iklan

Sebelum Anda Memulai Ternak Entok Baca Dulu Panduannya Disini

Entok merupakan binatang unggas yang biasa disebut juga dengan manila. Permintaan entok ketika ini sangat stabil di pasaran. Akan tetapi seruan pasar belum bisa diimbangi oleh para peternak. Ini yaitu peluang perjuangan bagi Anda untuk mencoba membuka ternak entok. Jika Anda melaksanakan ternak entok dengan sungguh – sungguh, maka Anda sanggup mencicipi atau mendapat laba yang diinginkan. Ya, bisnis entok ini sangat menguntungkan.


Artikel terkait entok: Macam Jenis Penyakit Pada Budidaya Entok dan Cara Pengendaliannya


Entok berasal dari brazil, yaitu keturunan dari itik brazil atau Brazilia Duck. Entok dikelompokkan menurut warna bulunya



  • Entok yang bulunya berwarna putih.

  • Entok yang bulunya berwarna campuran.

  • Entok yang bulunya berwarna biru kehitaman.


Sifat Dan Ciri Khas Entok


Sifat entok



  • Entok sanggup menciptakan sarang sendiri.

  • Entok mengerami telurnya.

  • Entok bisa menjaga anak – anaknya dari serangan binatang pemangsa menyerupai anjing dan kucing.

  • Entok mempunyai sifat yang liar. Terkadang menyukai terbang jauh dan bertengger di atas rumah.


Ciri – ciri entok



  • Memiliki ukuran kepala yang besar dan bertekstur kasar.

  • Memiliki bulu di atas kepala yang bisa bangun tegak ketika entok merasa terganggu atau terancam.

  • Memiliki jambul merah terperinci menyerupai dimiliki kalkun.

  • Bagian atas pangkal paruh menyerupai mempunyai daging yang tumbuh.

  • Ukuran paruh berukuran kecil, sempit, dan pendek dibandingkan ukuran tubuhnya.


Cara mengetahui entok jantan dan betina

Secara umum, Anda sanggup mengetahui jenis kelamin entok dari segi fisiknya.



  • Entok jantan mempunyai badan lebih besar dibandingkan dengan betina.

  • Pada bab kepala pejantan, Anda sanggup melihat jengger yang tumbuh dengan bentuk membulat.

  • Dari segi suara, pejantan mempunyai bunyi yang lebih keras dibandingkan betina.


Entok merupakan binatang unggas yang biasa disebut juga dengan manila Sebelum Anda Memulai Ternak Entok Baca Dulu Panduannya Disini
Entok jantan

Manfaat Memelihara Entok


Jika Anda memelihara entok dengan cara yang benar, maka Anda akan mendapat manfaat yang cukup memuaskan. Sebagai manfaat utama, Anda sanggup menghasilkan rupiah dari ternak entok. Dalam proses ternak entok pun tidak membutuhkan biaya yang banyak.


Secara umum manfaat yang sanggup Anda rasakan dari ternak entok yaitu :



  • Daging entok mempunyai cita rasa yang enak, serta kaya akan sumber protein yang baik untuk materi konsumsi sehat keluarga Anda.

  • Proses ternak entok relatif mudah, sehingga tidak terlalu menyita waktu Anda.

  • Kotoran yang dikeluarkan entok sanggup Anda gunakan sebagai materi utama untuk pembuatan pupuk sangkar atau organik yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman.

  • Jika Anda ternak entok, Anda bisa mendapat penghasilan tambahan. Anda sanggup menjual daging atau telurnya di pasar. Anda bisa juga langusung menjual ke warung makan yang menyajikan sajian kuliner dari entok.


Tahap Persiapan Ternak Entok


Pemilihan lokasi


Penentuan lokasi sangkar tidaklah rumit untuk Anda cari. Pada dasarnya entok bisa hidup disemua tempat. Namun lokasi yang strategis untuk ternak entok yaitu lokasi yang bersahabat dengan sungai, parit, ataupun persawahan. Siklus kehidupan binatang unggas ini hampir sama dengan kehidupan itik, yaitu suka mencari kuliner di lingkungan yang basah, berair, atau becek.


Jika rumah Anda termasuk rumah panggung, ternak entok sanggup Anda lakukan di bawah rumah dengan memberi sekat pada sisi pinggiran memakai bambu. Namun, jikalau rumah Anda bukan rumah panggung, Anda sanggup menciptakan sangkar di belakang rumah. 


Entok merupakan binatang unggas yang biasa disebut juga dengan manila Sebelum Anda Memulai Ternak Entok Baca Dulu Panduannya Disini
Ternak entok di belakang rumah

Pada umumnya pemeliharaan entok dibiarkan berkeliaran oleh pemiliknya atau sistem umbaran. Entok dibiarkan berkeliaran disekitar kandang. Sebaiknya disekitar sangkar diberi pagar semoga tidak berkeliaran terlalu jauh. Keuntungan lainnya dilakukan pemagaran yaitu semoga Anda gampang dalam perawatan maupun mengontrol.


Tempat pinjaman pakan dan minum


Untuk wadah pinjaman pakan dan minum, Anda bisa memanfaatkan bambu atau kayu sisa dari pembuatan kandang. Anda bisa juga memakai wadah plastik bekas yang berukuran sedang menyerupai jerigen, galon, ataupun baskom.


Kandang untuk anak entok


Jika Anda memisahkan anak entok dari induknya, maka Anda harus menciptakan sangkar anakan sendiri. Pembuatan sangkar bisa memakai dari kayu ataupun bambu. Pada bab alasnya, Anda bisa memakai ram kawat kasa, yang ukuran lubangnya sederhana yaitu tidak besar dan tidak kecil. Sehingga kotoran anakan entok bisa pribadi jatuh ke tanah. Untuk anakan 100 ekor, ukuran sangkar idealnya 75 sampai 100 cm dengan ketinggian sangkar 75 cm.


Pemanas suhu sangkar anakan


Pemanas suhu kandang, Anda gunakan ketika anakan entok dipisahkan dengan induknya. Anakan yang berumur seminggu, suhu sangkar harus rata – rata 29,40 sampai 32,20 0C. Untuk ahad kedua suhu akan diturunkan sampai 26,70 0C. Untuk ahad ketiga, diturunkan lagi menjadi 21,10 0C. Suhu di dalam sangkar harus terpantau dengan baik. Terutama suhu pada siang hari serta suhu pada malam hari.


Pakan entok


Pakan yang diberikan kepada entok haruslah ditentukan sesuai umur dari entok. Karena porsi dari anakan entok dan entok sampaumur sangat berbeda. Untuk masa pertumbuhan hendaknya entok diberi pakan dengan jumlah nutrisi dan gizi yang pas. Lakukan penjadwalan dalam pinjaman pakan, sehingga pakan yang Anda berikan tidak berlebihan dan tidak kekurangan jumlahnya. Rajinlah untuk membersihkan kawasan pakan entok Anda semoga selalu higienis dan tidak menjadikan bibit penyakit. Berikut tips pinjaman pakan pada entok.



  • Entok dengan usia 1 – 2 ahad bisa Anda berikan konsentrat starter.

  • Campurkan konsentrat starter dengan pakan indukan untuk ahad selanjutnya.

  • Untuk pakan indukan Anda bisa memperlihatkan bekatul, dedak, sayuran, jagung dan lain – lain.


Entok merupakan binatang unggas yang biasa disebut juga dengan manila Sebelum Anda Memulai Ternak Entok Baca Dulu Panduannya Disini
Kondisi entok di dalam kandang

Catatan pelengkap :



  • Pisahkan anakan setelat satu bulan bersama dengan indukan. Agar entok bisa dikawinkan kembali.

  • Masa pengeraman telur entok berkisar 35 hari atau 2 – 3 minggu.

  • Jika Anda ingin beternak entok dengan jumlah 30 ekor sebaiknya Anda menciptakan sangkar yang lebih besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari perkelahian antar entok.

  • Jangan biarkan sangkar kurang mendapat sinar matahari. Terutama sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sangat diperlukan oleh entok.

  • Lakukan pemisahan entok menurut umur.

  • Letakkan kawasan telur entok pada kawasan yang aman. Agar terhindar dari gangguan predator atau entok disekitarnya.


Artikel belibis petelur: Analisis Usaha Budidaya Bebek Petelur Dengan Skala 600 Ekor Bebek


Sumber gambar: entoknusantara,fadil,far71,ternakkentang




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sebelum Anda Memulai Ternak Entok Baca Dulu Panduannya Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel