga dengan membaca Tirani dan Benteng kita bisa mencar ilmu banyak semoga menjadi lebih bijak.
Penilaian dan rekomendasi
Kelebihan maupun kekurangan dari karya sastra yang dikritik


3.      Kebahasaan

Berdasarkan kaidah bahasanya, kritik sastra mempunyai karakteristik kebahasaan menyerupai berikut:

a.       Menggunakan kata sifat yang memperlihatkan pendapat dan penilaian terhadap karya sastra tertentu, misalnya, cukup fenomenal, gamblang, sederhana, lugas, berhasil, sukses, apik, sangat tepat, popular, bijak

Contoh:

1)   Salah satu kumpulan puisi Taufik Ismail yang cukup fenomenal yaitu Tirani dan Benteng

2)   Kumpulan puisi  ini bisa memotret jalinan sejarah secara gamblang dan tanpa tedeng aling-aling.

3)   Tirani dan Benteng memotret secara sederhana dan lugas guratan insiden demi insiden yang terjadi empat dekade lalu.

4)   Karya sastra yang berhasil atau sukses yaitu karya sastra yang bisa merefleksikan zamannya (Endraswara, 2003 : 79), maka Tirani dan Benteng yaitu salah satu karya itu.

5)   Tirani dan Benteng bisa merefleksikan kehidupan sosial masyarakat di mana puisi ini ditulis dengan apik.

6)   Kata demi kata, bait demi bait, puisi demi puisi jalin menjalin untuk melukiskan latar sosial, ekonomis, hingga sejarah dengan sangat tepat.

7)   Benar adanya ungkapan yang populer di kalangan guru sejarah.

8)   Semoga dengan membaca Tirani dan Benteng kita bisa mencar ilmu banyak semoga menjadi lebih bijak.

b.      Karena sifatnya yang argumentatif, dalam suatu alasan banyak dijumpai pernyataan yang  berupa pendapat, yang kemudian ditunjang pula oleh fakta. Kehadiran fakta berfungsi sebagai sarana untuk memperjelas pendapat.

Berikut contoh-contoh pernyataan yang berupa fakta untuk menguatkan pendapat

1)      Puisi-Puisi Menjelang Tirani dan Benteng ditulis antara tahun 1960 – 1965. Ada 32 judul puisi yang melukiskan gejolak Indonesia menjelang peralihan orde usang menuju orde baru. Taufik bercerita mengenai perseteruan antara pemerintah dan PRRI (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia) pada masa itu.

2)      Delapan belas puisi yang ditulis oleh Taufik dalam Tirani banyak mengungkapkan kepada kita apa yang terjadi pada tahun 1966. Tahun pergolakan, perubahan dan peralihan dari masa orde usang menuju ke orde baru.

3)      Pada cuilan ketiga dari kumpulan puisi Tirani dan Benteng, Taufik menuliskan dua puluh dua puisi yang memaknai benteng itu sendiri. Benteng itu itu yaitu keberanian mereka menegakkan kebenaran dan keyakinan untuk memberangus kezaliman penguasa. Pasukan itu yaitu pemuda-pemudi.

4)      12 Mei 1998. Mahasiswa kembali turun ke jalan. Peluru kembali ditembuskan. Darah kembali mengalir. Almamater kembali memerah.

5)      Tirani dan Benteng memang dipotret Taufik Ismail 42 tahun yang lalu. Namun sejarah kembali terulang 32 tahun sesudahnya.

c.       Terdapat kata kerja mental. Hal ini terkait dengan karakteristik kritik sastra yang  mengemukakan sejumlah pendapat.

Kata kerja mental yang dimaksud, antara lain, ditegaskan, mendambakan, menguatkan, kebesaran, keikhlasan, kebenaran.

Contoh:

1)      Ditegaskan pula dalam puisinya yang berbentuk catatan harian.

2)      Dalam puisi ini Taufik benar-benar mendambakan kemerdekaan.

3)      Air mata seorang ibu juga benteng yang menguatkan usaha pada masa itu.

4)      Kebesaran dan keikhlasan hati seorang ibu untuk melepas putra-putri kesayangannya ke jalan kebenaran

d.      Satuan bahasa yang merujuk pada interpretasi karya sastra tertentu

Satuan bahasa itu antara lain menggambarkan, hal ini terlihat jelas.

Contoh :

1)      Elegi Buat sebuah Perang Saudara menggambarkan kekacauan yang terjadi di negara kita. Kekacauan itulah yang menjadi “embrio” ketakutan dan ketidakberdayaan bangsa kita.

2)      Musim kemarau dan serangan hama yang terjadi pada masa itu menciptakan panen petani mengalami kegagalan. Keacuhan pemerintah menambah daftar hitam penyebab kelaparan yang terjadi di negeri tercinta ini. Hal ini terlihat terang pada puisi Potret di Beranda, Syair Orang Lapar, dan Catatan Tahun 1965.

3)      Dalam puisi ini Taufik benar-benar mendambakan kemerdekaan, baik kemerdekaan dalam berkarya maupun kemerdekaan dalam sendi-sendi kehidupan. Hal ini terlihat jelas dalam rangkaian puisinya yang berjudul 2 September 1965, Pagi, 2 September 1965, Senja, Pikiran setelah Makan Malam, September dan Sesudah Dua Puluh Tahun (setelah merdeka)

(Oleh Ranti Jumiarni)

ESAI

A.  Contoh Esai

          
MEURAJAH

Meurajah yaitu salah suatu jenis karya sastra klasik, yang dalam istilah kesusastraan Melayu atau Indonesia dikenal dengan sebutan mantra. Masyarakat Aceh hingga dengan kini masih membudayakan meurajah, walau secara keilmuan sastra masyarakat tidak mengetahui kalau meurajah merupakan salah satu genre sastra.

Terlepas dari sihir atau tidak, kepercayaan masyarakat Aceh kepada thabib akan kesembuhan penyakit yang dideritanya sangat besar pada kepribadian pasien. Terlebih masyarakat awam, lebih mempercayai pengobatan yang bersifat alamiah dari pada seorang dokter seorang hebat sekalipun. Dalam pengobatannya thabib ini hanya membacakan beberapa mantra kesembuhan atau dalam bahasa Aceh disebut dengan meurajah. Tingkat kemanjuran mantra ini sangat dipengaruhi oleh sahabat (para jin), namun ada juga beberapa thabib yang hanya menggunakan media ayat-ayat suci Al-Quran untuk kesembuhannya. Di Aceh sendiri tercatat beberapa tempat yang sangat kental ilmu kabhatilan tersebut di antaranya Pantai Barat Selatan, Sinabang, Aceh Tengah, namun hingga ketika ini belum ada data yang real yang bisa menyimpulkan keberadaanya.

Meurajah Peneukoh

Ka ek u langeet kah ku peugandoe
(naik ke langit saya ketapel)
Katroek di bumoe kah ku singkla
(turun ke bumi saya ikat)
Bak gaki kah ku boeh pasong
(di kakimu saya pasang pasung)
Bak idoeng gunci tembaga
(pada hidungmu saya kunci dengan tembaga)
Di hadapan raja diwa hong saidi

Pada lirik mantra tersebut terang disebutkan bahwa neurajah ini keseluruhan menggunakan media bantu berupa alam ghaib menyerupai pada kalimat yang paling bawah “Di hadapan Raja Diwa Hong Saidi”. Jelas bukan, Raja Diwa Hong Saidi yaitu sosok pemimpin jin di dunia kegelapan yang dipercaya masyarakat Aceh mau menolong mereka. Sama halnya yang ditampilkan di televisi, thabib di Aceh juga perlu sesajen untuk medianya. Tapi perlu digarisbawahi bahwa tidak keselurahan dari thabib di Aceh yang menggunakan sesajen hanya digunakan bagi paranormal atau lebih tepatnya disebut dukun yang terdapat di pedalaman. Penyakit yang bisa disembuhkan oleh thabib ini sangat bermacam-macam mulai dari penyakit yang ringan hingga parah sekalipun, seorang thabib bisa menyembuhkannya dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak kurun sembuh maka thabib akan menyampaikan “hana ubat” (tidak ada obat), percaya atau tidak? penyakit yang tergolong ringan di antaranya yang bisa disembuhkan oleh thabib berupa kesurupan, demam, sakit perut, sedangkan penyakit parah berupa kanker ganas, kerikil ginjal tetap harus dengan derma dunia medis modern. Namun anehnya para thabib ini tidak melaksanakan operasi melainkan hanya dengan beberapa mantra yang diucapkan.

Namun ada juga para masyarakat Aceh yang menggunakan jasa thabib untuk membantu menemukan barang mereka yang hilang atau disebut “jak meukaloen” (ilmu tenung).

Khususnya thabib atau dukun (dukon) yang berada di desa-desa umumnya mereka tidak menetapkan tarif khusus selama pengobatan tetapi para pasien memperlihatkan sejumlah uang seihklasnya saja. Mereka cukup dibayar dengan Rp5.000 atau dengan menjamu dengan makan malam saja. Satu hal yang perlu diketahui, thabib di Aceh hanya bisa melayani pasien ketika matahari mulai terbenam, tepatnya pada pukul 16.00-05.30. selebih dari itu para thabib, dukun atau dukon akan menolak membacakan mantranya dengan alasan “hana koeng peunukoeh” (tidak berpengaruh pemotong).

Oleh Zulfadli Kawom



Dimuat di Buletin Tuhoe Edisi XVI, Desember 2013
B. Pengertian Esai

Teks yang telah kau baca itulah yang dimaksud dengan esai. Teks tersebut berisikan tanggapan atau pendapat seseorang perihal sebuah peristiwa. Adapun yang dimaksud dengan esai berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu karangan atau goresan pena yang membahas suatu masalah secara sekilas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Dari pengertian tersebut, kita sanggup menyimpulkan bahwa esai yaitu goresan pena yang mengandung opini dan sifatnya subjektif atau argumentatif. Pandangan-pandangan pribadi tersebut haruslah logis dan sanggup dipahami dengan baik. Tidak hanya itu, argument yang disampaikan dalam esai harus didukung oleh fakta, sehingga esai tersebut tidak menjadi goresan pena yang fiktif atau imajinasi sang pengarang belaka.

B. Ciri-ciri Esai

1.  Fungsi Esai

Berdasarkan referensi di atas tampak bahwa esai merupakan teks yang berfungsi untuk menginformasikan segala sesuatu, baik itu fakta, data maupun insiden termasuk pendapat dan pandangan terhadap fakta, data dan insiden semoga khalayak pembaca memperoleh pengetahuan dan pemahaman gres perihal aneka macam hal yang sanggup maupun yang terjadi di muka bumi ini.

Adapun informasi yang terungkap di dalam teks itu berkenaan dengan budaya masyarakat Aceh yang masih percaya pada pengobatan secara tradisional dibandingkan dengan pengobatan secara modern. Meskipun tidak semua masyarakat Aceh yang percaya pada pengobatan tradisional tersebut.


2. Struktur Esai

Perhatikan kembali teks esai di atas ataupun teks esai lainnya yang telah kau baca dari sumber lain. Untuk menulis esai yang baik, terdapat struktur dari esai yang harus diperhatikan penulis. Diantaranya yaitu sebagai berikut:


1. Pendahuluan untuk mengungkapkan topik atau tema yang akan dibahas.

Berdasarkan teks esai yang berjudul “Meurajah” tampak terang penulis mengantarkan pembaca untuk memahami topik yang dibahas. Penulis memulai dengan pemahamannya perihal meurajah yaitu salah suatu jenis karya sastra klasik, yang dalam istilah kesusastraan Melayu atau Indonesia dikenal dengan sebutan mantra. Masyarakat Aceh hingga dengan kini masih membudayakan neurajah, walau secara keilmuan sastra masyarakat tidak mengetahui kalau neurajah merupakan salah satu genre sastra. Kita sanggup mengungkapkan topik atau tema yang akan dibahas dalam keseluruhan esai di dalam pendahuluan. Unsur-unsur yang ada di dalam pendahuluan yaitu latar belakang dan pendapat pribadi penulis mengenai tema yang akan dibahas secara lebih terang dan detil pada cuilan selanjutnya. Pendahuluan menjadi pengantar pembaca untuk memahami topik yang akan dibahas sehingga pembaca lebih gampang menelaah isi esai.


2. Isi/Pembahasan dari topik atau tema goresan pena secara lebih detail

Isi atau pembahasan yaitu cuilan dari esai yang menjelaskan tema/topik goresan pena secara lebih detil. Di dalam isi, penulis menjabarkan pendapatnya secara kronologis atau urut sesuai dengan pandangan gres yang disusun dalam kerangka sehingga esai menjadi koheren. Pembahasan dalam esai “Meurajah” tampak pada paragraf ke-2 yaitu terlepas dari sihir atau tidak, kepercayaan masyarakat Aceh kepada thabib akan kesembuhan penyakit yang dideritanya sangat besar pada kepribadian pasien. Terlebih masyarakat awam, lebih mempercayai pengobatan yang bersifat alamiah dari pada seorang dokter seorang hebat sekalipun. Dalam pengobatannya thabib ini hanya membacakan beberapa mantra kesembuhan atau dalam bahasa Aceh disebut dengan neurajah. Tingkat kemanjuran mantra ini sangat dipengaruhi oleh sahabat (para jin), namun ada juga beberapa thabib yang hanya menggunakan media ayat-ayat suci Alquran untuk kesembuhannya. Di Aceh sendiri tercatat beberapa tempat yang sangat kental ilmu kabhatilan tersebut di antaranya Pantai Barat Selatan, Sinabang, Aceh Tengah, namun hingga ketika ini belum ada data yang real yang bisa menyimpulkan keberadaanya.


3. Kesimpulan/Penutup untuk merangkum atau menyimpulkan apa yang sudah disampaikan.

Kesimpulan yaitu cuilan terakhir dalam esai. Bagian ini berisi kalimat yang merangkum atau menyimpulkan apa yang sudah disampaikan di pendahuluan dan pembahasan. Kesimpulan dihentikan melebar ke topik lain. Contoh: Namun ada juga para masyarakat Aceh yang menggunakan jasa thabib untuk membantu menemukan barang mereka yang hilang atau disebut “jak meukaloen” (ilmu tenung). Khususnya thabib atau dukun (dukon) yang berada di desa-desa umumnya mereka tidak menetapkan tarif khusus selama pengobatan tetapi para pasien memperlihatkan sejumlah uang seihklasnya saja. Mereka cukup dibayar dengan Rp5.000 atau dengan menjamu dengan makan malam saja. Satu hal yang perlu diketahui, thabib di Aceh hanya bisa melayani pasien ketika matahari mulai terbenam, tepatnya pada pukul 16.00-05.30. selebih dari itu para thabib, dukun atau dukon akan menolak membacakan mantranya dengan alasan “hana koeng peunukoeh” (tidak berpengaruh pemotong).

3.  Kaidah-kaidah Kebahasaan

            Perhatikan kembali teks esai yang telah dibaca sebelumnya. Tampak bahwa teks tersebut dibuat oleh banyak kata dan sejumlah kalimat. Di dalam teks esai, kata-kata dan kalimat-kalimat itu ternyata mempunyai kaidah atau hukum tersendiri. Kaidah-kaidah tersebut sanggup dijadikan sebagai ciri ataupun pembeda dengan jenis teks lainnya.

            Kaidah-kaidah yang dimaksudkan yaitu sebagai berikut.

a.       Penggunaan bahasa yang bersifat denotatif. Kata-kata yang digunakan dengan kalimat pendek sesuai dengan kebutuhan, pemakaian kata seperlunya dan tidak berlebihan.


b.      Penggunaan kata kerja material atau kata kerja yang terkait dengan melaksanakan kegiatan atau tindakan.

Contoh:

1)      Seorang thabib bisa menyembuhkannya dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan.

2)      Namun ada juga para masyarakat Aceh yang menggunakan jasa thabib untuk membantu menemukan barang mereka yang hilang.


c.       Kalimat fakta yang mendukung argumen yang sanggup kita kaitkan dari fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Contoh:

Terlepas dari sihir atau tidak, kepercayaan masyarakat Aceh kepada thabib akan kesembuhan penyakit yang dideritanya sangat besar pada kepribadian pasien. Terlebih masyarakat awam, lebih mempercayai pengobatan yang bersifat alamiah dari pada seorang dokter seorang hebat sekalipun.


berapa mantra kesembuhan atau dalam bahasa Aceh disebut dengan meurajah.


C. Prosedur Pembelajaran


  1. Membandingkan teks esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis

Teks 1

MEURAJAH
Meurajah yaitu salah suatu jenis karya sastra klasik, yang dalam istilah kesusastraan Melayu atau Indonesia dikenal dengan sebutan mantra. Masyarakat Aceh hingga dengan kini masih membudayakan meurajah, walau secara keilmuan sastra masyarakat tidak mengetahui kalau meurajah merupakan salah satu genre sastra.
Terlepas dari sihir atau tidak, kepercayaan masyarakat Aceh kepada thabib akan kesembuhan penyakit yang dideritanya sangat besar pada kepribadian pasien. Terlebih masyarakat awam, lebih mempercayai pengobatan yang bersifat alamiah dari pada seorang dokter seorang hebat sekalipun. Dalam pengobatannya thabib ini hanya membacakan beberapa mantra kesembuhan atau dalam bahasa Aceh disebut dengan meurajah. Tingkat kemanjuran mantra ini sangat dipengaruhi oleh sahabat (para jin), namun ada juga beberapa thabib yang hanya menggunakan media ayat-ayat suci Al-Quran untuk kesembuhannya. Di Aceh sendiri tercatat beberapa tempat yang sangat kental ilmu kabhatilan tersebut di antaranya Pantai Barat Selatan, Sinabang, Aceh Tengah, namun hingga ketika ini belum ada data yang real yang bisa menyimpulkan keberadaanya.

Meurajah Peneukoh

Ka ek u langeet kah ku peugandoe
(naik ke langit saya ketapel)
Katroek di bumoe kah ku singkla
(turun ke bumi saya ikat)
Bak gaki kah ku boeh pasong
(di kakimu saya pasang pasung)
Bak idoeng gunci tembaga
(pada hidungmu saya kunci dengan tembaga)
Di hadapan raja diwa hong saidi

Pada lirik mantra tersebut terang disebutkan bahwa neurajah ini keseluruhan menggunakan media bantu berupa alam ghaib menyerupai pada kalimat yang paling bawah “Di hadapan Raja Diwa Hong Saidi”. Jelas bukan, Raja Diwa Hong Saidi yaitu sosok pemimpin jin di dunia kegelapan yang dipercaya masyarakat Aceh mau menolong mereka. Sama halnya yang ditampilkan di televisi, thabib di Aceh juga perlu sesajen untuk medianya. Tapi perlu digarisbawahi bahwa tidak keselurahan dari thabib di Aceh yang menggunakan sesajen hanya digunakan bagi paranormal atau lebih tepatnya disebut dukun yang terdapat di pedalaman. Penyakit yang bisa disembuhkan oleh thabib ini sangat bermacam-macam mulai dari penyakit yang ringan hingga parah sekalipun, seorang thabib bisa menyembuhkannya dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak kurun sembuh maka thabib akan menyampaikan “hana ubat” (tidak ada obat), percaya atau tidak? penyakit yang tergolong ringan di antaranya yang bisa disembuhkan oleh thabib berupa kesurupan, demam, sakit perut, sedangkan penyakit parah berupa kanker ganas, kerikil ginjal tetap harus dengan derma dunia medis modern. Namun anehnya para thabib ini tidak melaksanakan operasi melainkan hanya dengan beberapa mantra yang diucapkan.
Namun ada juga para masyarakat Aceh yang menggunakan jasa thabib untuk membantu menemukan barang mereka yang hilang atau disebut “jak meukaloen” (ilmu tenung).
Khususnya thabib atau dukun (dukon) yang berada di desa-desa umumnya mereka tidak menetapkan tarif khusus selama pengobatan tetapi para pasien memperlihatkan sejumlah uang seihklasnya saja. Mereka cukup dibayar dengan Rp5.000 atau dengan menjamu dengan makan malam saja. Satu hal yang perlu diketahui, thabib di Aceh hanya bisa melayani pasien ketika matahari mulai terbenam, tepatnya pada pukul 16.00-05.30. selebih dari itu para thabib, dukun atau dukon akan menolak membacakan mantranya dengan alasan “hana koeng peunukoeh” (tidak berpengaruh pemotong).
Oleh Zulfadli Kawom


Dimuat di Buletin Tuhoe Edisi XVI, Desember 2013



Teks 2

ENONG DAN SEMANGAT PANTANG MENYERAH
Oleh Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
                            Guru Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali, Jawa Tengah

Was dich nictht umbringt, macht dich nur starker” dalam bahasa Inggris yaitu “what dosen’t kills you, makes you stronger”. Dalam Bahasa Indonesia “apa yang tidak sanggup membunuhmu, membuatmu kuat” (Friedrich Wilhelm Nietzsche dalam Aprinalistria, 2015). Cobaan dan penderitaan hidup dihentikan menciptakan putus asa. Harus dihadapi dengan tabah. Demikianlah, seharusnya insan menghadapi permasalahan dalam kehidupan. Kenyataan hidup harus dihadapi. Manusia harus berani mengambil keputusan atau pilihan hidup dengan aneka macam risikonya. Itulah yang dilakukan Enong (tokoh) dalam kisah hidupnya. Tokoh telah mengambil keputusan untuk menghadapi cobaan hidup dengan penuh keberanian dan ketabahan.
Begitulah makna yang tertangkap setelah membaca Padang Bulan novel pertama dwilogi Padang Bulan  karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Penerbit Bentang Yogyakarta cetakan kesebelas, Februari 2017.
Sesungguhnya, makna yang termuat dalam novel ini, menjadi sangat terkedepankan alasannya yaitu struktur alurnya, di samping faktor lain, misalnya, penokohan. Hal ini sejalan dengan pendapat Sayuti (2000: 54-56) yang menyatakan bahwa plot atau alur sangat penting untuk mengekspresikan makna suatu karya fiksi, baik makna yang bersifat muatan, actual meaning, maupun makna yang bersifat niatan, intentional meaning. Melalui alur penulis mengorganisasikan pengalaman-pengalaman dalam karyanya dan cara penulis mengorganisasikan pengalaman tersebut memberi tahu banyak kepada pembaca perihal makna pengalaman itu baginya.
       Novel Padang Bulan terdiri atas 41 cuilan yang oleh pengarangnya diberi istilah mozaik.Mozaik-mozaik dalam novel ini mence
ritakan alur kehidupan tokoh utama Enong dan Aku (Ikal). Jumlah alur dalam novel ini intinya terdiri dua alur yaitu alur utama yang menceritakan kehidupan tokoh Enong dan alur embel-embel yang menceritakan kehidupan tokoh Aku. Pada satu titik kedua alur itu bertemu (saat pertemuan tokoh Enong dan Aku di kantor pos pada mozaik 20 halaman 140) dan beberapa cuilan atau mozaik selanjutnya,
       Pada awal kisah dikisahkan kehidupan keluarga miskin. Seorang Ibu-Syalimah- dan Ayah –Zamzami- yang mempunyai tiga anak. Anak pertama berjulukan Enong yang mempunyai dua adik. Keluarga ini tetap merasa senang meskipun miskin (Mozaik 1 halaman 1-7).
       Cerita kemudian berlanjut dengan maut ayah Enong alasannya yaitu tertimbun tanah longsor ketika bekerja di pertambangan timah. Peristiwa ini menghadirkan awal konflik bagi tokoh Enong dalam kehidupannya ( Mozaik 2 halaman 11). Ia harus keluar sekolah dan mencari pekerjaan. Pilihan yang membawa aneka macam problem bagi tokoh Enong (Mozaik 4 halaman 30). Di kota ia tidak mendapatkan pekerjaan dan balasannya menetapkan pulang kembali ke desanya. Di desa ia menemukan adik-adiknya telah keluar dari sekolah dan tidak apapun yang bisa dikerjakannya. Ia menangis dan hampir frustasi (klimaks). Di puncak kebingungannya ia pergi ke danau dan mendapatkan pandangan gres menjadi pendulang timah (tahap permulaan pemecahan masalah), sebuah pekerjaan yang sangat berat yang selama ini hanya dilakukan oleh pria (Mozaik 9 halaman 59). Namun ternyata masalah belum benar-benar teratasi. Permasalahan gres muncul, yaitu sulitnya mencari timah. Enong harus masuk ke hutan untuk mencari timah, ditipu oleh juru taksir timah (Mozaik 11 halaman 75) dan hampir dibunuh oleh pendulang timah yang lain (Mozaik 13 halaman 86).
       Semua penderitaan hidup tak menciptakan Enong menyerah. Ia tetap berusaha dan berjuang. Bahkan semangat untuk mencar ilmu dan menegakkan harkat diri tak pernah luntur. Ia mencar ilmu bahasa Inggris di sela-sela bekerja (Mozaik 11 halaman 71). Bahkan Enong menetapkan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris (Mozaik 20 halaman 143).
       Tokoh utama kedua dalam novel ini yaitu tokoh Aku (Ikal). Pada cuilan awal Tokoh saya diceritakan tinggal sendiri di rumah kontrakan dan mengenang sosok ayahnya yang sangat mencintai dan tipe pekerja keras (Mozaik 3 halaman 22-24). Bagian ini menceritakan sosok saya dan awal mula permasalahan yang dihadapi tokoh aku. Aku menetapkan berpisah dengan orang tuanya alasannya yaitu ayahnya tidak menyetujui tokoh saya menikah dengan gadis Tionghoa (A Ling) alasannya yaitu perbedaan agama (Mozaik 8 halaman 54-57). Setelah dibujuk dan diberi kabar bahwa ayahnya sakit keras, tokoh saya pulang kembali ke rumah (Mozaik 19 halaman 128-129). Di rumah tokoh saya menghadapi permasalahan tuntutan ibunya semoga tokoh saya mencari pekerjaan (Mozaik 19 halaman 131). Ketika akan mengirim surat lamaran ke Jakarta dan mengirimkan lewat kantor pos, tokoh saya bertemu dengan Enong (Mozaik 20 halaman 140). Enong pada balasannya memperlihatkan hikmah semoga tokoh saya sabar dalam menghadapi aneka macam permasalahan dalam kehidupan tokoh aku. Tokoh saya menghadapi permasalahan mencari pekerjaan (Mozaik 19 halaman 131) , menghadapi permasalahan dalam percintaan (Mozaik 21 halaman 151), dan menghadapi permasalahan tinggi tubuh dan krisis kepercayaan (Mozaik 31 halaman 221 -230). Enong menyadarkan bahwa permasalahan yang dihadapi tokoh saya tidak lebih berat dari permasalahan yang dihadapinya. Namun, Enong menghadapi permasalahan hidup dengan sabar dan pantang mengalah (Mozaik 35 halaman 262). 
       Struktur alur kisah ini bila dibaca sekilas tampak meloncat-loncat antara menceritakan tokoh Enong dengan segala permasalahan kehidupannya dan tokoh Aku yang menghadapi permasalahan lain. Kisah Enong (tanpa kehadiran tokoh Aku) diceritakan pada Mozaik 1, 2, 4, 6, 9, 11, dan 13. Kisah tokoh Aku (tanpa kehadiran Enong) diceritakan pada Mozaik 3, 5, 7, 8, 10, 12, 14, 17, 18, 19, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 31, 34, 39, 40, dan 41). Namun, bila dicermati lebih dalam justru sebaliknya. Ada hubungan yang bersahabat antara kisah Aku dengan kisah Enong. Kedua tokoh itu diceritakan dalam satu mozaik (kedua tokoh hadir pada satu mozaik) yaitu pada mozaik 16, 20, 21, 30, 32, 33, 35, 36, 37, dan 38.
Kisah saya sebagai Alur embel-embel sebagaimana dilukiskan di atas sangat berperan dalam mengedepankan makna yang akan disampaikan oleh pengarang melalui alur utama pada kisah kehidupan Enong. Tokoh saya “hanya” menghadapi “permasalahan ringan” yaitu tinggi tubuh (fisik), menghadapi rasa cemburu dalam percintaan, dan permasalahan mencari pekerjaan namun mempunyai ijazah tinggi dan pintar berbahasa Inggris. Sedangkan Enong yang masih kecil dan lemah menghadapi permasalahan yang jauh lebih berat. Enong ditinggal mati ayahnya, keluar dari sekolah, mencari pekerjaan untuk menghidupi adik-adiknya, dan menghadapi usaha pembunuhan oleh preman bayaran. Enong bisa menghadapi permasalahan-permasalahan yang berat itu. Enong mengajarkan kepada tokoh Aku untuk sabar dan berjuang mengatasi semua permasalahan dalam hidup. Seperti yang dikatakan Enong kepada tokoh Aku “ Janganlah berputus asa. Lihatlah Kakak, ni, dari kecil Kakak susah. Cobaan tiba bertubi-tubi, tapi mana pernah Kakak patah harapan. Tak pernah! Hidup ini harus tabah. Memang benar badanmu pendek, tapi mukamu tak jelek-jelek betul. Paling tidak, kau lihai berbahasa Inggris! “ (Mozaik 35 halaman 262). Inilah makna niatan, intentional meaning, pengarang: Hidup bisa menghadirkan aneka macam macam cobaan dan penderitaan, tetapi insan dihentikan mengalah dan kalah. Manusia harus sabar dan terus berjuang mengatasi segala permasalahan dalam kehidupannya.
       Andrea Hirata melalui karya ini bersimpati dan memperlihatkan penghormatan tinggi terhadap mereka yang berani menghadapi permasalahan, tabah, terus berjuang untuk mengatasi aneka macam cobaan dan permasalahan kehidupan.



Jika kita membandingkan kedua teks esai tersebut dari aspek pengetahuan maka sanggup kita simpulkan bahwa teks esai 1 termasuk dalam teks esai paparan yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan lebih rinci suatu hal kepada pembaca. Tujuan utama esai ini untuk mengedukasi maupun memperlihatkan informasi kepada pembaca.

Contoh dalam teks:

Terlepas dari sihir atau tidak, kepercayaan masyarakat Aceh kepada thabib akan kesembuhan penyakit yang dideritanya sangat besar pada kepribadian pasien. Terlebih masyarakat awam, lebih mempercayai pengobatan yang bersifat alamiah dari pada seorang dokter seorang hebat sekalipun. Dalam pengobatannya thabib ini hanya membacakan beberapa mantra kesembuhan atau dalam bahasa Aceh disebut dengan meurajah. Tingkat kemanjuran mantra ini sangat dipengaruhi oleh sahabat (para jin), namun ada juga beberapa thabib yang hanya menggunakan media ayat-ayat suci Al-Quran untuk kesembuhannya. Di Aceh sendiri tercatat beberapa tempat yang sangat kental ilmu kabhatilan tersebut di antaranya Pantai Barat Selatan, Sinabang, Aceh Tengah, namun hingga ketika ini belum ada data yang real yang bisa menyimpulkan keberadaanya.


Sedangkan dalam teks esai 2 termasuk dalam teks argumentatif bertujuan untuk meyakinkan pembaca untuk mendapatkan ide, pandangan, sikap, maupun kepercayaan penulis terhadap suatu warta atau permasalahan. Esai argumentatif akan berusaha mengungkapkan kebenaran dari suatu pandangan gres dengan motif semoga nantinya pembaca pada balasannya akan berpihak pada penulis dan berbuat sesuatu berdasarkan opini yang terdapat dalam esai tersebut.


Was dich nictht umbringt, macht dich nur starker” dalam bahasa Inggris yaitu “what dosen’t kills you, makes you stronger”. Dalam Bahasa Indonesia “apa yang tidak sanggup membunuhmu, membuatmu kuat” (Friedrich Wilhelm Nietzsche dalam Aprinalistria, 2015). Cobaan dan penderitaan hidup dihentikan menciptakan putus asa. Harus dihadapi dengan tabah. Demikianlah, seharusnya insan menghadapi permasalahan dalam kehidupan. Kenyataan hidup harus dihadapi. Manusia harus berani mengambil keputusan atau pilihan hidup dengan aneka macam risikonya. Itulah yang dilakukan Enong (tokoh) dalam kisah hidupnya. Tokoh telah mengambil keputusan untuk menghadapi cobaan hidup dengan penuh keberanian dan ketabahan.
Begitulah makna yang tertangkap setelah membaca Padang Bulan novel pertama dwilogi Padang Bulan  karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Penerbit Bentang Yogyakarta cetakan kesebelas, Februari 2017.



Jika kita membandingkan kedua teks esai tersebut dari pandangan penulis pada teks 1 penulis mencoba memaparkan isi esai tersebut berdasarkan apa yang ada dalam pemikirannya hal ini terbukti dengan tidak adanya fakta-fakta yang akurat perihal data atau sumber yang digunakan dalam teks. Pada teks 2 penulis lebih kritis dalam memperlihatkan argumen dengan sumber-sumber yang lebih jelas. Contoh yang terdapat dalam teks.


Teks 1

Pada lirik mantra tersebut terang disebutkan bahwa neurajah ini keseluruhan menggunakan media bantu berupa alam ghaib menyerupai pada kalimat yang paling bawah “Di hadapan Raja Diwa Hong Saidi”. Jelas bukan, Raja Diwa Hong Saidi yaitu sosok pemimpin jin di dunia kegelapan yang dipercaya masyarakat Aceh mau menolong mereka. Sama halnya yang ditampilkan di televisi, thabib di Aceh juga perlu sesajen untuk medianya. Tapi perlu digarisbawahi bahwa tidak keselurahan dari thabib di Aceh yang menggunakan sesajen hanya digunakan bagi paranormal atau lebih tepatnya disebut dukun yang terdapat di pedalaman. Penyakit yang bisa disembuhkan oleh thabib ini sangat bermacam-macam mulai dari penyakit yang ringan hingga parah sekalipun, seorang thabib bisa menyembuhkannya dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak kurun sembuh maka thabib akan menyampaikan “hana ubat” (tidak ada obat), percaya atau tidak? penyakit yang tergolong ringan di antaranya yang bisa disembuhkan oleh thabib berupa kesurupan, demam, sakit perut, sedangkan penyakit parah berupa kanker ganas, kerikil ginjal tetap harus dengan derma dunia medis modern. Namun anehnya para thabib ini tidak melaksanakan operasi melainkan hanya dengan beberapa mantra yang diucapkan.


Teks 2

Struktur alur kisah ini bila dibaca sekilas tampak meloncat-loncat antara menceritakan tokoh Enong dengan segala permasalahan kehidupannya dan tokoh Aku yang menghadapi permasalahan lain. Kisah Enong (tanpa kehadiran tokoh Aku) diceritakan pada Mozaik 1, 2, 4, 6, 9, 11, dan 13. Kisah tokoh Aku (tanpa kehadiran Enong) diceritakan pada Mozaik 3, 5, 7, 8, 10, 12, 14, 17, 18, 19, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 31, 34, 39, 40, dan 41). Namun, bila dicermati lebih dalam justru sebaliknya. Ada hubungan yang bersahabat antara kisah Aku dengan kisah Enong. Kedua tokoh itu diceritakan dalam satu mozaik (kedua tokoh hadir pada satu mozaik) yaitu pada mozaik 16, 20, 21, 30, 32, 33, 35, 36, 37, dan 38.


  1. Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik esai

a.    Penggunaan bahasa yang bersifat denotatif. Kata-kata yang digunakan dengan kalimat pendek sesuai dengan kebutuhan, pemakaian kata seperlunya dan tidak berlebihan.

b.    Penggunaan kata kerja material atau kata kerja yang terkait dengan melaksanakan kegiatan atau tindakan.

Contoh:

1)        Seorang thabib bisa menyembuhkannya dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan.

2)        Namun ada juga para masyarakat Aceh yang menggunakan jasa thabib untuk membantu menemukan barang mereka yang hilang.

c.    Kalimat fakta yang mendukung argumen yang sanggup kita kaitkan dari fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Contoh:

Terlepas dari sihir atau tidak, kepercayaan masyarakat Aceh kepada thabib akan kesembuhan penyakit yang dideritanya sangat besar pada kepribadian pasien. Terlebih masyarakat awam, lebih mempercayai pengobatan yang bersifat alamiah dari pada seorang dokter seorang hebat sekalipun. 


(Oleh Yuli Sabarina)



Sumber http://zuhriindonesia.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Teks Kritik Dan Esai Kelas Xii Semester 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel