iklan

Prospek Bisnis Kayu Sengon

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Kenapa sih anda dianjurkan untuk melaksanakan bisnis ketimbang menjadi karyawan kantoran? Sebenarnya ada banyak laba jikalau anda mau memulai bisnis sedini mungkin. Keuntungan melaksanakan bisnis diantaranya ialah mempunyai pendapatan tak terbatas, jam kerja yang bisa diatur sendiri, membuka lapangan kerja untuk orang lain serta membantu perekomonian negara. Bisa jadi dengan melaksanakan bisnis anda bisa lebih sukses dan berdikari secara finansial dan mempunyai eksklusif yang berkarakter. Untuk itu temukan dulu bisnis apa yang hendak dilakukan.

Peluang Bisnis Kayu

 Kenapa sih anda dianjurkan untuk melaksanakan bisnis ketimbang menjadi karyawan kantoran Prospek Bisnis Kayu Sengon

Peluang bisnis ada dimana-mana bahkan tanpa disadari ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Salah satu peluang bisnis yang patut anda coba ialah prospek bisnis di bidang kayu. Kayu merupakan komoditas terbesar ketiga sehabis minyak mentah dan gas. China dan India menjadi salah satu negara konsumen dalam perdagangan kayu di dunia. Tak heran jikalau usul akan kayu selalu meningkat setiap tahunnya. Jika anda telisik lebih jauh  harga kayu tak dipengaruhi oleh  situasi ekonomi. Misalnya saja jikalau saham dan obligasi mengalami penurunan maka tidak dengan saham perusahaan yang komoditinya kayu.

Bisnis kayu juga tidak dipengaruhi oleh kemerosotan ekonomi dan panen kayu juga bisa ditunda sewaktu-waktu tidak menyerupai tembakau atau tambang tembaga. Inilah yang menciptakan bisnis kayu kian menarik untuk diikuti. Beberapa kayu yang jadi prioritas dalam perdagangan ialah sebagai berikut :

Kayu Jati

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang kokoh dan kuat. Kayu ini sering dimanfaatkan sebagai furniture atau bab dari pondasi rumah. Sebenarnya usul akan kayu jati ini setiap tahunnya selalu meningkat sayangnya produksi kayu jati masih memenuhi 10% drai usul yang ada.  Keunggulan kayu jati ketimbang jenis kayu lainnya ialah mempunyai serat yang halus dan gampang dibentuk. Kayu jati juga mempunyai zat alami sehingga rayap tak mau hinggap pada batangnya. Kayu jati juga sangat ulet sehingga tidak gampang melengkung. Tak heran jikalau kayu jati mempunyai harga yang cukup mahal di pasaran.

Kayu Pinus

Selain kayu jati ada pula kayu pinus yang kerap diperdagangkan. Kayu pinus memilik ciri-ciri berwarna krem dan bertekstur halus. Keunggulan kayu pinus ialah mempunyai serat kayu yang eksoktis sehingga kerap dijadikan benda seni atau aksesoris hiasan. Kayu pinus juga sangat gampang diproses  dan mempunyai standar tingkat kekeringan tinggi sehingga sering pula digunakan untuk kayu packing. Kayu pinus mempunyai berat yang ringan sehingga jikalau digunakan untuk furniture tidak terasa terlalu berat.

Kayu Mahoni

Ada pula kayu mahoni yang bisa anda jadikan peluang bisnis dibidang perkayuan. Pohon mahoni rata-rata mempunyai tinggi sekitar 35-40 meter dengan diameter sekitar 125 cm. kulit luarnya berwarna coklat kehitaman dengan kulit batang berwarna abu-abu. Kayu mahoni mempunyai kelebihan diantaranya ialah serat  kayu yang lebih bermacam-macam dengan penampilan yang lebih natural. Kandungan minyak alami pada mahoni juga sangat rendah. Kayu mahoni juga sering digunakan untuk alat music menyerupai untuk pembuatan gitar. Hal ini dikarenakan kayu mahoni mempunyai penampang yang sangat stabil.

Kayu Sengon

Tak hanya kayu mahoni saja yang berharga untuk diperdagangkan namun juga kayu sengon. Kayu sengon sangat gampang anda temukan disekitar lingkungan tempat tinggal. Keunggulan dari kayu sengon sendiri diantaranya yaitu mempunyai aksara kayu yang lurus dan  ringan sehingga gampang sekali dibentuk. Kayu sengon juga menghasilkan kubikasi lebih tinggi ketimbang mahoni alasannya batang bebas cabangnya saja bisa hingga 20 meter.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Kegunaan Kayu Sengon

Kayu sengon merupakan jenis kayu yang ada di tempat tropis dan tumbuh subur di pulau Jawa. Kayu sengon dikenal pula dengan nama kayu Albasia dengan masa pannen 4-5 tahun. Ciri-ciri dari kayu sengon diantaranya yaitu kayunya berjenis kayu lunak sehingga terasa empuk ketika dipegang.

Walaupun empuk tekstur kayu ini cenderung garang dengan bab tengah berwarna putih dan cokelat muda. Apabila anda menebang batang pohonnya maka akan tercium busuk menyerupai dengan kayu petai namun jikalau kayu telah mongering maka busuk petai tadi akan hilang dengan sendirinya. Kayu sengon mempunyai bermacam-macam manfaat diantaranya yaitu sebagai berikut :

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Kerap Dijadikan Bahan Bangunan

Kayu sengon ini sering dijadikan materi bangunan menyerupai untuk menciptakan kuda-kuda yang bisa menghemat biaya pembangunan hingga 40-50%. Kayu sengon kerap digunakan untuk pembangunan tiang pancang ataupun kontruksi ringan. Biasanya untuk menggunakan kayu sengon sebagai materi bangunan akan dilakukan proses pengawetan terlebih dahulu supaya lebih kuat. Pengawetan sendiri merupakan proses yang cukup panjang alasannya kayu akan melalui proses peleburan,penyemprotan, perendaman air hambar dan air panas kemudian dilanjutkan dengan disfusi gres kemudian di vakum.

Kayu sengon memang tidak absurd ditelinga masyarakat dan mempunyai harga yang cukup terjangkau. Jika kayu ini dikeringkan dan melalui proses perendaman menyerupai dalam pengawetan maka kayu sengon bisa bertahan 30-45 tahun lamanya.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Pakan Ternak

Keunggulan dari pohon sengon ini ialah daunnya bisa anda manfaatkan. Daun sengon mempunyai protein yang sangat tinggi sehingga kerap dijadikan materi pakan ternak alami. Biasanya sengon digunakan untuk pakan ternak sapi, kerbau atau kambing.  Tak hanya itu daun sengon juga sangat berkhasiat dalam menyerap nitrogen dan karbondioksida sehingga udara akan lebih bersih.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Dipakai Untuk Furnitur

Siapa bilang jikalau kayu sengon tak bisa digunakan untuk furniture? Karakter kayu sengon yang lunak dan ringan membuatnya sering digunakan untuk menciptakan keperluan rumah tangga menyerupai pintu, meja, papan, peti kemas hingga diharapkan dalam industry korek api. Selain itu kayu sengon tidak banyak mengalami perubahan ketika dipaku. Tak heran banyak pula yang menggunakannya untuk materi baku pembuatan barang yang mempunyai ukuran kecil. Jika dibandingkan dengan pohon mahoni ternyata kayu sengon lebih banyak menghasilkan kayu.

Ternyata tak hanya batangnya saja yang berkhasiat bahkan akar dari pohon sengon sangat ampuh untuk menyuburkan tanah. Pada akar pohon sengon terdapat nodul akar yang membantu porositas tanah.akar dari pohon ini juga tidak besar dan menyimpan banyak nitrogen didalamnya.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Jenis Sengon

Bagi anda yang mulai melirik bisnis kayu sengon ada baiknya juga mengenal bermacam-macam jenis sengon. Dengan memahami jenis sengon anda jadi bisa memilih pilihan untuk budidaya jenis sengon tertentu yang cocok dibudidayakan di sekitar lingkungan anda. beberapa jenis sengon yang dimaksud bisa anda simak sebagai berikut :

 Sengon Buto

Sengon jenis ini dikenal cepat sekali tumbuh ketimbang jenis sengon lainnya. Sengon buto akan tumbuh pada ketinggian 0-1000 mdpl dengan curah hujan sekitar 600-4800 mm/tahun.  Sengon ini juga bisa hidup di tanah berpasir ataupun asin. Tekstur kulit luarnya garang dengan warna cokelat kemerah-merahan. Sengon buto gampang ditemukan didaerah tropis bahkan di Amerika Utara jenis pohon ini tumbuh subur.

Sengon Laut

Sengon maritim merupakan jenis sengon yang  kerap anda temukan di tempat Jawa. Sengon inilah yang biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga menyerupai digunakan untuk menciptakan pintu, pondasi rumah dan kerajinan tangan.  Sengon maritim sangat gampang anda keringkan dan tidak sulit untuk menggergajinya. Tak salah jikalau sengon ini gampang dibentuk.

Sengon Solomon

Tak hanya sengon maritim saja yang sering dibudidaya namun juga sengon Solomon. Sengon ini sering dibudidayakan oleh para petani. Sengon Solomon jauh lebih tinggi ketimbang sengon lokal. Saat usianya mencapai 2 tahun tinggi sengon Solomon bisa mencapai 14 meter. Sengon Solomon bisa mencapai ketinggian hingga 40 meter dan diameter 100 meter. Sengon ini mempunyai akar tunggang dengan batang yang lurus menjulang.

Sengon Tekek

Jika dilihat sekilas sengon tekek mempunyai penampilan fisik yang sama dengan sengon laut. Batangnya cenderung berwarna merah dan sering dijadikan kayu bakar oleh masyarakat. Ujunng batangnya berwarna  merah kecokelatan. Kayu sengon tekek sangat gampang sekali dipatahkan. Sengon tekek juga sering digunakan untuk papan triplek atau materi dasar pembuatan kertas.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Cara Budidaya Kayu Sengon

Nah, banyak bukan jenis sengon yang bisa anda budidayakan. Setelah mengetahui jenis-jenisnya tentu anda ingin mengetahui bagaimana cara pembudidayaan sengon secara umum. Sebenarnya untuk membudidayakannya sangatlah gampang asal anda telaten dan giat. Berikut cara-caranya yang bisa anda simak berikut ini:

  • Persiapkan Bibitnya

Langkah pertama yang perlu anda lakukan tentu saja mempersiapkan bibit sengon.  Jika anda tidak menemukan bibit siap tanam maka anda perlu melaksanakan beberapa hal supaya bibit tersebut sanggup segera tumbuh. Pertama-tama didihkan air hingga mendidih kemudian masukan bibit tersebut. Biarkan 15-30 menit kemudian kemudian diamkan dalam air hambar paling tidak satu hari saja.

  • Pilih Lokasi Dekat Mata Air

Selanjutnya pilih lokasi yang strategis contohnya akrab dengan sumber air sehingga sengon sanggup segera menampakkan dirinya sehabis ditanam. Hindari menanam sengon di lahan yang mempunyai tanah liat. Siapkanlah lubang-lubang jikalau anda membeli bibit siap tanam. Penanaman bibit sengon sangatlah rentan sehingga gampang sekali mati atau layu. Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa lokasi berperan penting.

Selain itu kanal yang gampang akan mempermudah anda dalam mengangkut sengon ketika dipanen. Lokasi yang paling baik untuk bertanam sengon ialah ketinggian lahan harus maksimum 800 meter dengan suhu 18-27 derajad celcius. Kelembapannya harus antara 50-75 % dengan curah hujan 2000-4000 mm/tahun.

  • Penanaman Sengon

Setelah tanggapan menciptakan lubang untuk ditanami bibit sengon selanjutnya ialah menanam bibit. Sebelumnya buatlah ajir tanaman yang terbuat dari bamboo dan kayu. Lubang untuk menanam sengon paling tidak berukuran 30 x 30 x 30 cm. atur jarak satu sengon dengan sngon lainnya yakni 3×3 atau 2 x 3 meter.

Tidak lupa perlubang harus anda masukkan pupuk sangkar 2-4 kg per lubangnya. Berikan kapur apabila lahan cenderung asam dengan takaran 100 gram per lubang tanam. Alangkah baiknya jikalau menanam bibit sengon ini pada pukul 07-11.00 atau 15.00-17.00 supaya bibit tidak gampang stress. Ketika melaksanakan penanaman bibit maka  pastikan bibit ditanam tegak lurus.

  • Perhatikan Perawatannya

Tak hanya dalam proses penanaman bibit saja yang penting namun juga dikala perawatan sehari-harinya. Tanaman snegon juga butuh anda hilangkan gulma yang ada disekitarnya. Tak hanya itu saja cabang sengon yang tak berfungsi lagi juga butuh dipotong. Ketika tanaman sengon mati ketika belum dipanen maka segera ganti bibit yang mati tersebut dengan bibit yang sehat.

Jangan lupa untuk memberi pupuk setiap empat bulan sekali. Gunakan pupuk yang mengandung unsure P dan K sebanyak 100 gram tiap lubangnya. Lebih baik lakukan pemupukan pada pukul 06.00-09.30 atau 16.00-18.00.

  • Waktunya Panen

Setelah bertahun-tahun menjaga bibit sengon supaya tumbuh sehat tentu waktu yang paling dinanti pastilah ketika panen. Pohon sengon biasanya dipanen ketika berumur 5-7 tahun dengan dilakukan 3 teknik penebangan. Teknik tersebut diantaranya ialah teknik takik balik, teknik takik rebah dan teknik arah rebah.  Biasanya orang-orang akan menggunakan teknik takik rebah yakni  memotong sebagian sisi batang sejajar dengan arah rebah pohon. Usahakan jarak antara  alas dan takik rebah maksimum 5 meter saja. Begitulah tadi pembudidayaan tanaman sengon, gampang bukan ?

Prospek Bisnis Kayu Sengon

Ada beberapa faktor kenapa bisnis kayu sengon ini layak anda perjuangkan. Walau nilainya tidak setinggi jati namun dari segi perawatan dan bibitnya masih sangat terjangkau. Keuntungan budidaya kayu sengonpun bisa bikin balik modal anda. yuk intip beberapa analisis berikut ini untuk menawarkan anda citra lebuh dalam terkait bisnis kayu sengon.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Dilihat Dari Segi Permintaan

Kebutuhan akan kayu tak ada habis-habisnya begitu pula dengan kayu sengon. Kayu sengon dikenal baik oleh masyarakat sebagai materi baku furniture. Kayu ini dinilai lebih terjangkau sehingga biasa digunakan untuk materi pembangunan rumah. Dikarenakan batangnya yang jauh lebih lunak maka tak sedikit pula orang yang menggunakan kayu sengon untuk digunakan sebagai materi baku aksesoris hiasan menyerupai figura, patung hingga kursi.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Disimak Dari Segi Biaya

Untuk 1 hektar lahan biasanya diharapkan sekitar 1.100 bibit sengon. Untuk satu bibit sengon diperkirakan Rp.3.500-Rp.5.000 saja. Untuk masa panennya sendiri diharapkan 5-7 tahun. Anda akan dibebani biaya perawatan menyerupai pupuk, peptisida serta biaya tenaga kerjanya untuk mengurusi tumbuh kembang sengon ini. Bayangkan jikalau satu pohon dihargai Rp500.000 saja dan anda mempunyai 1.100 batang niscaya pendapatan yang didapat juga tak bisa dibilang sedikit.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Pemasaran Kayu Sengon

Untuk pemasaran kayu sengon sendiri anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan kayu sebagai materi bakunya. Misalnya saja industri mebel atau industri kertas. Perusahaan korek api juga membutuhkan sengon sebagai materi bakunya lantaran materi kayunya yang sangat gampang kering dibandingkan materi kayu yang lain. Apalagi jikalau anda mempunyai izin ekspor menyerupai angka pengenal ekspor dan jasa ekspedisi terpercaya. Untuk pajak ekspor sendiri di Indonesia dikenakan tariff 0 % yang tentu  malah membantu memaksimalkan laba anda.

Melihat banyaknya manfaat diatas bukan berarti kayu sengon tidak mempunyai kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kayu sengon diantaranya yaitu kayu ini gampang rusak lantaran bobotnya yang ringan dan teksturnya yang lunak. Apalagi jikalau sudah sering terkena cuaca yang tak memilih akan mempercepat pelapukannya.

Sebenarnya cepat atau lamanya kayu rusak juga dipengaruhi oleh perawatan serta bagaimana penggunaanya. Perawatan furniture kayu yang tidak benar akan  gampang menciptakan furniture tersebut rusak. Kayu yang masih muda akan lebih cepat rusak sehingga akan lebih baik anda memanen kayu sengon sempurna pada waktunya.

Setelah melihat klarifikasi diatas kira-kira kapan nih anda akan mencoba menjajal keberuntungan di prospek bisnis kayu sengon? Jika dana sudah ada dan lahan tersedia jangan ragu untuk memulainya dari kini sebelum bisnis ini menjadi marak dan ada kehilangan peluang lantaran ketatnya persaingan.


Sumber https://carajadikaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prospek Bisnis Kayu Sengon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel