iklan

Ini Ia Tips Cara Merawat Merpati Anakan Biar Hasil Maksimal

Pada artikel kali ini kami akan membahas cara merawat merpati anakan. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menjaga kondisi indukan dan anakan.


Artikel merpati lainnya: Langkah Awal Budidaya Merpati


Cara Merawat Merpati Anakan dan Pemberian Pakan Indukan Yang Meloloh


Disaat piyik Anda berumur 1 – 7 hari, sumber pakan utama piyik berasal susu indukannya. Sehingga, indukan merpati perlu Anda berikan pakan yang kandungan gizinya tinggi. Pakan yang mengandung gizi tinggi yaitu millet (campuran beras merah dengan jagung, kacang tanah, kacang hijau, serta kedelai).


Sebelum menawarkan biji – bijian ke indukan, pastikan bahwa kondisi biji – bijian tersebut sudah bersih. Jika sudah higienis lebih baik lagi Anda beri conditioning oil ke biji – bijian sebelum diberikan ke indukan merpati. Fungsi dari conditioning oil yaitu untuk menambah vitamin, khususnya lemak. Selain itu conditioning oil sanggup membantu percernaan. Conditioning oil sendiri mempunyai banyak jenis. Anda sanggup memakai jenis olive oil atau lebih dikenal dengan minyak zaitun. Jika minyak zaitun sulit Anda dapatkan, Anda sanggup memakai virgin coconut oil. Jika jenis ini juga susah Anda dapatkan, Anda sanggup memakai minyak sawit.


Pada artikel kali ini kami akan membahas cara merawat merpati anakan Ini Dia Tips Cara Merawat Merpati Anakan Agar Hasil Maksimal
cara merawat merpati anakan (indukan meloloh)

Cara pencampurannya sangat mudah. Untuk 1 kg pakan, Anda sanggup mencampurkan conditioning oil sebanyak 1/2 sendok makan. Aduk hingga merata hingga biji-bijian tidak berminyak dan terliat mengkilat. Jangan berlebihan dalam memakai conditioning oil. Anda sanggup menawarkan condition oil 2 hingga 3 kali dalam seminggu saja. Untuk memenuhi kebutuhan protein merpati, tambahkan susu debu pada pakan yang sudah Anda campurkan condition oil, susu debu tersebut akan melekat pada pakan alasannya ialah terkena minyak, aduk hingga merata.


Cara merawat merpati oleh indukan dikala piyik Anda sudah memasuki umur 1 ahad biasanya indukan akan meloloh dengan bijian. Campuran pakan masih sama, hanya jikalau jagung ukuran bijinya besar, maka ada baiknya Anda mencari yang yang sudah berbentuk pecahan. Hal ini dimaksudkan supaya piyik lebih praktis mencerna pakan. Pemberian millet sangat manis untuk pertumbuhan bulu piyik. Berikan juga voer, pertolongan voer akan membantu memenuhi kebutuhan protein biar piyik Anda cepat besar.


Selama merpati Anda meloloh, cara merawat merpati yang harus Anda perhatikan ialah ketersediaan pakan supaya indukan tidak berkeliaran jauh untuk mencari kuliner di luar kandang. Selain tersedianya pakan yang cukup, penyediaan air untuk minum harus Anda perhatikan. Mulai dari kebersihan air hingga kebersihan wadahnya. Kebanyakan sumber penyakit yang menyerang merpati berasal dari air yang kurang bersih.


Cara merawat merpati selanjutnya ialah pantau dengan rutin perkembangan piyik Anda, mulai dari pertumbuhannya, kesehatan piyik, serta kebersihan lingkungan kandang. Saat meloloh merupakan masa dimana sangkar ternak merpati Anda relatif cepat kotor serta sarang cepat lembab alasannya ialah kotoran. Untuk itu pengontrolan hendaknya dilakukan secara intens biar Anda sanggup mengetahui waktu untuk membersihkan sangkar dan mengganti sarang.


Kebutuhan pakan piyik Anda akan terlihat meningkat sesudah berumur 2 minggu. Piyikan akan selalu merasa lapar sehingga dimasa ini pun indukan akan kewalahan untuk memenuhi kebutuhan pakan piyik. Saat indukan sudah malas untuk meloloh, Anda harus memastikan kebutuhan pakan dimalam hari terus tersedia. Sepanjang indukan meloloh, Anda tidak perlu menawarkan antibiotik. Hal ini dimaksudkan biar piyik membangun sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Piyikan dibiarkan untuk mengikuti keadaan dengan kuman yang ada dilingkungan sekitarnya. Namun jikalau ada indukan yang sakit, maka Anda perlu mengisolasinya dari sangkar biar yang lain tidak tertular. Cara merawat merpati pada usia 2 tahun harus dilakukan secara penuh perhatian.


Pada artikel kali ini kami akan membahas cara merawat merpati anakan Ini Dia Tips Cara Merawat Merpati Anakan Agar Hasil Maksimal
Beberapa sampel pakan merpati

Cara Merawat Merpati Anakan Pasca Disapih


Biasanya ada beberapa cara merawat merpati yang sering dilakukan oleh beberapa breeder. Salah satunya ialah memisahkan piyik dari indukan sebelum waktunya. Tujuannya ialah untuk menciptakan indukan cepat berterlur lagi. Hal tersebut bergotong-royong sanggup menciptakan piyik Anda akan merasa stres. Piyik merasa kurang kondusif alasannya ialah tidak ada proteksi dari induknya. Stres yang berlebihan pada piyik akan berdampak pada cepatnya pertumbuhan kuman didalam tubuhnya. Sehingga anakan akan praktis terkena penyakit. Selain itu mentalnya pun akan drop dan tidak mempunyai mental ketika diadu dengan merpati lainnya.


Cara merawat merpati pada dikala piyik sudah cukup umur dan sudah sanggup mencari makan sendiri ialah dengan menempatkan pada sangkar yang lebih besar. Tempatkan terpisah dari indukan. Jika Anda ingin tetap menyatukan indukan dan anakan, lebih baik cukup dengan indukan betina saja. Jika Anda satukan dengan indukan pejantan maka kemungkinan akan terjadi pertengkaran dalam memperebutkan makanan. Untuk mendapat anakan yang tidak liar, sebaiknya cara merawat merpati yang Anda lakukan ialah sering bermain dengan anakan. Bisa dengan cara memegangya dan memandikan. Kandang juga cukup terkena sinar matahari.


Pakan untuk piyik yang sudah disapih sama dengan merpati cukup umur ditambah grit. Sekali dalam seminggu Anda juga sanggup menambahkan cuka apel pada air minumnya. Pemberian tambahan sangat penting untuk pembentukan strukut badan piyik menjadi dewasa. Suplemen yang baik yaitu jenis centrum setengah tablet, pertolongan tambahan sanggup Anda lakukan 2 kali dalam seminggu. Pada dasarnya tahapan cara merawat merpati piyikan tumbuh menjadi dewasa, piyik harus merasa aman, nyaman, dan kebutuhan akan protein dan gizinya selalu terpenuhi.


sumber gambar: wikipedia, sularshome,tangifu




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Ia Tips Cara Merawat Merpati Anakan Biar Hasil Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel