iklan

Ciri-Ciri Novel, Jenis-Jenis, Beserta Pola Dan Penjelasannya

Ciri-ciri Novel – Tahukah kau apa itu novel? Mungkin sebagaian dari kita sudah pada tahu wacana apa itu novel, dan beberapa orang juga mempunyai pemahaman masing-masing wacana apa itu noevel. Akan tetapi semua pemahaman itu mengarah kepada satu pengertian.


Mengutip dari Wikipedia, novel yaitu suatu karangan prosa panjang yang mengandung sebuah rangkain dongeng kehidupan seseorag yang berada disekelilingnya dengan menonjolkan susila dan sifat dari setiap pelaku.




Ciri-ciri Novel


pixabay.com


Adapun ciri-ciri novel dan jenis-jenis novel yaitu sebagai berikut :



  1. Ditulis memakai narasi atau klarifikasi yang lalu didukung dengan deskripsi berfungsi untuk menggambarkan suasana insiden atau insiden yang sedang terjadi.

  2. Alur ceritanya kompleks.

  3. Jumlah kata umumnya dapat mencapai di atas 10.000 kata.

  4. Minimal jumlah halaman sebanyak 100 halaman.

  5. Minimal waktu baca satu buah novel 2 jam.

  6. Skala novel lebih luas daripada cerpen.

  7. Sifat novel yaitu realistis alasannya pengarang yang lebih tahu menahu dengan situasi yang digambarkan pada novel tersebut.


Jenis-Jenis Novel


pixabay.com


Novel mempunyai banyak jenis. Jika dilihat dari segi genrenya, novel terbagi menjadi lima jenis, yaitu:


1. Novel Romantis


Novel romantis merupakan novel yang ceritanya menggambarkan wacana kisah percintaan. Seperti contoh: Ayat-ayat Cinta, novel Dalam Mihrab Cinta, Cinta Suci Zahrana dan masih banyak lagi.


2. Novel Misteri


Novel misteri yaitu novel yang ceritanya menggambarkan wacana kisah-kisah atau dongeng penuh misteri yang biasanya dalam ceritanya menimbulkan teka-teki dan ingin tau para pembacanya. Contohnya: Metropolis, Sherlock Holmes, Rebecca dan lain sebagainya.


3. Novel Horor


Novel horor yaitu novel yang dalam ceritanya berisikan wacana suatu kisah yang menyeramkan, menciptakan para pembaca berdebar-debar dan menciptakan si pembaca merasa tegang. Biasanya dongeng dalam novel horor ini berkaitan bersahabat dengan alam-alam ghaib atau makhluk-makhluk ghaib. Contohnya: novel Dracula. novel Vampire dan lain sebagainya.


4. Novel Komedi


Novel komedi yaitu novel yang isinya menceritakan wacana sebuah dongeng yang mengandung unsur humoris atau kelucuan dan menciptakan si pembaca tertawa serta gaya pencitraannya lebih santai. Contohnya: Manusia Setengah Salmon, novel Marmut Merah Jambu, dan lain sebagainya.


5. Novel Inspiratif


Novel inspiratif yaitu novel yang isisnya menceritakan wacana dongeng yang menawarkan ide kepada para pembacanya. Tema yang disuguhkan yang membangun dan beraneka ragam menyerupai wacana pendidikan, ekonomi, kehidupan yang serba kekurangan, perjuangan, persahaban dan lain sebagainya. Contohnya: Negeri 5 Menara, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan lain sebagainya.


Jenis Novel Berdasarkan Kejadiannya


pixabay.com


Sedangkan berdasar kejadiannya novel terbagi ke dalam dua jenis, yaitu:


1. Fiksi


Novel fiksi yaitu novel yang tidak ada kejadiannya kasatmata di dunia atau tidak pernah terjadi. Novel ini hanya sekedar karangan atau fiktif belaka dari pengarangnya juga sebuah khayalan atau imanjinasi dari penulisnya. Contohnya: Harry Potter, Spiderman,Twilight, dan lain sebagainya.


2. Non fiksi


Novel non fiksi yaitu jenis novel yang benar-benar terjadi atau kasatmata kejaidannya serta pernah ada dan ilmiah. Contohnya: Sarjana Muda, Laskar Pelangi, Semua Ayah Adalah Bintang dan lain sebagainya.


Jenis Novel Berdasarkan Tokohnya


pixabay.com


Berdasarkan isi dan tokohnya novel terbagi menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut :


1. Teenlit


Novel jenis merupakan novel yang berisikan wacana kisah atau dongeng seputar kehidupan remaja. Contohnya: Rahasia Hati Lelaki, Dealova, Bisikan Dari Langit, Perahu Kertas dan lain sebagainya.


2. Chicklit


Novel jenis ini merupakan novel yang menceritakan seputar perempuan muda dan aneka macam permasalahan yang dihadapinya. Contohnya: Klub Santap Malam Rahasia, novel Pengakuan Si Gila Belanja, Miss Jutek, dan lain sebagainya.


3. Songlit


Novel jenis ini merupakan novel yang dibentuk menurut dongeng yang diambil dari sebuah lagu. Contohnya: Ruang Rindu, Lelaki Buaya Darat, Sebelum Cahaya, dan lain sebagainya.


4. Novel dewasa


Novel jenis ini merupakan novel yang berisikan wacana dongeng atau kisah orang-orang pandai balig cukup akal dan novel jenis ini hanya untuk dinikmati oleh orang-orang dewasa. Contohnya: Saman , novel On The Island, Larung dan lain sebagainya.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Novel, Jenis-Jenis, Beserta Pola Dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel