iklan

7 Hal Dasar Ini Sanggup Menciptakan Bisnis Ikan Lele Makin Berkembang Pesat

Bisnis ikan lele merupakan salah satu perjuangan budidaya dibidang perikanan yang menguntungkan. Dari segi persiapanya bisnis ikan lele ini tidak mengeluarkan modal awal yang besar, tidak membutuhkan lahan luas dan tidak sulit pula dalam pemeliharaannya dibandingkan dengan bisnis ikan jenis lainnya, ibarat ikan nila, gurame, ikan patin dan ikan mas. Dari hasil pengamatan menunjukkan, sudah banyak orang yang sukses alasannya ialah berbisnis ikan lele ini. Namun hal yang menjadi catatan ialah tidak sedikit juga yang mengalami kerugian besar alasannya ialah salah langkah dalam mejalankan perjuangan budidaya ikan lele ini.  


Kegagalan dalam binis ikan lele tersebut terjadi alasannya ialah seseorang hanya melihat peluang bisnis, tanpa memikirkan resiko yang akan dihadapi kedepan. Untuk meminimalisir terjadinya kegagalan berikut ini 7 hal penting yang harus Anda perhatikan dalam mengawali bisnis ikan lele.


Bisnis ikan lele merupakan salah satu perjuangan budidaya dibidang perikanan yang menguntungkan 7 Hal Dasar Ini Dapat Membuat Bisnis Ikan Lele Makin Berkembang Pesat
Bisnis ikan lele  –  Gambar : Bibitlele.net

7 Hal Mendasar Dalam Bisnis Ikan Lele


1. Mindset


Tahap pertama dan merupakan tahap yang paling fundamental sebelum menjalankan bisnis ikan lele untuk mencapai kesuksesan. Yaitu rujukan pikir atau mindset yang benar. Sebelum mulai menjalankan perjuangan budidaya ikan lele ini, yang perlu Anda ketahui ialah keberhasilan perjuangan dalam sektor perikanan itu merupakan perjuangan yang tidak instan atau tidak berjangka pendek, alasannya ialah jenis bisnis ini butuh proses yang panjang sehingga membutuhkan kesabaran ekstra dalam prosesnya.


2.Pengetahuan Dasar


Dalam menjalankan bisnis itu tentunya Anda wajib mengetahui ilmu dasar dari bisnis yang akan Anda jalankan. Sama halnya bisnis ikan lele, jangan pernah Anda menginvestasikan uang Anda sepersen pun untuk bisnis ikan lele sebelum Anda mencari tahu teknik – teknik dasar budidaya ikan lele. Karena bisnis dalam sektor perikanan, mempunyai banyak hambatan dalam pembudidayaannya. Seperti proses pertumbuhan ikan dan cara mengatasi serangan penyakit.


Baca : Cara Ternak Lele Terpal dengan Sistem Pembenihan


3. Studi Kelayakan Bisnis ikan lele


Studi kelayakan membantu Anda untuk mengidentifikasi bisnis yang akan Anda jalankan. Studi kelayakan mencakup kekuakatan, kelemahan, bahaya dan peluang pasar. Dengan melaksanakan studi kelayakan Anda sanggup mengidentifikasi segala kebutuhan dan anggaran atau biaya yang akan Anda butuhan. Disamping itu Anda sanggup menambah ilmu lanjutan terkait bisnis yang akan Anda jalankan.


4. Pembukuan planning bisnis


Keberhasilan sebuah bisnis tidak terlepas dari keseriusan pelaku bisnis tersebut, hal ini menjadi salah satu faktor utama menuju sukes bisnis ikan lele. Anda harus mempersiapkan planning bisnis secara terperinci dan jelas. Disamping itu perencanaan seni administrasi bisnis pun wajib tertuang dalam planning bisnis Anda. Yang terpenting dalam pembukuan bisnis ikan lele ialah planning bisnis, sumber permodalan, modal pendukung dan seni administrasi jitu mengusai pasar bisnis ikan lele. Jika perlu Anda perlu jasa seorang konsultan dalam pembukuan planning bisnis Anda termasuk dalam memproyeksi keuangan yang akan Anda jalankan.


5. Lahan yang gampang diakses


Dalam bisnis ikan lele lahan merupakan faktor penting. Tentunya Anda harus menempatkan bak lele yang strategis, erat dari sumber air (sungai atau saluran irigasi), erat dari pasar dan sanggup diakses melalui jalur darat. Jika Anda tidak mempunyai lahan atau tanah dengan kriteria tersebut maka sebaiknya Anda menyewanya. Karena plot tersebut Akan membantu pelanggan dalam mengakses Anda.


6. Pasokan Sumber Air sanggup diandalkan


Dalam bisnis ikan ikan lele, perlu adanya pengoperasian air secara efisien. Tentunya dengan adanya sistem pengelola air, akan sangat membantu pengoperasian air kolam. Kebutuhan air harus terpenuhi tiap saat, disamping itu debit air yang berlebih atau lebih dikenal overhead juga tidak baik alasannya ialah ikan lele sanggup melompat dari kolam. Kaprikornus perlu adanya sistem input – output dalam pengelolaan air.


7. Konstruksi Kolam


Pembuatan bak harus didasari dengan konstruksi atau design yang baik dan matang. Konstrusi bak yang baik akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga kedepannya kalau terjadi kerusakan, Anda sanggup pribadi memperbaiki tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Konstruksi bak pada umumnya mencakup luas, bentuk, jenis materi bak serta sistem drainase bak lele.


Itulah tahapan sukses dalam bisnis ikan lele, tentunya masih banyak pembahasan dalam bisnis ikan lele yang akan kami berikan untuk Anda. Kami sarankan Anda untuk menambah wawasan terkait tahapan dasar sebelum memulai bisnis ikan lele. Karena sangat disayangkan ketika Anda menggeluti bisnis ikan lele akan tetapi Anda kalah dipertengahan jalan, padahal Anda sudah mengeluarkan biaya atau modal yang besar ketika bisnis ikan lele mulai Anda jalankan.


Bisnis ikan lele merupakan salah satu perjuangan budidaya dibidang perikanan yang menguntungkan 7 Hal Dasar Ini Dapat Membuat Bisnis Ikan Lele Makin Berkembang Pesat
Teknis dalam budidaya ikan lele

Sebagai Tambahan Reverensi untuk Anda silahkan baca artikel-artikel terkait seputar cara budidaya ikan lele yang telah kami bahas sebelumnya :



  1. Panduan Mudah Cara Ternak Lele

  2. Cara Ternak Lele, Panen Usia 2 Bulan

  3. Pembenihan Lele Pada Kolam Terpal

  4. Cara Membuat Pakan Lele Alternatif

  5. Cara Membuat Kolam Terpal




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Hal Dasar Ini Sanggup Menciptakan Bisnis Ikan Lele Makin Berkembang Pesat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel