iklan

√ Cara Menghilangkan Noda Kunyit Di Baju Putih Dan Berwarna

Ketika memasak dengan rempah-rempah yang mempunyai warna pekat, Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah-rempah. Pasalnya, ada beberapa jenis rempah yang warnanya sangat pekat dan susah dibersihkan bila sudah menodai baju, salah satunya ialah kunyit.


Jika baju Anda terlanjur ternoda kunyit, Anda tidak perlu resah. Bacaterus akan memperlihatkan panduan cara menghilangkan noda kunyit di baju putih maupun berwarna. Cara ini sanggup membantu Anda untuk memudarkan noda kunyit biar baju Anda kembali terlihat higienis ibarat semula.


Pertolongan Pertama Menghilangkan Noda Kunyit


 Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah √ Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna


Ketika noda kunyit menempel pada baju Anda, lakukan pertolongan pertama untuk menciptakan noda kunyit tidak kering dan semakin sulit dibersihkan. Pertolongan pertama ini harus segera dilakukan kurang dari 60 menit sesudah baju ternoda kunyit. Berikut ini ialah panduan pertolongan pertama untuk mengatasi noda kunyit di baju:



  • Apabila noda kunyit menggumpal pada baju, bersihkan gumpalan noda kunyit dengan cara mengambil gumpalannya dengan tisu. Jangan menggosok noda tersebut biar tidak mencemari bab lain.

  • Bilas baju yang ternoda di bawah air yang mengalir.

  • Siapkan sebuah bejana berisi air bersih, kemudian tuangkan deterjen ke dalam bejana tersebut.

  • Rendam baju yang ternoda kunyit ke dalam bejana tersebut.


Pertolongan pertama ini mempunyai kegunaan untuk menciptakan noda kunyit lebih gampang dibersihkan. Sebelum Anda sempat membersihkan noda kunyit di baju, lakukan pertolongan pertama ini sesegera mungkin.


Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna


 Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah √ Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna


Noda kunyit yang menempel pada baju memang sangat mengganggu. Bahkan, nodanya pun terbilang sulit dibersihkan, tidak ibarat noda materi masakan lainnya yang lebih gampang dibersihkan. Bagi Anda yang kesulitan membersihkan noda kunyit, Bacaterus akan memperlihatkan panduan cara menghilangkan noda kunyit di baju sekaligus mencucinya. Cek langkah-langkahnya berikut ini:



  • Kikis noda kunyit yang menempel di baju dan lakukan pertolongan pertama menghilangkan noda kunyit ibarat yang sudah kami berikan di atas.

  • Oleskan deterjen cair ke bab baju yang ternoda. Gosok nodanya dengan memakai sikat gigi bekas. Deterjen cair ialah pilihan terbaik untuk membersihkan noda kunyit di baju alasannya ialah sanggup diserap oleh serat kain sehingga noda kunyit akan terangkat dengan mudah.

  • Masukkan baju ke dalam mesin basuh dan jalankan siklus mencuci ibarat pada umumnya. Sementara, bila Anda tidak mempunyai mesin cuci, baju sanggup dicuci secara manual dengan cara mengucek memakai kedua tangan Anda.

  • Apabila Anda mencuci di dalam mesin cuci, tambahkan 1 sdm cuka putih untuk mengangkat noda kunyit secara lebih sempurna.

  • Keringkan baju yang sudah dicuci tepat di bawah sinar matahari. Konon, sinar matahari sanggup memudarkan noda kunyit pada baju putih. Yuk, coba buktikan apakah baju Anda benar-benar terbebas dari noda kunyit bila dijemur di bawah matahari.


Cara ini merupakan cara sederhana yang banyak digunakan oleh masyarakat. Deterjen anti noda sejatinya sanggup mengangkat semua jenis noda, termasuk noda kunyit. Jadi, tak perlu mencari bahan-bahan lainnya untuk bisa menciptakan baju yang ternoda kunyit kembali higienis dan layak untuk dipakai.


Bahan Lain untuk Menghilangkan Noda Kunyit di Baju


Berbagai cara menghilangkan noda kunyit di baju sudah dicoba, tetapi noda kunyitnya tidak kunjung hilang. Selain memerlukan waktu, Anda pun membutuhkan derma bahan-bahan lainnya untuk mengangkat noda kunyit di baju. Berikut ialah bahan-bahan yang bisa Anda pakai untuk membersihkan noda kunyit di baju:



  • Baking Soda


 Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah √ Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna

* sumber: www.livestrong.com


Pengembang campuran yang satu ini memang populer sebagai materi gila untuk membersihkan segala jenis noda. Kali ini, kita akan memanfaatkan baking soda untuk membersihkan noda kunyit. Buat pasta yang terdiri dari abu baking soda dan air. Oleskan pasta ini ke bab yang ternoda. Biarkan pasta menempel pada baju semalaman dan gosok keesokan harinya. Ulangi cara yang sama bila noda kunyitnya masih ada.



  • Air Soda


 Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah √ Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna


Soda yang dimaksud di sini ialah air soda bening yang tidak mengandung gula. Air soda ini biasanya digunakan untuk menciptakan minuman soda gembira. Apabila Anda berhasil menemukan air soda tanpa gula, segera rendam baju yang ternoda kunyit di dalam air soda ini. Rendam selama semalaman biar noda kunyitnya berhasil luntur. Keesokan harinya segera basuh baju dengan deterjen.



  • Cuka Putih


 Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah √ Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna


Cara menghilangkan noda kunyit di baju ialah mencuci baju tersebut dengan deterjen dan sedikit embel-embel cuka putih. Akan tetapi, cuka putih tidak hanya bisa ditambahkan dikala mencuci, Anda pun sanggup memakai cuka putih untuk merendam baju yang ternoda kunyit. Rendam baju di dalam larutan cuka selama 2-3 jam, maka noda kunyit yang membandel akan memudar secara perlahan.



  • Pemutih


 Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah √ Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna


Apabila semua materi sudah dicoba tetapi noda kunyit tak kunjung hilang, saatnya menyerahkan proses pencucian noda dengan pemutih. Produk pemutih pakaian hanya sanggup digunakan untuk baju berwarna putih saja. Bahan kimia yang besar lengan berkuasa di dalam produk pemutih sanggup mengangkat noda kunyit yang sangat sulit dibersihkan.


Setelah menghilangkan noda kunyit dengan bahan-bahan ini, sebaiknya Anda segera mencuci baju dengan deterjen. Setelah simpulan mencuci, jemur baju di bawah sinar matahari. Sinar matahari yang terik akan membantu proses pencucian noda kunyit di baju secara alami.


Mengapa Noda Kunyit Susah Dibersihkan?


 Anda harus memakai celemek biar baju Anda tidak ternoda oleh rempah √ Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna


Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa noda kunyit sangat sulit dibersihkan? Berbeda dengan noda tomat, kecap, atau getah yang mungkin bisa dibersihkan dengan sangat mudah. Nah, Bacaterus akan memperlihatkan klarifikasi singkat mengenai alasan noda kunyit lebih sulit hilang dibanding jenis noda lainnya.


Kandungan zat curcumin di dalam kunyit yang mengakibatkan rempah ini menghasilkan warna kuning yang sangat pekat. Curcumin merupakan zat yang tidak sanggup larut dengan air, sama ibarat tinta spidol permanen yang tidak larut di dalam air. Oleh alasannya ialah itu, mencuci baju yang ternoda kunyit dengan air saja tidak cukup bisa untuk menghilangkan noda tersebut.


Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan air panas akan menciptakan noda kunyit semakin menempel sehingga sulit dibersihkan. Kami menyarankan untuk mencuci baju yang ternoda kunyit dengan air biasa. Jangan lupa gunakan deterjen anti noda untuk mempercepat proses menghilangkan noda kunyit.


Itulah banyak sekali cara menghilangkan noda kunyit di baju putih dan berwarna secara efektif. Ingat, penggunaan pemutih hanya berlaku untuk menghilangkan noda kunyit di baju putih saja. Jika noda kunyit juga menempel pada tangan atau bab badan lainnya baca artikel cara menghilangkan noda kunyit di tangan.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Menghilangkan Noda Kunyit Di Baju Putih Dan Berwarna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel