iklan

Cara Cek Ip Address Pc, Hp Dan Modem Paling Mudah

Cara Cek IP Address PC, HP Dan Modem Paling Mudah - IP Address atau alamat pengenal untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet. Alamai indentifikasi bentuk barisan angka ini. Setiap perangkat berbeda, mempunyai IP Address yang berbeda (Internet Protocol).

Ada dua jenis IP Address yaitu IP Address Statis yang diperbaiki, dan Dynamic IP Address yang akan berubah setiap kali kita terhubung ke jaringan.

Selain menjadi identitas perangkat yang mengakses jaringan, IP Addres juga berfungsi untuk mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan, jumlah jaringan apa yang sanggup dilihat dari alokasi IP Address yang ada.

Fungsi lain dari IP Address ialah untuk melacak keberadaan perangkat ini serta jejak pengguna internet. Untuk mendapat klarifikasi lebih lengkap perihal fungsi IP Address anda sanggup membaca Fungsi IP Address.

Agar sanggup memanfaatkan IP Address menyerupai di atas, tentunya Anda harus terlebih dahulu mengetahui IP Address perangkat tersebut.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mendapat IP Address dari perangkat yang terhubung ke jaringan, baik yang berupa smartphone maupun laptop atau PC.
 IP Address atau alamat pengenal untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet Cara Cek IP Address PC, HP Dan Modem Paling Mudah
Cara Cek IP Address PC, HP Dan Modem Paling Mudah


1. Cara Cek IP Address Smartphone
Smartphone juga mempunyai IP Address sebab smartphone ini juga terhubung dengan jaringan internet. Ada tiga cara yang sanggup dilakukan untuk mengecek IP Address smartphone anda, yaitu sebagai berikut:

a. Melalui Website
Jika smartphone Anda mempunyai koneksi dengan jaringan internet, Anda sanggup membuka beberapa situs yang sanggup memberitahukan IP Address smartphone Anda dengan memakai aplikasi browser yang terinstal di smarthone Anda. Menurut saya, ini ialah cara termudah untuk melakukannya.

Cara ini sanggup dipakai pada smartphone dengan sistem operasi Android, iOS, atau windows. Ada cukup banyak situs yang menyediakan layanan ini, termasuk:

http://locallhost.com - tampilan sederhana, cukup tampilkan IP Address smartphone anda
http://www.intip.net - menampilkan IP Address, browser yang digunakan, nama host dan negara (negara).
http://www.ipsaya.com - menampilkan informasi yang cukup banyak menyerupai IP Address, browser yang digunakan, proxy, tipe koneksi, ISP, kota dan negara, hingga perangkat digunakan.

b. Lewat Menu Wifi di Smartphone anda
Cara ini cukup rumit, untuk sanggup melakukannya Anda harus terlebih dahulu terhubung dengan wifi. Anda sanggup memakai wifi umum atau wifi pribadi.

Setelah tersambung ke wifi, buka sajian wifi, ketuk wifi yang tersambung ke perangkat Anda (catatan: penulis memakai smartphone Android 6.0), ini akan mengatakan beberapa informasi termasuk IP Address dan gateway perangkat Anda.

c. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Cara ini juga cukup gampang dilakukan Anda hanya perlu menginstal aplikasi pihak ketiga dari play store. Ada beberapa aplikasi yang sanggup Anda gunakan untuk mengecek IP Address smartphone Anda, salah satunya ialah aplikasi MyIP.

Aplikasi ini berukuran 16,51 KB akan menampilkan IP Address smartphone Anda dikala ini, serta nama host dan tipe koneksi.

2. Cara Cek IP Address Computer (Laptop atau PC)
Sama menyerupai di smartphone, kalau laptop atau pc Anda terhubung ke jaringan internet atau jaringan lokal, komputer Anda akan mempunyai IP Address tertentu sebagai alamat identifikasi perangkat.

Ada tiga cara yang sanggup Anda lakukan untuk mengusut IP Address komputer Anda, yaitu sebagai berikut:

a. Melalui Command Prompt
Untuk mengecek IP Address komputer anda dengan memakai command prompt pertama tentunya anda harus membuka command promt dulu.

Caranya, klik Start> klik Run di kolom pencarian (search) atau anda juga sanggup mengcekan shortcut Win + R pada keyboard. Setelah jendela Run muncul, ketik cmd di bidang yang tersedia untuk menampilkan jendela Command Prompt.

Baca juga: Pengertian Command Prompt

Pada jendela command prompt, ketik ipconfig sesudah itu tekan enter. Dalam beberapa detik, command prompt akan menampilkan IP Configuration komputer Anda. Selain menampilkan IP Address, beberapa informasi menyerupai gateway default dan lainnya juga akan ditampilkan.

b. Melalui Control Panel
Klik Start> Control Panel> Network and Internet> Network and Sharing Center sesudah itu pilih profil koneksi yang anda gunakan (aktif). Klik kanan pada profil koneksi, pilih opsi Status. Sebuah jendela akan muncul berisi konfigurasi IP komputer Anda, termasuk IP Address.

Baca juga: Fungsi Control Panel pada Windows

Anda sanggup klik Details untuk mendapat informasi lebih lengkap menyerupai subnet mask, gateway default, atau DNS. Baca juga: Pengertian DNS dan Fungsinya

c. Melalui situs
Untuk mengecek IP Address melalui website, komputer Anda harus terhubung ke koneksi internet. Ada beberapa situs yang sanggup Anda buka untuk mendapat informasi perihal IP Address laptop atau PC Anda, antara lain: http://whatismyipaddress.com.

Setelah Anda membuka situs ini dengan memakai browser di komputer Anda, halaman utama situs ini akan segera menampilkan IP Address laptop / pc Anda serta aneka macam informasi lainnya menyerupai ISP, layanan, kota, et al.

Situs lain yang menyediakan layanan pengecekan IP Address komputer Anda ialah http://ipaddress.com. Pilih tab sajian IP Saya yang sanggup Anda temukan di kepingan atas halaman.

Setelah itu halaman situs akan menampilkan IP Address dikala ini dari laptop / PC, ISP, Netspeed, Proxy, Sistem OPeration, kota dan negara, hingga zona waktu.

3. Cara Cek IP Address Modem
Jika Anda ingin melaksanakan konfigurasi lebih lanjut pada modem atau router, Anda harus tahu IP Address modem terlebih dahulu. Untuk mencari tahu, Anda sanggup melaksanakan langkah berikut:

Klik Start> Control Panel> Network and Internet> Network and Sharing Center> Local Area Network
Pilih profil koneksi modem yang Anda gunakan
Klik kanan pada profil koneksi dan pilih opsi Status.

Sebuah jendela akan muncul berisi konfigurasi IP komputer Anda, klik Details untuk mendapat lebih banyak informasi.

Lihat alamat Gateway, alamatnya ialah IP Address modem anda.
Anda sanggup mengubah alamat modem IP Address yang Anda gunakan kalau Anda menginginkannya. Untuk melaksanakan ini, Anda harus masuk ke modem panel admin.

Anda melaksanakan ini dengan mengetikkan modem IP Address yang sudah Anda kenal di address kafetaria browser dan tekan enter. Anda akan menemukan jendela login, biasanya username dan password defaultnya ialah admin.

Setelah berhasil login, Anda sanggup masuk ke sajian Interface Setup> LAN dan mengganti IP Address yang tercantum dengan IP Address yang Anda inginkan.

Setelah itu simpan perubahan anda. Sebagai catatan, sebelum melaksanakan ini, Anda harus mengganti IP Address komputer Anda menjadi default terlebih dahulu, kalau tidak, Anda tidak akan sanggup masuk ke panel admin modem.

Untuk mengetahui lebih terperinci bagaimana cara mengganti IP Address bawaannya, anda sanggup membaca cara mengganti IP Address yang dinamis menjadi statis.

Demikian pula 3 cara untuk mengecek IP Address yang sanggup Anda lakukan, baik untuk mengecek IP Address pada modem Smartphone, PC atau Laptop atau IP Address yang Anda gunakan.

Anda sanggup mengusut melalui situs web, aplikasi lain, melalui sajian pengaturan smartphone, atau melalui command prompt dan Control panel pada komputer.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Ip Address Pc, Hp Dan Modem Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel