iklan

Pengertian + Tumpuan Barang Subtitusi Dan Barang Komplementer

Pengertian dan Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer  | Berbagai macam kebutuhan insan terjadi demi kepuasan dan kelangsungan hidup. Untuk memenuhi hal tersebut maka diperlukannya alat pemuas kebutuhan. Alat pemuas kebutuhan tersebut sanggup berupa barang ataupun jasa. Klasifikasi barang berdasarkan hubungannya dengan benda lain dibagi menjadi barang subtitusi dan barang komplementer.

Pengertian Barang Subtitusi

Barang subtitusi merupakan barang pemuas kebutuhan insan yang saling menggantikan fungsinya dengan sempurna, artinya apabila tidak ada barang yang satu, maka sanggup digantikan dengan barang lainnya.

Dengan kata lain, barang subtitusi ialah barang pemuas kebutuhan yang dalam pemakaiannya sanggup saling menggantikan satu sama lain.

Contoh Barang Pengganti (Subtitusi)

Contoh barang pengganti atau subtitusi sanggup kita temukan pada 5 teladan barang berikut ini:

  1. Beras sanggup digantikan dengan jagung atau singkong.

Saat sedang lapar niscaya kita membutuhkan makanan, nasi merupakan masakan pokok orang Indonesia didampingi dengan lauk pauk. Tetapi dalam kondisi mendesak, kita sanggup menggantinya dengan jagung ataupun singkong. Karena kedua masakan ini mempunyai fungsi yang sama dengan beras yakni sebagai sumber energi untuk sanggup menjalankan acara sehari-hari.

  1. Kursi sanggup digantikan dengan tikar.

Apabila bangku kita dirumah misalkan rusak ataupun hilang, kita sanggup menggantinya dengan memakai tikar. Karena tikar mempunyai fungsi yang sama dengan bangku sebagai daerah untuk duduk. Alternatif tikar ini yang disebut dengan barang subtitusi.

Baca juga: 

  1.  Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  2. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga
  1. Bus sanggup digantikan oleh mikrolet.

Saat sedang ingin berangkat sekolah atau kerja, kalian ingin memakai bus. Namun pada ketika itu bus di jalan sedang mengadakan demo sehingga tidak ada yang jalan sama sekali. Karena keadaan yang sangat mendesak itupun, kalian sanggup memakai alternatif lain yaitu dengan memakai mikrolet/angkot.

  1. Gelas sanggup digantikan cangkir.

Pernakah ketika kalian dirumah ingin minum tetapi gelas dirumah kalian pada kotor? Jika pernah, otomatis kalian akan minum dengan memakai cangkir. Karena kedua benda tersebut mempunyai fungsi yang sama.

  1. Pertalite sanggup digantikan dengan pertamax.

Jika kalian pergi dengan memakai kendaraan beroda empat atau motor kalian niscaya tahu kedua benda ini, yaitu materi bakar minyak. Ketersediaan pertilite mungkin sering kali sangat jarang ditemui di SPBU. Apabila hal itu terjadi, kalian sanggup menggantinya dengan memakai Pertamax. Walaupun harga pertamax cukup mahal tetapi pertamax ini mempunyai fungsi yang sama dengan pertalite. Hubungan inilah yang disebut dengan Barang pengganti (Subtitusi).

Pengertian dan Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer  Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer

Pengertian Barang Komplementer

Barang Komplementer merupakan barang pemuas kebutuhan insan yang saling melengkapi fungsinya dengan baik, artinya jikalau suatu barang digunakan secara sendirian, maka barang tersebut tidak sanggup memenuhi kebutuhan secara maksimal atau bahkan tidak sanggup digunakan sama sekali.

Dengan kata lain, barang komplementer ialah barang pemuas kebutuhan yang dalam penggunaannya sanggup saling melengkapi. Barang ini gres sanggup dimanfaatkan apabila digunakan bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainnya.

Baca juga: 

  1.  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  2. [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya

 Contoh barang pelengkap (Komplementer)

Contoh barang pelengkap (komplementer) sanggup kita temui pada 5 teladan barang berikut ini:

  1. Gula dan kopi

Pernakah kalian menciptakan secangkir kopi? Mungkin apabila kalian pernah membuatnya, kalian akan membutuhkan sesendok gula putih. Karena apabila kopi dibentuk tanpa gula akan terasa pahit. Begitu sebaliknya apabila hanya gula saja, maka kalian hanya akan menciptakan air gula yang rasanya elok sekali.

Pengertian dan Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer  Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer

  1. Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse

Jika salah satu komponen tersebut tidak ada, maka komputer mempunyai fungsi yang terganggu, bahkan tidak akan sanggup digunakan sama sekali.

  1. Dispenser dan Galon

Dispenser dan galon merupakan dua barang yang saling melengkapi. Jika hanya ada galon, kalian niscaya kesulitan untuk menuangkan air. Begitupun sebaliknya, jikalau hanya ada dispenser, air apa yang akan ada tuangkan ke dalam gelas?.

  1. Buku dan Pena

Buku dan pena yang kalian bawa sehari-hari ke sekolah merupakan salah satu jenis barang komplementer. Kalian tidak akan sanggup menulis materi apa yang akan disampaikan oleh guru apabila tidak mempunyai keduanya.

  1. Kompor dan Gas

Saat kalian berada didapur otomatis kalian akan memakai dua benda ini. Jika salah satu diantara keduanya tidak ada maka kalian tidak sanggup memasak apapun. Misalnya, jikalau tabung gas habis maka kompor tidak akan menyala. Begitupun sebaliknya.

Nah itulah tadi Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa vote and share ! 

Kunjungi Artikel Lainnya:

  1.  [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya
  2. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  3. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pancasila [Kelebihan dan Tujuannya]
  4.  Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
  5. [Lengkap] Pengertian Mudharabah, Syarat, Rukun Dan Contohnya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian + Tumpuan Barang Subtitusi Dan Barang Komplementer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel