iklan

Pengertian Buku Besar Pembantu Beserta Jenis Dan Manfaatnya

Buku Besar Pembantu Beserta Jenis dan Manfaatnya Pengertian Buku Besar Pembantu Beserta Jenis dan ManfaatnyaBuku Besar Pembantu Beserta Jenis dan Manfaatnya – Buku besar pembantu berfungsi untuk merinci transaksi yang kuat terhadap perubahan akun asumsi piutang maupun utang yang terjadi secara rutin atau berulang-ulang. Buku besar sendiri dikelompokkan menjadi buku besar pembantu piutang dan buku besar pembantu utang.

Pengertian Buku Besar Pembantu

Buku besar pembantu ialah buku besar khusus yang dipakai untuk mencatat akun tertentu serta perubahan-perubahannya secara lebih rinci.  Dengan kata lain buku besar pembentu sebagai ekspansi buku besar umum. Kaprikornus catatan yang ada di dalam buku besar pembantu merupakan rincian dari salah satu buku besar umum yaitu rincian hutang dan piutang.

Macam -Macam Buku Besar Pembantu

Buku besar pembantu pada umumnya terdapat tiga jenis yaitu buku besar pembantu utang, buku besar pembatnu piutang dan buku besar pembantu persediaan.

1. Buku besar pembantu utang ( account payable subsidiary), buku pembantu ini berfungsi sebagai daerah untuk mencatat perubahan utang kepada kreditor secara individual atau khusus. Baca Contoh Buku Besar Pembantu Utang Perusahaan Dagang.

2. Buku besar pembantu piutang (account receivable subsidiary ledger), sama halnya dengan buku besar pembantu utang, buku besar pembantu piutang merupakan daerah khusus untuk mencatat perubahan piutang (tagihan) , kepada perusahaan (debitor) secara individual (perusahaan tertentu saja). Baca Contoh Buku Besar Piutang Perusahaan Dagang

3. Buku besar persediaan.

Manfaat Buku Besar Pembantu

Manfaat dari penyusunan buku besar pembantu diantaranya sebagai berikut. 

  1. Memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan, alasannya buku besar pembantu akan mengurangi kesalahan-kesalahan dalam buku besar umum.
  2. Ketelitian dalam pembuku besar umum sanggup diuji dengan membandingkan saldo buku besar umum dengan jumlah saldo-saldo dalam buku besar pembantu.
  3. Dalam pengerjaan akuntansi memungkinkan diadakan pembagian tugas.
  4. Bisa dengan gampang mengetahui jumlah masing-masing elemen menyerupai piutang dan hutang dari pihak yang terkait.

Sumber Pencatatan Buku Besar Pembantu

Bukti bukti transaksi yang menjadikan terjadinya perubahan, baik terhadap utang ataupun piutang perusahaan ialah sumber pencatatan dalam buku besar. Contohnya, faktur penjualan, faktur pembelian, bukti penerimaan dan pengeluaran kas, ataupun nota debet dan nota kredit.

Bukti transaksi yang menjadikan perubahan utang dan piutang perusahaan akan melalui mekanisme sebagai berikut hingga hingga kepada buku besar pembantu utang dan buku besar pembantu piutang.

1. Dicatat dalam buku jurnal untuk dibukukan ke dalam buku besar, baik setiap pos jurnal secara individual maupun secara kolektif.

2. Setelah diposting ke buku besar, langkah selanjutnya ialah dicatat ke dalam buku pembantu yang selanjutnya pada tiap selesai periode tertentu akan dibuatkan daftar saldo. Masing-masing jenis buku pembantu tersebut yaitu daftar saldo utang dari buku besar pembantu utang dan daftar saldo piutang dari buku besar pembantu piutang perusahaan.

Contoh Daftar Saldo Buku Besar Pembantu

MINI ADVERTISING
DAFTAR SALDO PIUTANG
Tanggal 31 Juli 2017

Nomor NAMA DEBITOR SALDO
1 PD SINAR MOTOR RP.1.400.000,00
2 PD SINAR BUANA
3 PD SINAR NUSANTARA RP. 4.300.000,00
4 PD SINAR JAYA RP. 2.500.000,00
5 PD SINAR DIAN RP. 1.700.000,00
JUMLAH RP. 9.900.000,00

Jumlah daftar saldo baik hutang maupun piutang seharusnya sama dengan akun utang dan piutang yang ada di dalam buku besar umum. Apabila terdapat perbedaan jumlah artinya terdapat kesalahan pencatatan. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut sanggup dengan memakai jurnal koreksi.

Demikianlan klarifikasi mengenai pengertian buku besar pembantu, supaya bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Baca : 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Buku Besar Pembantu Beserta Jenis Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel