iklan

Ini Ia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran

Desain Sistem Pemasaran Untuk Mendapatkan Konsumen Loyal Ini ia Pencapaian Terbaik Dari Sistem PemasaranTahukah Anda apa bahwasanya sasaran dari sebuah sistem pemasaran? Bila selama ini Anda menduga jawabannya yaitu penjualan, Anda terang sudah salah kira. Karena ternyata justru pencapaian terbaik dari sebuah sistem pemasaran terletak pada bagaimana mereka sanggup memperoleh sebanyak mungkin konsumen setia.


Bingung? Kalau masih resah berarti Anda masih harus menelaah kembali perbedaan antara pemasaran dan penjualan. Dalam goresan pena saya sebelumnya sudah terang sekali uraian mengenai perbedaan antara penjualan dan pemasaran. Meskipun serupa namun kedua hal tersebut sangat berbeda.


Untuk sekedar menjual, sistem pemasaran sederhana ibarat promosi, pembuatan iklan atau distributor penjualan di lapangan dengan gampang akan melakukannya. Tetapi untuk bisa mendapat kosumen loyal, pekerjaan dari pemasaran terang lebih rumit dari itu.


Membangun merk jangka panjang dan mendapat konsumen loyal merupakan goal/tujuan dari pemasaran. Hal ini tentu saja lebih kompleks dibandingkan dengan penjualan. Membangun merk mencakup banyak hal mulai dari promosi, produk, sasaran market, penentuan harga jual produk, hingga detail pada desain logo yang mempunyai ciri khas dan kekuatan.


Karena abjad konsumen loyal lebih dari sekedar konsumen yang mempunyai ketertarikan lebih pada produk Anda. Lebih dari sekedar berminat untuk membeli kembali produk Anda. Konsumen loyal merupakan bagian yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsumen loyal yaitu konsumen yang setia yang sangat puas dengan produk atau layanan Anda, sehingga mereka mempunyai antusiasme untuk memperkenalkan produk Anda pada orang lain.


Baca juga: 10 Langkah Penting Agar Logo Bisnis Yang Sedang Anda Bangun Punya Kekuatan Brain Washing


Desain Sistem Pemasaran Untuk Mendapatkan Konsumen Loyal Ini ia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran


sumber gambar: prestashop.com


Kriteria Konsumen Loyal Dalam Sistem Pemasaran


Konsumen loyal memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:



  1. Sukarela menawarkan umpan balik

    Konsumen loyal bersedia menawarkan input positif bagi perusahaan. Bilapun ada koreksi yang perlu mereka sampaikan, akan mereka sampaikan dengan cara baik tanpa maksud merusak nama baik. Justru setiap keluhan yang mereka sampaikan merupakan impian mereka Anda akan menawarkan layanan lebih baik.

  2. Sukarela melaksanakan rekomendasi

    Konsumen loyal akan menawarkan rekomendasi kepada keluarga, kolega dan rekan mereka untuk memakai produk dan layanan Anda. Mereka tak akan canggung membagikan kepuasan mereka akan layanan Anda, menceritakannya pada laman sosial media mereka dan memberi review positif untuk produk Anda.

  3. Bersedia memberi bantuan

    Konsumen loyal akan bersedia turut serta membantu perkembangan perjuangan Anda,membantu mendorong kemajuan perjuangan bahkan berani turut berperan mengatasi problem dalam perjuangan Anda. Mereka bisa jadi akan dengan sukarela membantu konsumen yang kesulitan dengan produk Anda, kesulitan untuk mendapat layanan pasca jual, atau justru lebih dari itu, membantu Anda menemukan investor gres untuk perjuangan Anda.

  4. Mempunyai toleransi

    Konsumen loyal mempunyai kemampuan bersabar yang tinggi. Ini yaitu tahapan tertinggi keberhasilan sistem pemasaran dalam mendapat konsumen loyal, saat mereka bisa mendapat konsumen yang mempunyai toleransi terhadap kekurangan produk dan layanan Anda. Mereka masih bersedia menunggu untuk keterlambatan yang Anda lakukan, bahkan saat satu waktu Anda tidak bisa melayani mereka dengan optimal.


Baca juga: 6 Tujuan Manajemen Pemasaran Yang Harus Anda Ketahui


Desain Sistem Pemasaran Untuk Mendapatkan Konsumen Loyal Ini ia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran


sumber gambar: erply.com


Desain Sistem Pemasaran Untuk Mendapatkan Konsumen Loyal


Lalu bagaimana seharusnya sebuah sistem pemasaran dibentuk untuk sanggup memperoleh sebanyak mungkin konsumen loyal? Beberapa panduan berikut ini bisa membantu Anda.



  • Utamakan pelayanan pasca jual

    Kebanyakan perusahaan memaksimalkan pelayanan sebelum penjualan dengan memasang SPG paling ramah, fasilitas pembelian dan lain sebagainya. Tetapi untuk bisa mendapat konsumen loyal, Anda harus menciptakan mereka terpuaskan dalam jangka panjang. Dan hanya dengan layanan pasca jual yang sepakat Anda bisa memperoleh ini.

    Sediakan jalur untuk bisa setiap konsumen berkomunikasi dengan nyaman pada customer service, ibarat membuka channel pelayanan via facebook. Aktifkan akun page facebook dan pastikan ada admin yang selalu siap bertugas untuk menjawab dan segera mengambil tindakan untuk setiap problem yang diajukan.

  • Pelayanan personal

    Beberapa perusahaan melihat fakta bahwa pendekatan personal yaitu cara efektif merebut hati konsumen dengan kuat. Bisa dengan selalu menjawab kritik melalui facebook dengan balasan personal, menyebut nama dan kadang disertai penjelasan beberapa hari setelahnya untuk memastikan problem telah terpecahkan.

    Beberapa perusahaan susu anak memakai pendekatan personal dengan mendata konsumen dan menghubungi mereka setiap beberapa periode. Bilamana konsumen masih setia dengan produk tersebut perusahaan akan menawarkan reward khusus. Di sini konsumen juga akan dilibatkan untuk membantu merumuskan produk.

  • Layanan previlege

    Previlege yaitu konsep pemberian layanan istimewa untuk konsumen dengan kelas tertentu. Beberapa perusahaan menawarkan cara ini untuk mencuri perhatian konsumen dan menyebarkan mereka menjadi konsumen loyal.

    Misalkan dengan menawarkan diskon khusus bagi konsumen setia saat mereka akan membeli produk gres keluaran perusahaan. Atau menawarkan tawaran bonus untuk konsumen setia berupa potongan harga di beberapa lokasi merchant.

  • Memaksimalkan manfaat

    Satu yang tidak akan terbantahkan yaitu saat produk atau layanan Anda menawarkan manfaat yang original. Konsumen hanya bisa mendapat manfaat tersebut dari produk atau layanan Anda. Ketika Anda berhasil merumuskan sebuah manfaat yang original ibarat ini, maka konsumen akan beranggapan menjadi bab dari perusahaan Anda yaitu sebuah kesempatan baik.


Itulah beberapa sistem pemasaran yang akan memudahkan Anda untuk mencapai sasaran terbesar dari sebuah pemasaran, yakni mendapat sebanyak mungkin konsumen loyal untuk perusahaan Anda.



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Ia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel