Manfaat Komunikasi Dan Unsur-Unsurnya
MANFAAT KOMUNIKASI
Manusia secara naluriah sesuai dengan kodratnya mempunyai sifat sebagai individu dan sebagai makhluk sosial. Sebagai individu ia ingin menerima perhatian dari kelompoknya dengan banyak sekali cara dan daya. Dengan demikian insan satu dengan insan lain memerlukan hidup ditengah-tengah manusia-manusia lain pula (hidup bermasyarakat). Hidup bermasyarakat ialah hidup berkelompok, berteman, berkeluarga, berbangsa dan hidup bernegara.
Disadari antara kelompok masyarakat satu dengan kelompok masyarakat satu dengan masyarakat lain tidak selalu berdekatan tetapi terpisah-pisah dan bahkan tersebar satu dengan lain yang jaraknya berjauhan.
Untuk melaksanakan hubungan sudah terang diharapkan komunikasi semoga sanggup saling tukar menukar informasi.[1]
Apabila komunikasi dipandang dari arti yang lebih luas tidak hanya diartikan sebagai pertukaran informasi dan pesan, tetapi sebagai aktivitas individu dan kelompok mengenai tukar menukar data, fakta dan ide,[2] maka manfaat komunikasi secara teoritis maupun praktisnya ialah sebagai berikut:
a) Manfaat komunikasi secara teoritis :
- Dapat memperlihatkan informasi
- Dapat memperlihatkan hiburan[3]
- Dapat memperlihatkan efek orang lain
- Dapat mengenal diri sendiri dan orang lain
- Dapat mengenal dunia luar
- Dapat membuat dan memelihara hubungan menjadi bermakna
- Mengubah sikap dan perilaku[4]
- Dapat membantu orang lain
- Dapat mengemukakan kebutuhan dan kepentingan, dan lain-lain.
b) Manfaat komunikasi secara praktisnya:
- Tersalurkan ekspresi kita
- Dapat berafiliasi antar sesama manusia
- Dapat mengakrabkan kita dengan sesama
- Dapat mengetahui kabar berita
- Tali silaturahmi tetap terjaga
- Memperlancar hubungan dengan sesama
- Dan lain sebagainya
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
a) Sumber
Adalah dasar yang dipakai dalam penyampaian pesan dan dipakai dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.
Sumber sanggup berupa :
- Lembaga: Universitas, institut, akademi, sekolah tinggi, dan lain-lain.
- Personal : Rektor, dekan, direktur, saudara, dan lain-lain
- Non lembaga/non personal: buku anutan universitas, buku anutan fakultas, Undang-Undang Dasar dan lain-lain.
b) Komunikator
Dalam komunikasi, setiap orang ataupun kelompok sanggup memberikan pesan-pesan komunikasi itu sebagai suatu proses, dimana komunikator sanggup menjadi komunikan dan sebaliknya komunikan sanggup menjadi komunikator.
c) Pesan
Adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan sanggup secara panjang lebar mengupas banyak sekali segi, namun inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kepada tujuan tamat komunikasi itu.
- Cara penyampaian pesan: melalui lisan, tatap muka langsung/menggunakan media/saluran.
- Bentuk pesan : informatif, persuasif dan koersif
- Merumuskan pesan: umum, terang dan gamblang, bahasa jelas, positif, seimbang, sesuai dengan impian komunikan.
- Hambatan-hambatan terhadap pesan: kendala bahasa dan teknis.
d) Channel / Saluran
Adalah kanal penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan media. Media komunikasi sanggup dikategorikan dalam 2 bagian:
- Media umum : radio CB, OHP dan sebagainya
- Media massa : pers, radio, film dan televisi
e) Efek
Adalah hasil tamat dari suatu komunikasi, yakni sikap dan tingkah laris orang, sesuai / tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laris orang lain itu sesuai, maka itu berarti komunikasi berhasil, demikian juga sebaliknya.[5]
[1] Prof. Drs. H. A. W. Widjaja, Ilmu Komunikasi Pengantar Studi, Jakarta : PT Rineka Cipta, hal. 8-9
[2] ibid, hal. 64
[3] Nurudin, Sistem Komunikasi Indonesia, Yogyakarta : Bigraf Publishing, hal. 14-15
[4] Drs. Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, hal. 55
[5] Prof. Drs. H. A. W. Widjaja, op.cit., hal. 30-38
0 Response to "Manfaat Komunikasi Dan Unsur-Unsurnya"
Posting Komentar