iklan

Cara Mengubah Pengaturan Bahasa Wordpress

WordPress merupakan platform CMS yang telah populer di dunia. Tentunya WordPress menyediakan pilihan bahasa yang banyak untuk beberapa negara. Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai mengubah pengaturan bahasa back-end admin panel saja.

Secara default WordPress akan melaksanakan instalasi bahasa inggris US bila anda tidak melaksanakan kustomisasi ketika melaksanakan instalasi. Untuk mempermudah penggunaan tentunya WordPress perlu kita ubah pengaturan ke bahasa Indonesia.

A. Cara Mengubah Bahasa Pada WordPress

  1. Masuk ke Admin Panel WordPress

    Pertama anda masuk ke admin panel dengan role Administrator melalui www.nama-situs.com/wp-admin

  2. Buka Menu General Settings

    Akses general setting dengan klik Settings -> General. Setelah anda berhasil masuk, scroll ke bawah dan ubah Site Language ke bahasa yang Indonesia atau bahasa lainnya. Atur juga Time Zone biasanya Jakarta WIB, Makasar WITA, dan Jayapura WIT. Kemudian atur juga Date Format dan Time Format sesuai selera anda. Kemudian klik Save Changes. Tunggu proses d0wnl0ad bahasa dari server WordPress.

    WordPress merupakan platform CMS yang telah populer di dunia Cara Mengubah Pengaturan Bahasa WordPress

  3. Selamat anda berhasil mengubah bahasa WordPress.

Kustomisasi Bahasa WordPress pada back end WordPress tidak hanya hingga disana. Jika anda mau melaksanakan instalasi manual, anda sanggup untuk melaksanakan instalasi bahasa anda sendiri dengan melaksanakan sunting code bahasa yang sudah anda install sebelumnya.

B. Cara Edit Bahasa Pada WordPress

  1. Masuk ke Direktori Bahasa WordPress

    Setelah anda berhasil melaksanakan step diatas anda akan menemukan direktori gres pada folder wp-content yaitu folder languages.Folder ini menyimpan data instalasi bahasa WordPress yang anda unduh dengan cara di atas.

    WordPress merupakan platform CMS yang telah populer di dunia Cara Mengubah Pengaturan Bahasa WordPressTerlihat ada file dengan akhiran id_ID yang merupakan instruksi bahasa menurut GNU. Semua file tersebut merupakan data dari bahasa Indonesia yang ada. Dua folder lainnya merupakan data bahasa untuk tema dan plugin bila pihak ketiga menyediakannya maka folder ini akan terisi dengan akhiran instruksi bahasa juga. Format po (portable object) dan mo (machine object) mempunyai fungsi masing-masing. po berisi teks translate yang sanggup diubahsuaikan dengan type string editor sedangkan mo merupakan bahasa biner yang sanggup dipakai oleh mesin penerjemah.

  2. Download Sublime Untuk Membuka File po

    Anda sanggup memakai Sublime untuk melaksanakan modifikasi bahasa. Sublime merupakan aplikasi teks yang sanggup membuka teks dengan type string khusus menyerupai PHP, HTML, CSS, C++, dan lain-lain. Namun, anda harus membeli lisensi untuk memakai software ini.

    WordPress merupakan platform CMS yang telah populer di dunia Cara Mengubah Pengaturan Bahasa WordPress

  3. Mengenal file bahasa WordPress

    File bahasa WordPress terdiri dari admin- untuk pengaturan back end sebagian besar, admin-network- untuk khusus pengaturan bahasa multi-site, continents-cities- untuk pengaturan bahasa negara dan kota dan nama instruksi bahasa itu sendiri yakni khusus pengaturan bahasa untuk menulis, upload dan menambah konten.

  4. Melakukan Edit Bahasa

    WordPress merupakan platform CMS yang telah populer di dunia Cara Mengubah Pengaturan Bahasa WordPressUntuk melaksanakan edit bahasa anda hanya perlu mengedit file dengan ekstensi po. Perlu diketahui untuk mengedit keseluruhan terdapat 15.000 baris instruksi yang perlu anda terjemahkan.

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel Cara Mengubah Pengaturan Bahasa WordPress. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengubah Pengaturan Bahasa Wordpress"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel