iklan

Apakah Perlu Sumbangan Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?

Saat ini sudah banyak peternak pemula yang mencoba peruntungan untuk berbisinis ternak ayam. Baik itu ternak ayam petelur maupun ayam pedaging. Untuk menanggulangi serangan penyakit pada ternak ayam, terkadang para peternak ini sering menawarkan vitamin ayam ketika akan menawarkan makan pada ternaknya.


Apakah Anda pernah bertanya – tanya, apakah sumbangan vitamin ayam setiap hari perlu dilakukan? Dan apa kegunaan dari vitamin ayam tersebut untuk sang ayam serta bagaimana cara sumbangan vitamin secara baik dan benar? Kami akan mengulasnya pada artikel kali ini.


Saat ini sudah banyak peternak pemula yang mencoba peruntungan untuk berbisinis ternak aya Apakah Perlu Pemberian Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?
Ternak ayam

Pada dunia peternakan dan kesehatan binatang vitamin termasuk kedalam jenis pakan pelengkap yang berupa nutrisi (feed supplement). Selayaknya makhluk hidup lainnya, ayam dalam suatu peternakan sering mengalami kekurangan zat gizi atau defisiensi nurtisi yang di sebabkan oleh banyak sekali faktor.


artikel terkait ternak ayam: Ayo Ternak Ayam Arab Dan Raih Keuntungannya


Pada dasarnya pakan ayam yang dijual dipasaran telah ditambahkan beberapa vitamin oleh para produsen pakan ternak. Pakan ternak yang beredar dipasaran biasanya sudah dalam bentuk pelet dan bentuk lainnya. Tetapi, Jika Anda hanya mengandalkan vitamin dari pakan pabrikan, itu tidak akan cukup. Oleh lantaran itu disarankan untuk Anda menambahkan vitamin pelengkap melalui air minum ataupun pakan. Sesungguhnya ternak ayam hanya membutuhkan sedikit vitamin, akan tetapi vitamin sangat besar pengaruhnya pada aktifitas metabolisme dalam tubuh. Vitamin ayam menurut kelarutannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu larut dalam air ibarat vitamin C dan B komplek. Serta vitamin yang larut di dalam lemak ibarat vitamin A,D, E dan K.


Perbedaan vitamin ayam larut dalam lemak dan larut dalam air yaitu apabila terjadi kelebihan asupan vitamin dalam tubuh, maka vitamin yang larut dalam air akan dibuang melalui kotoran atau feses ayam. Sedangkan untuk vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan didalam badan ayam. Meskipun sanggup disimpan dalam tubuh, namun sumbangan vitamin dalam masakan tetap harus tercukupi. Sebab, apabila terjadi kekurangan vitamin maka untuk merombak vitamin agar sanggup dipakai kembali oleh badan cukup membutuhkan waktu yang usang dan energi yang cukup besar.


Ayam akan sangat gampang terjangkit penyakit metabolisme apabila kekurangan vitamin didalam tubuh. Oleh lantaran itu asupan vitamin ayam harus tetap tercukupi. Adapun beberapa tanda-tanda yang muncul apabila ayam Anda mengalami kekurangan vitamin tertentu yaitu sebagai berikut:



  • Kekurangan vitamin A, sanggup menjadikan pertumbuhan badan ayam menjadi terganggu serta produksi telur akan menurun.

  • Kekurangan vitamin D, akan menjadikan cangkang telur menjadi tipis, terjadi rachitis (tulang melunak), lambatnya pertumbuhan dan hasil produksi telur akan

  • Kekurangan vitamin K, sanggup menjadikan pembekuan darah serta pendarahan pada otot.


Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam sumbangan vitamin ayam pada ternak yaitu sebagai berikut:



  • Pemberikan vitamin C murni jangan terlalu banyak, apalagi dalam takaran tinggi. Sebab sumbangan vitamin C dalam jumlah banyak merupakan sebuah pemborosan. Mengingat bahwa kelebihan vitamin C pada badan ayam hanya akan dibuang oleh melalui feses.

  • Pada ayam ras / petelur, kelebihan vitamin B dan C akan dibuang terus menerus lewat pencernaan. Hal ini sanggup membebani ginjal ayam, lantaran masa produksi ayam ras atau petelur jauh lebih usang dibandingkan dengan ayam pedang atau broiler.

  • Pemberian vitamin yang berlebihan juga sanggup menawarkan imbas samping yang berupa toksik. Misal, sumbangan vitamin A yang berlebihan atau sebanyak 4 sampai 5 kali lipat dari kebutuhan normal dari badan ayam maka akan mengakibatkan keracunan pada ayam. Keracunan vitamin A juga sanggup merusak organ hati.

  • Kelebihan vitamin D juga sanggup meyebabkan kotoran ayam berwarna putih jawaban pengapuran pada tulang ayam dan di iringi dengan turunnya nafsu makan atau turunya konsumsi pakan.

  • Keracunan vitamin biasanya hanya terjadi kalau sumbangan vitamin dilakukan dengan takaran tinggi dan dalam jumlah yang melebihi batas normal. Selain itu pencampuran yang tidak merata juga sanggup menjadi pemicu terjadinya kelebihan asupan vitamin.

  • Peternakan ayam petelur sangat beresiko terjadinya pencampuran masakan dan vitamin yang tidak merata. Sebab pada umumnya pencampuran dilakukan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri (self mixing).


Jadi pada pada dasarnya pencampuran atau penambahan vitamin ayam pada pakan dan minuman harus dilakukan secara bijaksana sesuai hukum yang telah ditetapkan oleh produsen dan tercantum dalam bungkus vitamin ayam tersebut.


Saat ini sudah banyak peternak pemula yang mencoba peruntungan untuk berbisinis ternak aya Apakah Perlu Pemberian Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?
Sampel vitamin ayam

Demikian klarifikasi perihal perlu tidaknya sumbangan vitamin ayam pada binatang ternak Anda. Intinya, sumbangan vitamin ayam perlu memperhatikan kondisi dari ternak Anda. Apakah perlu diberi vitamin atau tidak. Sehingga sumbangan vitamin sempurna sasaran dan tidak sia – sia. Semoga artikel ini sanggup membantu dalam menjalankan bisnis ternak ayam Anda menjadi lebih sukses lagi.


artikel ayam lainnya: Analisis Usaha Ayam Potong Yang Menguntungkan


sumber gambar: viternaplus, docayamsuper




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apakah Perlu Sumbangan Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel