iklan

✔ Sistem Kerja Di Alfamart ( Tugas,Shift Dan Gajinya )

Kali ini saya akan menjelaskan bagiamana sistem kerja di alfamart mulai dari kiprah crew store,pembagian shift mirip apa dan honor yang diperoleh atau didapat para karyawanya.Penjelasan ini sangat penting untuk anda yang mungkin ingin mendaftar untuk bekerja pada salah satu perusahaan ritel terbesar di indonesia ini.

Dengan anda mengerti bagaimana sistem yang berlaku disana mulai dari tugas-tugas karyawan alfamart apa saja kemudian pembagian pergantian shiftnya bagaimana dan upah yang diperoleh berapa,maka anda sanggup mulai memilah apakah pekerjaan ini cocok dengan apa yang anda inginkan atau tidak.



Penjelasan Lengkap Mengenai Sistem Kerja di Alfamart




Kali ini saya akan menjelaskan bagiamana sistem kerja di alfamart mulai dari kiprah crew st ✔ Sistem Kerja di Alfamart ( Tugas,Shift dan Gajinya )



Alfamaret ialah sebuah perusahaan ritel yang bergerak dalam bisang penjualan barang-barang kebutuhan sehari-hari.Tidak hanya menjual,disana juga sanggup melayani banyak sekali macam pembayaran mirip : membayar belanja online ( bukalapak,tokopedia,dll ) kemudian bayar BPJS,bayar tagihan listrik,memesan tiket kereta api,bayar boking pesawat terbang,beli pulsa dan paket internet dan masih banyak lagi hal yang sanggup dilakukan di toko tersebut.

Jika anda sedang berkeinginan untuk sanggup menjadi salah satu karyawan disana,ada beberpa hal penting yang perlu anda ketahui terlebih dahulu,yaitu :


Klasifikasi Jabatan


Di dalam satu buah toko,memang terdapat beberapa karyawanya,tetapi mereka semua mempunyai posisi atau jabatan yang berbeda-beda.Berikut jabatan atau posisi apa saja yang ada di alfamart :
  1. Crew Store ( Pramuniaga dan Kasir )
  2. Asisten Chief of Store
  3. Chief of Store ( Kepala Tokonya )


Kaprikornus dalam satu toko,kurang lebih terdapat tiga jenis jabatan atau posisi yang berbeda.Mungkin untuk orang awam mereka sama saja,tetapi dalam susunan kerja perusahaan,mereka berbeda baik untuk tugasnya dan mungkin gajinya.


Tugas Masing-Masing Karyawan Alfamart


Tugas dan pekerjaan karyawan alfamart apa saja? apa yang mereka kerjakan? Selain dari jabatan yang berbeda-beda,ternyata jobdesk mereka juga berbeda antara satu dengan yang lainya sesuai dengan posisi yang mereka tempati.Berikut job desk dari masing-masing karyawanya :

  • Crew Store 



Pramuniaga ( biasanya pria ) tugasnya ialah :
  1. Mengatur barang-barang yang ada di rak
  2. Membersihkan raknya
  3. Menyortir barang-barang yang hampir expired
  4. Bertanggung jawab atas kebersihan toko
  5. Mengawasi pembeli ( mencegah pencurian )
  6. Melayani pembeli ( mengambarkan rak yang ditanyakan,memberikan keranjang belanja,dll )
  7. Membantu kasir jikalau keteteran ( pembeli over )
  8. Memasang banner promosi di depan toko
  9. Merawat alat-alat ( genset,mesin makanan,freezer,dll )
  10. Merawat kebersihan dan kerapihan gudang belakang toko
  11. Membongkar barang yang tiba dari pusat

Mungkin dari sebuah jabatan yang ada,pramuniagalah yang mempunyai kiprah paling banyak.Tetapi itu semua bukanlah duduk kasus jikalau dalam satu toko mempunyai kerjasama team yang solid dan kompak.Ini mungkin ialah posisi pertama yang harus dilewati ( untuk lulusan Sekolah Menengan Atas ) jikalau ingin terus berkarir dan menjadi karyawan tetap ataukartap di alfamaret.


Kasir ( biasanya perempuan atau perempuan ) tugasnya ialah :
  1. Melayani segala mecam jenis pembayaran
  2. Menawarkan produk yang sedang dipromosikan
  3. Mengecek uang yang masuk ( mencegah uang palsu masuk berangkas )
  4. Mencegah minus atau selisih uang dikala selesai shift ( jumlah barang yang terjual harus pas dengan uang yang masuk dikala shiftnya )


Tanggung jawab utama kasir tidak jauh-jauh dari uang dan segala hal yang berafiliasi dengan itu.Memang jikalau dilihat dari segi fisik,tugasnya tidak terlalu capek atau berat,tetapi jikalau hingga ada " minus " mirip yang saya katakan,kasirlah yang bertanggung jawab menggantinya dengan uang pribadi.

Tetapi jikalau anda para perempuan ingin menjadi kasirnya,tidak perlu takut,karena biasanya dalam satu toko itu,kerjasamanya luar biasa.Anda tidak akan dibiarkan menanggungnya sendiri ( semoga saja anggota yang lain team worknya cantik yaa,hehe ).

  • Asistent Chief of Store



Kalau dalam bahasa saya,jabatan ini sanggup juga dibilang asistenya chief store ( kepala tokonya ).Biasanya jikalau anda diangkat menjadi karyawan tetap,posisi inilah yang akan anda emban ( tetapi tidak selalu ).Untuk tugasnya ialah :
  1. Menangani laporan dari semua suplier 
  2. Mengatur uang dalam brangkas
  3. Pengganti chief store dikala tidak ada ditempat
  4. Pengecekan barang tiba dari pusat
  5. Penaanggung jawab shift yang sedang berlangsung
  6. Mengecek dan memastikan semua promosi berjalan 
  7. Menghitung uang dikala pergantian shift
  8. Mempersiapkan barang yang akan di return ke pusat


Hampir sama dengan kasir.Posisi ini kerjanya tidak terlalu berat jikalau dilihat dari segi fisik,tetapi tanggung jawabnya besar.Biasanya jikalau dalam sebuah shift ( entah pagi,atau sore ) terjadi masalah,orang pertama yang dicari supervisor atau meneger ialah mereka,hehe.

  • Chief of Store



Ini merupakan jabatan paling tinggi ( didalam toko bukan seluruh alfamaret ).Ini ialah posisi jikalau anda mendapat kesempatan naik jabatan dari posisi sebelumnya ( tangan kanan chief ).Tugasnya ialah :
  1. Memastikan kerjasama team selalu bagus
  2. Sebagai penengah jikalau ada duduk kasus antar karyawan didalam toko
  3. Memastikan penjualan toko sesuai target
  4. Memastikan kiprah karyawan yang lain dijalankan dengan baik
  5. Menjaga toko terhindar dari " minus " dikala audit
  6. Melakukan koordinir dengan orang-orang setempat


Tanggungjawabnya lebih ke arah operasional dan performa toko,jadi ini mungkin posisi yang sanggup dikatakan tidak terlalu capek kerjanya.


Pembagian shift di Alfamart


Shift ialah pembagian jam kerja dalam satu hari.Jadi dalam satu hari atau 24 jam biasanya terdapat 2 atau 3 shift.Saya akan jelaskan :

  • Shift 1


Ini ialah istilah yang diberikan untuk mereka yang bertugas pada pagi hari,mulai jam 07 pagi hingga jam 03 sore.tetapi,jika melewati jam tersebut,belum tentu itu dihitung lembur alasannya ialah disini berlaku sistim " loyalitas ".

Mungkin kalau di perusahaan mirip ASTRA,TOYOTA,dll begitu waktu jam selesai,ya sudah,beres belum beres anda sanggup pulang.Beda halnya dengan disini,jika jam waktunya pulang tapi kerjaan anda belum selesai,biasanya anda tidak diperkenankan pulang.Tapi kalau mau ngeyel,ya boleh saja sih,hehe.

  • Shift 2


Ini ialah istilah yang diberikan untuk mereka yang bekerja dari jam 03 sore hingga jam 11 malam.Ini merupakan kelanjutan dari jam kerja pagi.Saat pergantian jam kerja mirip inilah terjadi perhitungan uang dimana kiprah kasir akan sangat terlihat disini.

Jika semuanya OK,berarti anda semua sanggup bertukar tempat sekarang.Yang jam pagi sanggup pulang dan istirahat,yang jam sore mulai pekerjaanya.

  • Shift 3


Ini ialah istilah yang diberikan untuk mereka yang bekerja pada jam 11 malam hingga jam 07 pagi.Tetapi tidak semua toko mendapat jatas shift hingga shift 3.Hanya beberapa toko saja yang mempunyai daya jual tinggi yang memperolehnya.


Pemberian honor atau upah


Mungkin bab ini yang paling anda ingin tahu.Saya akan jelaskan beberapa hal disini.Tetapi sebelumnya saya harapkan anda sudah membaca klarifikasi saya diawal alasannya ialah jikalau anda eksklusif membaca bab ini,anda akkan sedikit kebingungan nantinya.

Pemberian gajinya mirip ini :

- Semua karyawan dan berlaku untuk semua jabatan,gaji pokoknya ialah SAMA!.Berapa? Sesuai dengan UMR atau UMK tempat anda bekerja nantinya.Lantas kenapa sanggup beda? apa yang menciptakan upah dari masing-masing jabatan berbeda?
  1. Tunjangan profesi atau jabatanya
  2. Perhitungan jam lemburnya 


Semakin tinggi jabatan yang anda peroleh,maka semakin tinggi ppula tunjagan uangnya,perhitungan lemburnya juga berbeda.Jika untuk crew,dalam lemburan satu hari dibayar ( kita ibaratkan ) 1000 rupiah,maka untuk jabatan diatasnya sanggup 1.500 atau mungkin lebih.


TAMBAHAN


Ada beberapa informasi komplemen yang mungkin sanggup mempunyai kegunaan untuk anda,apa saja?


Libur Hari Kerja


Bagaimana liburnya? kapan mendapat libur? untuk pembagianya mirip ini :

- Dalam satu bulan,berlaku untuk semua tanpa terkecuali,mendapatjatah libur 4 hari.Dimana dalam satu ahad mendapat libur 1 hari.

- Apa liburnya sanggup milih? tolong-menolong semua itu keputusan chiefnya,tapi sanggup dikondisikan dan sanggup saja anda menentukan untuk libur hari atau tanggal berapa saja,asalkan TETAP dalam 1 bulan,jatahnya 4 kali.


Lembur Hari Kerja


Kapan sanggup lemburanya? biasanya anda akan dihitung lembur pada hari-hari besar mirip : idul fitri,idul adha,hari raya nyepi,waisak,natal dan hari-hari besar lainya.

Selain itu sanggup saja dihitung lembur,mungkin ketika anda mendapat jatah libur tetapi anda disuruh masuk kerja.Biasanya sih ndak lembur,tapi liburnya diganti hari lain,hehe.

Tanggal merah ( hari ahad ) bagaimana? itu tidak dihitung lembur,karena sistem kerjanya bukan 6 hari kerja 1 hari libur mirip karyawan PT yang lain melainkan memakai SISTIM OFF.Sistim off ya mirip yang saya katakan tadi,satu bulan jatahnya 4 hari,hanya mirip itu saja.Jadi kalau tanggal merah anda masuk,jangan seneng dulu yaa,he.

Lantas,kalau pas hari raya nasional atau hari besar nasional bertepatan dengan tanggal merah ( hari ahad ) bagaimana? ini ialah salah satu dilema dari sekian banyak dilema yang ada disana.Saya tidak akan tulis,karena nanti jadi perdebatan dikolom komentar.Silahkan anda tanyakan eksklusif pada karyawan alfa disekitar tempat anda.Tapi pesen saya,jangan terlalu kaget dengan jawabanya nanti yaa.


Setelah membaca semua klarifikasi saya,sekarang saya harap anda sudah mengerti bagaimana dan akan mirip apa nantinya jikalau anda bekerja disana.Untuk membantu anda yang berkeinginan bekerja disana,saya sudah buatkan artikel lainya :

Baca Juga :

- Cara mendaftar pekerjaan di alfa lewat online dan offline terlengkap

- Cara menulis lamaran kerja dengan baik dan benar

- Cara mengerjakan test matematika perusahaan Part 1

- Cara mengerjakan test perusahaan Part 2


Saya juga sudah tuliskan banyak artikel perihal balasan yang baik dan benar dikala melaksanakan sesi wawancara atau interview pekerjaan pada sebuah perusahaan.Silahkan anda cari saja dengan mengetik " wawancara/interview " pada kolom SEARCH pada bab kanan atas.

Demikian pembahasan perihal bagaimana sistem kerja di alfamart mulai dari kiprah dan hal yang dikerjakan,pembagian shift hingga dengan pembahasan honor atau upahnya.Semoga sanggup membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Sistem Kerja Di Alfamart ( Tugas,Shift Dan Gajinya )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel