iklan

5 Peluang Bisnis Digital Di Indonesia Yang Masih Greget

Dunia perjuangan ketika ini sudah bergeser dari lini bisnis offline ke online berbasis digital. Banyak pelaku perjuangan yang memadukan kedua dunia tersebut untuk memasarkan produknya. Bagaimana kondisi dan peluang bisnis digital di Indonesia? Tentu pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh orang-orang yang ingin masuk ke dalam dunia digital.


Banyak pengusaha yang sukses dalam mendirikan bisnis digital, yang oleh banyak kalangan disebut dengan start up atau perjuangan rintisan. Memang pertumbuhan start up di Indonesia tidak sanggup terbendung. Rata-rata start up yang berdiri dimotori oleh generasi muda milenial. Banyak pandangan gres unik dan tak pernah terpikirkan sebelumnya berhasil mengisi celah perjuangan dan menjadi sukses diminati pasar.


Sejak Kapan Bisnis Digital di Indonesia Mulai?                                        


Pertanyaan ini memang sulit dijawab, ada yang menyampaikan masa digital di Indonesia gres dimulai ketika munculnya Kaskus sekitar tahun 2008. Meski bersama-sama Kaskus sudah didirikan semenjak 1999 namun gres dibawa ke Indonesia pada tahun 2008. Kaskus bermula dari semacam lembaga di internet yang menjadi wadah para pedagang untuk mencoba menjajakan barang dagangan mereka dan menyebarkan info apapun yang menarik untuk dibagikan ke sesama pembaca.


Selain itu, ada juga yang mengatakan bisnis digital di Indonesia muncul semenjak internet sudah masuk ke Indonesia. Terlepas dari itu, kita akan bahas mengenai bagaimana perkembangan bisnis digital itu sendiri di Indonesia. Bagaimana peluang bisnis digital di Indonesia ke depannya?


Potensi Bisnis Digital di Indonesia


Potensi bisnis digital di Indonesia tentunya sangat menjanjikan. Hal tersebut terlihat dari bagaimana perkembangan bisnis digital ini tumbuh pesat. Perkembangan ekonomi Indonesia sudah mulai menunjukkan daerah bagi dunia kreatif berbasis digital dengan munculnya aneka macam macam startup.


Perkembangan startup berbasis marketplace yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu lapak sangat diminati masyarakat sebab disanalah masyarakat mendapat aneka macam pilihan produk dengan harga yang lebih murah dari pasaran offline. Tumbuhnya marketplace ini menjadi angin segar bagi UKM di Indonesia.


Hal di atas menciptakan para jago memandang bahwa potensi peluang bisnis digital di Indonesia akan terus tumbuh seiring dengan meningkatnya pengguna internet, semakin membaiknya infrastruktur komunikasi, dan semakin terjangkaunya harga smartphone. Berkaca pada data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 132,7 juta orang. Sebagian besar pengguna internet berasal dari pengguna smartphone.


Jumlah tersebut bisa menjadi pola para pelaku UKM di Indonesia untuk memulai perjuangan melalui bisnis digital. Karena peluangnya masih terbuka lebar, apalagi banyak konsumen yang lebih menentukan untuk belanja secara online dan melaksanakan kegiatan di dunia online. Hingga untuk pemesanan kamar hotel pun sudah banyak yang menentukan melalui jalur online.


Apa saja peluang Bisnis Digital di Indonesia?


Transportasi dan Akomodasi


Peluang bisnis digital di Indonesia untuk bidang transportasi dan fasilitas mungkin hanya dikuasai oleh beberapa pemain besar saja. Tetapi bila Anda mengetahui sejarah mereka, mereka yakni bisnis yang dibangun dari UKM dan menjadi besar sebab mempunyai penemuan dan perbedaan dari bisnis yang lainnya. Sehingga mereka bisa mendapat daerah di hati masyarakat Indonesia.


Tentunya dalam bisnis transportasi dan fasilitas Anda bisa menyediakan layanan yang gampang dan sangat membantu konsumen. Salah satunya yakni Traveloka, dan Tiket.com dua pemain besar yang menguasai bisnis tiket pesawat dan kereta di Indonesia serta kamar hotel.


Selain mereka berdua, terdapat pula Grab dan Gojek yang menyediakan fasilitas transportasi umum, dan jasa antar barang. Serta terdapat pula Bosbis.com, Bustiket.com, dan Redbus.com penyedia layanan tiket bus online.


Meskipun bidang digital transportasi sudah dikuasai oleh pemain-pemain besar, bukan berarti Anda harus gentar. Anda tetap bisa membangun bisnis digital di bidang transportasi dengan konsep yang berbeda-beda, dan bisa menunjukkan kepuasan kepada konsumen.


E-Commerce


E-commerce di Indonesia juga mempunyai perkembangan yang cukup signifikan. Buktinya setiap e-commerce selalu mendapat jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. E-commerce yang kata lainnya yakni Toko online menjadi sarana pebisnis ratail untuk mengubah haluan mereka dari offline ke online. Tentunya ini membuka toko-toko online lainnya.


Saat ini perkembangan e-commerce memang cukup menjanjikan. Cukup banyak e-commerce yang sudah cukup berkembang di Indonesia, sebut saja Berrybenka.com, Blanja.com, dan Elevenia serta masih banyak toko online yang ada di Indonesia. Konsep toko online sendiri mempunyai dua konsep, yakni B2B atau B2C.


Marketplace


Jika Anda ingin terjun ke dunia digital, maka Anda harus paham perbedaan Marketplace dan e-commerce atau toko online. Toko online sudah kita bahas, sekarang kita bahas mengenai marketplace. Marketplace yakni toko online yang menyiapkan daerah untuk para pedagang berjualan di daerah mereka.


Marketplace sanggup dikatakan menyerupai Mall. Dimana disana terdapat pedagang-pedagang yang menjajakan barang dagangannya dengan aneka macam jenis. Inilah konsep marketplace itu sendiri. Di Indonesia, marketplace cukup banyak. Kita bisa mengetahui Lazada.co.id, Tokopedia.com, dan Bukalapak ketiganya yakni Marketplace bukan e-commerce.


Peluang bisnis digital di Indonesia untuk posisi marketplace masih cukup menjanjikan meskipun sudah dikuasai oleh pemain besar, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk Anda maju sebagai pengusaha dalam bidang Marketplace. Anda bisa bersaing di bidang ini.


Financial


Dunia keuangan pun tidak mau tertinggal dengan kemajuan teknologi. Sekarang mungkin untuk mengajukan kartu kredit atau peminjaman dana Anda tidak perlu tiba ke Bank konvensional. Tetapi Anda semua bisa melakukannya secara online melalui Financial tecnology (Fintech) yang sudah hadir cukup banyak di Indonesia.


Peluang Fintech masih cukup menjanjikan. Terlebih masyarakat Indonesia sering melaksanakan peminjaman untuk dana pemanis di bank-bank. Anda bisa mencoba melaksanakan bisnis pada bidang ini dan raih kesuksesan dari bidang digital.


Jasa Digital


Jasa pun sudah bisa dilakukan secara digital. Peluang bisnis digital di Indonesia memang merambah segala lini bisnis yang ada. Anda yang mempunyai kemampuan digital marketing, pengembangan website, dan jasa tulis menulis sanggup membuka perjuangan di ketiga bidang tersebut. Usaha-usaha ini cukup menjanjikan dan sangat potensial. Anda bisa segera mencobanya untuk mendirikan perjuangan jasa digital.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Peluang Bisnis Digital Di Indonesia Yang Masih Greget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel