iklan

Contoh Dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jenis-Jenis, Contoh, Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan Ekonomi, serta Bagaimana Cara Mengatasinya | Kita telah metahui bahwa insan dalam memerlukan kebutuhan yang beraneka ragam demi bertahan hidup. Kebutuhan insan itu dengan bertambahnya hari tidak akan berkurang melainkan semakin bertambah, baik apa jenis kebutuhan itu maupun jumlahnya.

Mengapa hal ini terjadi? Karena sifat selalu merasa kurang puas merupakan salah satu sifat manusia, selain itu jumlah insan semakin meningkat. Hal ini menimbulkan kebutuhan insan akan selalu bertambah atau tidak terbatas.

Dengan kebutuhan insan yang tidak terbatas namun sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan itu terbatas disebut Kelangkaan.

Kelangkaan ekonomi merupakan salah satu dari beragamnya permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh manusia. Maka dari itu, problem kelangkaan ini sangat berkaitan dengan kebutuhan insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi

Berikut merupakan jenis-jenis kelangkaan ekonomi:

  1. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yakni segala sesuatu yang terdapat di alam yang terdiri dari sumber daya biotik serta sumber daya abiotik. Sumber daya alam diberikan oleh Sang Maha Pencipta yang telah tersedia di alam, tetapi masih harus perlu digali lagi supaya sanggup dimanfaatkan oleh manusia.

Dalam pemanfaatan sumber daya alam, jikalau dilakukan secara terus-menerus dan eksploitasi sanggup menimbulkan sumber daya alam yang tersediaatau untuk cadangan akan habis. Sehingga hal ini berdampak pada kelangkaan sumber daya alam tersebut.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Sumber daya insan merupakan sumber daya yang mempunyai manfaat besar bagi masyarakat, jikalau dalam penggunaan kemampuan yang dimilikinya dimanfaatkan secara optimal.

Sumber daya insan yang berkualitas dianggap sebagai salah satu sumber daya ekonomi yang langka.

Berdasarkan jumlahnya, negara Indonesia mempunyai sumber daya insan yang termasuk banyak. Namun, yang sumber daya yang berkualitas jumlahnya sedikit jikalau dibandingkan dengan jumlah kebutuhan di pasar tenaga kerja. Oleh sebab itu, banyak perusahaan di Indonesia ini memakai jasa para andal dari luar negeri.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal merupakan sumber daya yang berasal dari insan yang bertujuan untuk mempermudah terlaksananya proses produksi. Kelangkaan sumber daya modal berdasarkan pada kemauan dan kemampuan yang dimiliki insan itu sendiri.

Karena intinya setiap insan mempunyai sebuah kemampuan untuk menciptakan sumber daya modal tersebut. Salah satu cara menciptakan dumber daya modal ini yakni sebuah kemauan yang berpengaruh untuk bekerja keras dan berusaha pantang menyerah.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan atau Entrepreunership

Sumber daya kewirausahaan ini bersifat langka. Mengapa hal ini terjadi? sebab tidak semua orang bisa menjadi pengusaha atau pedagang. Untuk menjadi pengusaha seseorang harus memenuhi syarat yaitu mempunyai modal dan keahlian.

Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan Ekonomi Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca juga:

  1. [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya
  2. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi
  3.  [Pengertian dan Contoh] Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

Contoh Kelangkaan Ekonomi

Berikut yakni pola dari kelangkaan sumber daya ekonomi yaitu:

  • Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi di aneka macam kawasan di Indonesia sebagai jawaban konsumsi masyarakat yang berlebihan.
  • Kurangnya tenaga andal di Indonesia, sehingga menimbulkan perusahaan memakai tenaga ahlli dari luar negeri
  • Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Namun, sebab ketersediaan modal untu memenuhi teknologi pengolahannya terbatas, menciptakan Indonesia harus bekerja sama dengan pihak luar negeri untuk sanggup mengolah sumber daya alam tersebut dengan baik.

Faktor-Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menimbulkan sumber daya menjadi langka atau terbatas:

  1. Letak Geografis yang berbeda

Sumber daya alam di muka bumi tersebar secara tidak merata. Ada kawasan yang berlimpah akan minyak, dan ada yang tidak. Ada kawasan tanahnya subur, sebaliknya ada juga yang gersang.

Perbedaan letak geografis ini menjadi penyebab kelangkaan sumber daya alam, untuk mendapat sumber daya untuk memenuhi kebutuhan namun tidak terdapat di wilayahnya maka diperlukanlah pengorbanan yang lebih besar untuk mendapatkannya.

  1. Pertumbuhan Penduduk yang Cepat

Dimasa kini pertumbuhan penduduk lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa, hal ini menimbulkan suatu kesenjangan antara kebutuhan dengan produksi barang dan jasa.

  1. Kemampuan dalam Produksi

Kemampuan faktor produksi dalam proses produksi barang dan jasa mempunyai beberapa keterbatasan. Contohnya, tenaga kerja insan yang tidak sanggup diporsir terus menurus untuk bekerja sebab mereka juga membutuhkan waktu untuk istirahat.

  1. Perkembangan Teknologi yang Tidak Sama

Setiap negara dalam perkembangan teknologi tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berkembang sangat cepat. Namun di negara berkembang, kemajuan perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa berlangsung lebih cepat daripada berkembangnya teknologi.

Cara-Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Berikut merupakan beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan ekonomi antara lain:

  • Mengadakan penghematan dalam memakai sumber daya alam
  • Memelihara serta melestarikan sumber daya alam dengan baik dan berkelanjutan
  • Menciptakan alat pemuas kebutuhan yang gres atau barang pengganti (barang substitusi)
  • Meningkatkan dalam pengelolaan produksi aneka macam macam sumber daya alam di bumi ini, sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Demikianlah klarifikasi mengenai Jenis-Jenis, Contoh, Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan Ekonomi, serta Bagaimana Cara Mengatasinya.  Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan pengetahuan yang anda miliki bertambah.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier
  2. Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer
  3. Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  4. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga
  5. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel