Autocorrect: Menambah Dan Menonaktifkan Spelling Pada Excel
AutoCorrect di Excel yaitu fitur yang membantu pengguna untuk melaksanakan input data strings/teks dengan cepat serta melaksanakan koreksi data pada worksheet ketika terjadi kesalahan spelling data yang dimasukkan pengguna. Kosakata akan diperbaiki sesudah pengguna berpindah ke sel lainnya atau menekan spasi sesudah kata yang salah. Anda sanggup menambah keyword serta menonaktifkan Spelling Pada Excel dengan mengakses pengaturan AutoCorrect. Berikut kegunaan / fungsi dari AutoCorrect pada Microsoft Excel
- Koreksi teks atau string. Misalkan terjadi kesalahan ketik “beutiful” akan dikoreksi menjadi “beautiful” pada sel.
- Memasukkan simbol khusus yang tidak sanggup diakses keyboard secara langsung. Misalkan ketika anda mengetik “(c)” secara otomatis simbol “©” dimunculkan pada sel.
- Membuat shortcut otomatis untuk keyword yang sering anda gunakan. Microsoft Excel akan memperlihatkan rekomendasi keyword ketika anda mulai mengetik kata.
- Memperbaiki aksara kapital. Misalkan ketika anda mengetik “sunday” akan diperbaiki menjadi “Sunday”.
Pada tutorial berikut dijelaskan mengenai Menambah Spelling, Menambah Pengecualian Spelling dan Menonaktifkan Spelling.
A. Cara Melihat dan Menambah Kosakata Pada Spelling Microsoft Excel
-
Klik Tab File pada Ribbon Microsoft Excel
-
Pilih Options sehingga jendela Excel Options terbuka
-
Kemudian klik Proofing → AutoCorrect Options → AutoCorrect
-
Anda sanggup melihat arahan simbol serta koreksi teks pada kawasan yang ditandai nomor 4
-
Anda sanggup menambah kosakata gres dengan mengisi kolom Replace (teks yang akan diperbaiki) dan With (teks pengganti)
Klik Add untuk menambahkan kosakata baru
-
Klik OK pada jendela Auto Correct (5)
-
Klik OK pada jendela Excel Options (6)
B. Cara Menambah Pengecualian / Exceptions Kosakata Spelling Pada Excel
Untuk menambahkan pengecualian kata yang dikoreksi fitur AutoCorrect lakukan langkah diatas hingga jendela AutoCorrect terbuka menyerupai gambar berikut dan klik Exceptions
Sehingga terbuka obrolan AutoCorrect Exceptions
-
Untuk menambah pengecualian koreksi kosakata
Klik Add untuk menambahkan.
-
Untuk menambah pengecualian aksara kapital
Klik Add untuk menambahkan.
- Klik OK untuk menyimpan exceptions
Simpan pengaturan anda dengan klik OK pada obrolan AutoCorrect dan klik OK lagi pada obrolan Excel Options.
C. Cara Menonaktifkan Spelling Pada Excel / AutoCorrect Pada Excel
Untuk menonaktifkan Spelling lakukan langkah diatas hingga jendela AutoCorrect Terbuka menyerupai gambar berikut
Hapus centang fitur yang ingin anda non-aktifkan
-
Show AutoCorrect Options buttons
Berfungsi untuk menampilkan tombol AutoCorrect pada Microsoft Excel, disarankan untuk tetap mengaktifkan fitur ini.
-
Correct TWo INitial CApitals
Berfungsi untuk memperbaiki aksara kedua apabila aksara pertama dan kedua kata yang diketik pengguna yaitu aksara kapital. Misalkan pengguna mengetik “ADalah” diperbaiki menjadi “Adalah”.
-
Capitalize first letter of sentences
Untuk merubah aksara pertama kalimat sebagai aksara kapital.
-
Capitalize names of day
Memperbaiki penulisan aksara kapital pada nama hari.
-
Correct accidental use of cAPS LOCK key
Memperbaiki kalimat atau kata ketika tombol Caps Lock tidak sengaja aktif.
-
Replace text as you type
Untuk memperbaiki spelling dengan library yang ada maupun yang dimasukkan pengguna. Library yang dimaksud yaitu kosakata pada langkah a.
Simpan pengaturan anda dengan klik OK pada obrolan AutoCorrect dan klik OK lagi pada obrolan Excel Options.
Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel
Sekian artikel AutoCorrect: Menggunakan dan Menonaktifkan Spelling Pada Excel. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…
Sumber https://www.advernesia.com/
0 Response to "Autocorrect: Menambah Dan Menonaktifkan Spelling Pada Excel"
Posting Komentar