iklan

Analisis Bisnis Budidaya Nanas Madu Dengan Potensi Laba 25 Juta/Panen

Buah nanas atau buah yang mempunyai nama ilmiah Ananas comosus Merr pada umumnya dikenal sebagai buah hidangan segar . Disisi lain buah nanas ini juga kerap dimanfaatkan sebagai materi masakan dan minuman menyerupai diolah menjadi selay nanas, jus, salad, rujak, sambal, keripik dan olahan masakan lainnya.


Buah nanas atau buah yang mempunyai nama ilmiah  Analisis Bisnis Budidaya Nanas Madu dengan Potensi Keuntungan 25 Juta/Panen
Potensi Binis Nanas Madu

1.  Peluang Usaha Budidaya Nanas Madu


Keberadaan buah nanas banyak dibutuhkan oleh para konsumen dipasaran. Permintaan pasar akan buah nanas saat ini terus meningkat. Permintaan konsumen bergeser pada varietas nanas dengan rasa yang manis, tidak gatal dan berukuran sedang. Untuk menjawab seruan tersebut maka buah nanas madu merupakan tanggapan varietas yang tepat. Karena bentuk dan ukuran yang sedang dan mempunyai rasa yang sangat anggun menyerupai sebutnya yaitu nanas mandu. Tak heran ketika ini buah nanas madu banyak digandrungi para konsumen.


Dalam pemenuhan seruan ketika ini, maka jikalau anda berminat menjadi pelaku perjuangan gres dalam sektor pertanian, dengan budidaya buah nanas madu secara komersil, masih sangat berpeluang tinggi. Karena hingga ketika ini permintaan dalam negeri tidak sanggup dipenuhi oleh pasokan nanas lokal. Sehingga pemerintah harus melaksanakan impor buah nanas dari negara tetangga atau sekitarnya. Melihat dari seruan dan jenis varietas nanas madu yang sanggup menjawab seruan pasar, maka peluang dalam budidaya buah nanas madu berpotensi sangat baik.


2. Tips dan Langkah Memulai Usaha Budidaya Nanas Madu



  • Pada langkah awal, anda menyiapkan lahan tanam di area dataran tinggi. Idealnya budidaya nanas madu dilakukan di lahan dengan ketinggian 1.200 meter diatas permukaan maritim (mdpl). Memiliki curah hujan sekitar 1.000 hingga 2.500 mm dalam setahun. Yang perlu anda ketahui bahwa tumbuhan nanas madu sangat menyukai tempat beriklim basah. Tingkat keasaman tanah sekitar pH 3 hingga 5, atau untuk pH 5 hingga 6,5 yang lebih baik.

  • Langkah kedua, Anda mengolah lahan secara optimal dengan sistem baris dua-dua. Pada setiap baris mempunyai jarak 60cm x 60cm, serta jarak antara barisan 150cm. Untuk jarak tiap baris atau jarak antara baris anda sanggup menyesuaikan dengan kebutuhan atau anda menyesuaikan kondisi lapangan, atau dengan skala produksi yang anda butuhkan, yang jelasnya semakin rapat jarak tanamnya artinya semakin kecil buah nanas madu yang dihasilkan. Makara kepadatan tumbuhan harus benar-benar anda perhatikan.

  • Mahkota bunga atau anakan yang gres terpotong, anda sanggup pribadi menanamnya pada lahan yang sudah diolah atau yang sudah siap, tanpa penyemaian pun buah tumbuhan buah nanas sanggup untuk dibudidayakan. Tapi kami menganjurkan anda untuk mendiamkan dulu selama 2 – 3 hari sebelum ditanam, hal ini bertujuan untuk menutup bekas kepingan dengan kalus, sehingga lebih cepat berakar.


Cara lengkap budidaya nanas madu baca disini : Langkah Pembibitan Dalam Budidaya Nanas 


3. Kendala yang Cara Penanganan



  • Dalam budidaya buah nanas madu memang tergolong mudah, akan tetapi untuk menerima buah atau hasil yang mempunyai kualitas baik, kami anjurkan anda merawat tumbuhan secara intensif, semoga optimalisasi produksi sanggup anda antur dengan baik.

  • Pengontrolan tumbuhan nanas madu juha wajib dilakukan secara intensif atau rutin salah satu alasannya yaitu mencegah adanya serangan hama yang sanggup memberi kerugian pada tumbuhan nanas yang anda budidayakan, maka pencegahan harus dilakukan dengan cara perkembangan tumbuhan anda tetap pantau sehingga gulma dan serangan hama tidak menyerang tumbuhan anda.


4. Strategi Budidaya Nanas Madu



  • Pada ketika pengolahan tanah, anda membutuhkan pupuk organik atau pupuk sangkar sekitar 10 hingga 20 ton per hektar. Anda juga harus menambahkan pupuk buatan sekitar 600 kg TSP, 300 kg Urea, 300 kg KCl untuk porsi satu hektar. Dilakukan dua kali dalam setahun, yakni ahad keempat serta ahad kedepalapan, terhitung sehabis tanam.

  • Anda harus melaksanakan penyiraman air dan penyiangan secara rutin atau secara berkala. Perawatan tumbuhan nanas madu harus anda lakukan dari hari tanam hingga datang hari panen atau buah sudah siap untuk dipanen. Untuk menghilangkan rasa jenuh dalam pengontrolan tanaman, anda harus menanamkan jiwa optimis, alasannya ialah hasil tidak akan pernah menghianati hasil.

  • Buah  nanas madu yang siap panen, sanggup dilihat dari sisi umur dan kematangan, umur buah yang siap panen biasanya 5 hingga 6 bulan. Sedangkan tinkat kematangan sanggup anda lihat dari warna buah sudah berwarna hijau kekuningan, bunganya sudah terlihat mekar, serta matanya terlihat tampak jarang dan terlihat lebih datar.

  • Kami merekomendasikan anda untuk lebih mencari refrensi, semoga kiranya hambatan di lapangan yang belum kami sebutkan sanggup anda pahami, sehingga hambatan yang anda temukan sanggup diantisiapasi sebelum mengakibatkan kerugian yang besar. Anda sanggup menemukan refrensi pada pembudidaya nanas madu yang ada di Pemalang (jawa Tegah), jogjakarta, jawa barat, jawa timur, jambi, sumatera utara, sumatera barat, dan sumatera selatan.


5. Analisis Biaya Produksi Usaha Budidaya Nanas Madu




















a. Biaya Tetap
Biaya Sewa Lahan 1 ha per tahunRp. 2.000.000
Sarana & prasarana selama 1 tahunRp. 8.000.000
Total Biaya TetapRp. 10.000.000































b. Biaya Variabel (Per Produksidalam 1 Tahun)
Bibit Nanas 30.000 batangRp. 10.000.000
Pupuk (pupuk sangkar & pupuk buatan)Rp. 38.300.000
Tenaga KerjaRp. 19.800.000
Obat pengendali hamaRp. 10.000.000
Biaya Lain – lainRp. 4.000.000
Total Biaya VariabelRp. 82.100.000

c. Pendapatan


Penjualan Nanas 30.000 buah x Berat Buah Nanas madu (1,5kg) x Harga (2.500/kg)

= 30.000 x 1,5 x 2.500

= Rp. 112.500.000


d. Keuntungan Bersih


Pendapatan – 1/2 Biaya Tetap – Total Biaya Variabel

= Rp. 112.500.000 – Rp. 5.000.000 – 82.100.000

= Rp. 25.400.000 per sekali panen


Keuntungan yang fantastis, laba juga sanggup anda peroleh mungkin lebih besar dengan penawaran harga yang tinggi, tentunya dalam mencapai penawaran harga, buah nanas yang anda tawarkan juga harus memenuhi setandar mutu dan berkualitas. Semoga bacaan ini sanggup membantu anda dalam memulai bisnis budidaya buah nanas madu.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Analisis Bisnis Budidaya Nanas Madu Dengan Potensi Laba 25 Juta/Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel