iklan

Pentingkah Membersihkan Komputer Itu ?


Ternyata berbagai ancaman-ancaman yang mengintai komputer kita apabila tidak segera kita bersihkan. Salah satu misalnya ialah komputer kita yang berada pada ruangan yang mempunyai suhu yang tinggi dan banyak debu. Hal tersebut tentu akan menciptakan komputer kita juga ikut berdebu dan berakibat datangnya binatang-binatang kecil yang hinggap disitu. Salah satunya ialah semut, kecoa, laba-laba, bahkan jamur. Apabila sudah ada hewan disitu, maka dapat terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Membersihkan Komputer Itu Penting


Maka dari itu membersihkan komputer sangatlah penting bagi kita yang mempunyai komputer biar tetap terjaga dari abu maupun hewan tadi. Untuk membersihkan komputer juga tidak terlalu susah. Anda juga tidak perlu membersihkan setiap hari, cukup 2 ahad sekali atau sebulan sekali. Sesuaikan saja dengan kondisi, apabila 1 ahad sudah kotor ya tinggal bersihkan saja.


Cara Membersihkan Komputer


- Pertama putuskan pedoman listrik


Lepas semua kabel yang terhubung ke listrik di CPU serta di semua perangkat lain yang terhubung ke CPU menyerupai speaker, printer, monitor serta yang lain. Pastikan tak ada arus listrik yang masuk ke CPU baik secara eksklusif atau melalui perangkat lain menyerupai di atas.

- Kedua lepas perangkat yang terhubung


Lepaskan juga semua kabel yang terhubung ke CPU menyerupai mouse, keyboard, USB, speaker, LAN sehingga benar-benar tak ada kabel yang terhubung ke CPU.

- Ketiga bersihkan PSU (Power Supply Unit)


Lepas semua kabel PSU yang menuju ke semua perangkat lain dalam komputer menyerupai mainboard, harddisk, DVD room serta yang lain dapat masih ada. Lalu lepas baut pengikat PSU di casing. Bersihkan kipas PSU menggunakan kuas kecil yang halus secara pelan-pelan. Lalu tiup abu menggunakan blower atau alat peniup lain. Bila tak ada, diperbolehkan juga ditiup menggunakan lisan dengan tetap berhati-hati supaya tak abu tak terhirup. Bila PSU sudah habis masa garansi, tidak perlu ragu untuk membukanya supaya proses pencucian lebih gampang. Setelah dipastikan sudah bersih, pasang kembali tutup PSU menyerupai semula.

Salah satu manfaat dari membersihkan kipas PSU (Power Supply Unit) ialah untuk mestabilkan temperatur panas dalam PSU. Kipas yang terlalu kotor alasannya ialah tertutup abu membikin putaran kipas bergerak lambat sehingga PSU cepat panas.

- Keempat bersihkan perangkat dalam CPU


Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke motherboard menyerupai kabel CD room, harddisk serta RAM dari tempatnya. Bersihkan semua abu serta kotoran lain yang melekat di perangkat tersebut menggunakan kuas atau lap halus. Khusus untuk RAM, periksa juga konektor yang berwarna kuning keemasan. Bila terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil hingga mengkilap.

Kadang terjadi perkara komputer menyala, tetapi tidak terlihat tampilan apapun di monitor. Itu ialah salah satu imbas dari berkurangnya konektor RAM yang kotor. Perlu dibersihkan dengan cara di atas.

- Kelima bersihkan Motherboard


Setelah perangkat lain dilepas dari CPU serta dibersihkan, bab CPU yang masih tertinggal serta melekat di casing ialah motherboard. Lepaskan semua baut pengikat menggunakan obeng dengan hati-hati. Jangan teledor serta lengah supaya obeng tidak hingga merusak motherboard. Angkat dari casing, kemudian bersihkan menggunakan kuas halus secara pelan-pelan serta tetap berhati-hati. Kalau tidak yakin, lebih baik tiup abu serta kotoran lain yang melekat di permukaan motherboard menggunakan blower dengan sedikit berpengaruh hingga benar benar bersih. Lakukan juga hal ini di sisi belakang motherboard.

- Keenam bersihkan Kipas serta Heatsink Processor


Lepas semua pengikat heatsink dengan motherboard. Angkat pelan-pelan heatsink dari tempatnya. Kalau ditemukan kesulitan alasannya ialah thermal paste di bab bawah heatsink melekat bersahabat di processor, putar-puter heatsink secara pelan-pelan hingga terlepas.

Setelah terlepas, bersihkan semua abu serta kotoran lain yang melekat di heatsink serta kipasnya. Bersihkan juga sisa-sisa thermal paste di bab bawah heatsink. Bila membolehkan, pisahkan kipas dari heatsink supaya lebih simpel membersihkan serta satukan kembali bila sudah benar-benar bersih.

- Ketujuh bersihkan Processor


Angkat processor dari tempatnya, kemudian bersihkan semua abu serta kotoran lain yang melekat hingga bersih. Bersihkan juga sisa thermal paste yang melekat di processor. Bila processor sudah higienis jangan lupa untuk membersihkan dudukan processor di motherboard.

- Kedelapan bersihkan casing


Setelah semua perangkat akhir dibersihkan, tinggal satu yang belum yaitu rumah semua perangkat komputer alias casing. Bersihkan seluruh bab dalam serta luar casing. Pakai kain higienis yang telah dibasahi air. Bila perlu pakai cairan pembersih supaya casing semua kotoran yang sulit dapat hilang serta casing kembali higienis menyerupai baru. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering. Pastikan tak ada sisa-sisa air serta cairan sebelum casing kembali digunakan.

- Kesembilan merakit kembali


Bila semua perangkat sudah dipastikan bersih, casing juga sudah benar-benar higienis serta kering, tahap selanjutnya ialah merakit kembali semua perangkat yang telah dibongkar dserta dibersihkan.

Dimulai dari yang pertama yaitu memasang processor di tempatnya. Jangan lupa untuk mengoleskan thermal di semua permukaan processor secara tipis serta merata. Lalu pasang heatsink di dudukannya. Jangan lupa juga untuk mengoleskan thermal paste di bab bawah heatsink. Pastikan semua baut pengikat mengikat dengan benar.

Setelah itu, pasang motherboard serta perangkat lain menyerupai semula dengan urutan terbalik di ketika membongkarnya.

- Kesepuluh lakukan pengetesan


Pastikan semua perangkat telah terpasang serta tersambung secara benar. Bila perlu cek sekali lagi sebelum dilakukan pengetesan.
Dalam keadaan tutup masih casing belum dipasang, nyalakan komputer serta lihat proses yang berjalan. Apakah kipas processor sudah berputar normal, apakah kipas PSU (Power Supply Unit) juga berputar normal. Lihat juga di monitor, apakah sudah keluar tampilan komputer secara normal?
Bila masih ada yang belum normal silahkan periksa kembali, barangkali ada yang belum terpasang secara benar.

Tapi, bila semua sudah normal, berarti semua sudah beres. Tutup casing siap dipasang. Matikan dulu komputer kemudian lepas semua kabel yang terhubung ke CPU. Lalu pasang casing serta kencangkan baut.
Sambungkan kembali semua kabel menyerupai kabel listrik, kabel VGA atau kabel monitor, kabel mouse, kabel keyboard, kabel LAN, kabel speaker serta yang lain jikalau memang ada. Komputer siap beroperasi lagi.

Itu dulu tips dari komputer67, semoga dapat dipraktekan. Terimakasih.


Sumber http://komputer67.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingkah Membersihkan Komputer Itu ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel