iklan

[Pengertian Dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, Dan Tersier

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier | Manusia di dunia tentu saja harus memenuhi kebutuhannya untuk sanggup bertahan hidup. Namun alat pemenuhan kebutuhan insan ini terbatas tidak sebanding dengan kebutuhan insan tidak terbatas.

Untuk mengatasi hal ini, insan mengelompokkan kebutuhan yang mereka perlukan ini berdasarkan intensitas atau disebut juga dengan tingkat kepentingan kebutuhannya. (Baca juga: 5 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia )

Dibawah ini yaitu macam-macam kebutuhan berdasarkan intensitasnya. Kebutuhan ini terbagi menjadi 3 yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Ketiga kebutuhan ini terdapat salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seseorang, sehingga hal ini mendorong orang itu untuk memperjuangkannya. Begitu sebaliknya, ada juga kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh seseorang, namun kebutuhan itu dianggap sebagai kebutuhan pelengkap saja.

Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer yaitu kebutuhan pokok, dasar dan utama yang harus dipenuhi oleh insan untuk sanggup menjalani hidup yang layak sebagai seorang  manusia. Hal ini berarti, kebutuhan primer ialah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi seseorang demi kelangsungan hidupnya. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi maka kebutuhan yang lainnya tidak akan terpenuhi juga.

Baca juga: 

  1.  Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  2. Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer
  3. [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

Contoh Kebutuhan Primer

 Manusia di dunia tentu saja harus memenuhi kebutuhannya untuk sanggup bertahan hidup [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Untuk bertahan hidup kebutuhan primer atau pokok yang harus dipenuhi insan yang utama ialah sandang, pangan, dan papan.

Namun seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan pendidikan serta kesehatan juga menjadi kebutuhan primer. Dimana, semua orang perlu pendidikan dan kesehatan untuk sanggup memenuhi segala kebutuhannya.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan insan yang dipenuhi sesudah kebutuhan primer terpenuhi atau disebut juga kebutuhan tambahan. Kebutuhan sekunder ini sifatnya melengkapi kebutuhan primer. (Baca juga: 5 Teori Hierarki Kebutuhan Maslow )

Kebutuhan sekunder sanggup mendukung kehidupan insan supaya sanggup berlangsung dengan baik. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, tidak akan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Namun kehidupan insan akan terdukung dengan adanya kebutuhan sekunder.

Kebutuhan sekunder setiap insan niscaya berbeda alasannya kebutuhan ini di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

  • Faktor lingkungan,
  • faktor psikologi  gaya hidup
  • dan tradisi

Contoh Kebutuhan Sekunder

 Manusia di dunia tentu saja harus memenuhi kebutuhannya untuk sanggup bertahan hidup [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Terdapat banyak pola kebutuhan sekunder insan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa pola dari kebutuhan ini ialah; olahraga, hiburan, sepeda motor, surat kabar, handphone, televisi, kulkas, mesin cuci, dan sebagainya.

Semua kebutuhan ini sangat diperlukan oleh manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder ini, maka kebidupan insan akan berlangsung dengan baik.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan Tersier merupakan kebutuhan yang terdapat sesudah kebutuhan primer dan sekunder jikalau telah terpenuhi. Kebutuhan tersier sering disebut dengan kebutuhan akan barang mewah. Kebutuhan tersier ini bersifat prestisius. Kebutuhan tersier ini bertujuan untuk meningkatkan status sosial seseorang atau berkaitan dengan memenuhi kebutuhan hobby yang dimilikinya.

Tidak semua orang sanggup memenuhi kebutuhan tersiernya. Kebutuhan tersier biasanya hanya sanggup dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat dimana yang mempunyai status kelas ekonomi yang tinggi atau orang-orang kaya.

Hiburan atau kesenangan belaka termasuk sifat dari kebutuhan tersier ini. Kebutuhan tersier ini tidak menghipnotis terhadap kelangsungan hidup manusia.

Baca juga: 

  1.  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  2. Pengertian dan Ciri Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis (Liberal) Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Contoh Kebutuhan Tersier

 Manusia di dunia tentu saja harus memenuhi kebutuhannya untuk sanggup bertahan hidup [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier
Mobil glamor termasuk salah satu kebutuhan tersier

Contoh dari kebutuhan tersier yaitu apartemen, perhiasan, vila, kendaraan beroda empat sport, pesawat pribadi dan lain-lain.

Namun hal ini perlu diketahui bahwa kebutuhan yang dikelompokkan berdasarkan intensitas kegunaannya setiap orang berbeda. Dalam hal ini berarti sanggup saja untuk si A yaitu kebutuhan tersier tetapi untuk si B dan status sosial si B barang tersebut termasuk kebutuhan sekunder.

Jadi, setiap kebutuhan insan itu berbeda-beda. Semua kebutuhan yang ingin dipenuhi seseorang itu sanggup dilihat dari keadaan sosial budaya dimana ia tinggal, pendidikan, dan juga pendapatan yang dimiliki. Ada barang yang termasuk sebagai kebutuhan tersier bagi seseorang, namun barang tersebut sanggup menjadi kebutuhan sekunder bagi orang lain.

Demikianlah apa itu Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri- Ciri Dan Tujuannya
  2. 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya
  3. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  4.  8+ Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Suatu Barang
  5. Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna [Lengkap]

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Pengertian Dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, Dan Tersier"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel