iklan

Menentukan Segmentasi Pasar Untuk Perjuangan Kecil Biar Sempurna Sasaran

Salah satu dilema yang sering dihadapi oleh UMKM di Indonesia ialah segmentasi pasar. Bagaimana menentukan segmentasi pasar yang sempurna bagi UMKM di Indonesia? Banyak sekali pengusaha UMKM yang tidak mengetahui segmentasi pasar mereka. Menentukan segmentasi pasar untuk perjuangan kecil ketika memulai bisnis ialah sesuatu yang paling sulit. Terkadang, bisnis sudah berjalan, namun segmentasi pasar belum terlihat secara jelas. Sehingga perjuangan sanggup mati ditengah jalan. Hal inilah yang sering ditemukan di Indonesia.


Target pasar cukup penting, dimana sasaran pasar mempunyai kegunaan untuk mengetahui siapa saja konsumen yang ingin kita sasar dan cocok dengan produk yang kita miliki. Misal, Anda ingin membuka toko atau memproduksi produk fashion? Siapa calon-calon konsumen yang ingin Anda sasar, berapa usia mereka, apa pekerjaan mereka, apa pendidikan mereka, dan berapa pendapatan mereka. Tentunya beberapa kriteria tersebut harus dipikirkan secara matang, supaya Anda sanggup mengetahui produk menyerupai apa yang ingin Anda tawarkan kepada calon-calon konsumen.


Kehadiran internet, bukan saja mempermudah Anda dalam bertemu dengan konsumen. Tetapi Anda juga akan merasa sulit, bagaimana menentukan konsumen Anda. Namun, ada hal yang tidak perlu Anda pikirkan ketika Anda berjualan secara online. Anda membiarkan konsumen yang mencari barang Anda, bukan lagi Anda yang memperlihatkan kepada mereka hal itulah yang menciptakan banyak pengusaha pemula lebih menentukan berjualan di Marketplace.


Bagaimana Anda harus menentukan segmentasi pasar untuk perjuangan kecil yang sedang Anda bangun?


Ada beberapa hal yang harus Anda pelajari untuk mengetahui siapa saja sasaran pasar yang ingin Anda incar dan Anda jadikan sebagai calon-calon konsumen. Jangan hingga Anda tidak sanggup menentukan segmentasi pasar untuk perjuangan kecil milik Anda. Berikut beberapa tips menemukan sasaran pasar yang tepat.


Tentukan Siapa Konsumen Anda


Setelah Anda sudah mempunyai ilham produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen, maka kini Anda harus menentukan siapa saja calon-calon konsumen Anda. Anda harus melihat tingkat ekonomi calon konsumen. Apakah ia kelas ekonomi atas, menengah, atau bawah.


Jika Anda salah menyasar konsumen, maka bersiaplah untuk menyediakan tempat yang luas untuk menumpuk produk-produk Anda, alasannya ialah tidak laku. Untuk itu, pikirkanlah secara matang siapa saja calon konsumen Anda. Hal penting, Anda sanggup menemukan tingkat ekonomi calon konsumen Anda.


Menentukan Geografi Konsumen


Ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis, maka tentukan georafi calon konsumen. Geografi ini, sanggup menentukan konsumen yang tinggal dimana yang sanggup membeli produk Anda. Menentukan segmentasi pasar untuk perjuangan kecil sesuai dengan geografi, bukanlah hal sulit. Karena Anda hanya menentukan dimana calon-calon konsumen Anda berada. Apakah ia tinggal di perkotaan, atau tinggal di pedesaan. Geografi akan mempengaruhi kebutuhan si pelanggan terhadap produk dan jasa yang mereka butuhkan.


Mungkin ketika ini kehadiran internet, sangat membantu dalam menentukan geografi perjuangan Anda. Sebab, Anda sanggup menjual produk ke semua tempat yang bersifat lokal, dalam negeri, maupun ke luar negeri sanggup Anda lakukan. Hal itu dengan pertolongan internet.


Karakter Konsumen atau Psikologi Konsumen


Sebagai pengusaha, maka Anda harus sanggup mengetahui bagaimana huruf konsumen. Ada konsumen yang membeli produk alasannya ialah beliau memang membutuhkan produk tersebut, tetapi ada juga konsumen membeli sebuah produk alasannya ialah ikut tren yang sedang berkembang.


Selain itu, menentukan segmentasi pasar untuk perjuangan kecil harus tahu bagaimana perilaku si konsumen. Apakah ia seorang yang kritis, atau tidak. Sering sekali kita menemukan seorang konsumen yang kritis terhadap produk. Sehingga Anda harus sanggup mengatakan suatu hal yang sanggup menyenangkan konsumen, meskipun produk tersebut masih mempunyai kekurangan.


Apa yang Dimiliki Oleh Kompetitor?


Produk yang Anda miliki harus sanggup lain dari apa yang dimiliki kompetitor dan apa yang tidak dimiliki kompetitor. Berilah nilai lebih kepada konsumen Anda, dari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Jangan hanya mengatakan harga yang lebih rendah dari kompetitor. Karena hal itu tidak akan baik dalam masa depan.


Berilah nilai lebih dan produk Anda sanggup menjadi balasan serta solusi bagi konsumen Anda. Hal ini akan menentukan segmentasi pasar untuk perjuangan kecil. Sehingga Anda sanggup mengorganisir calon-calon konsumen Anda.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menentukan Segmentasi Pasar Untuk Perjuangan Kecil Biar Sempurna Sasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel