iklan

11 Manfaat Firewall Pada Jaringan Komputer

11 jaringan komputer yang tentunya mempunyai fungsi utama melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer lain.

Selain itu, definisi firewall juga mengacu pada perangkat yang bertindak untuk mengendalikan jalan masuk jaringan langsung kepada siapapun yang tidak mempunyai akses. Perusahaan besar dikala ini memakai banyak jaringan intranet dalam pengelolaan data. Hal ini tentunya tak lepas dari jalan masuk internet.

Oleh sebab itu, untuk melindungi aset dan data digital perusahaan dari serangan h4ck3r, spionase dan pencuri data lainnya, firewall sangat penting untuk melindungi mereka.

 Mungkin bagi sebagian orang yang jarang bergelut di dunia IT kurang mengenal istilah ini 11 Manfaat Firewall Pada Jaringan Komputer
11 Manfaat Firewall Pada Jaringan Komputer


Agar Firewall menjaga keamanan suatu data, maka dibutuhkan aktivasi via internet. Perangkat ini berfungsi sebagai gerbang keamanan untuk dilalui antara jaringan eksternal dan juga jaringan internal.

Selain melindungi komputer dari siapapun yang tidak mempunyai akses, firewall juga mempunyai beberapa manfaat lainnya, diantaranya:

Firewall berfungsi sebagai sistem yang mengatur komunikasi antara dua jaringan yang berbeda.
Firewall yang mempunyai kegunaan menyimpan data dan informasi belakang layar yang berharga yang menyelinap masuk ke jaringan internal tanpa sepengetahuan Anda.

Misalnya: dalam organisasi atau perusahaan, FTP (file transfer protocol) kemudian lintas jaringan internet akan dikendalikan oleh firewall untuk mencegah pengguna jaringan mengirimkan file disengaja atau disengaja disengaja ke pihak lain.

Firewall sanggup mencegah jalan masuk tidak sah ke atau dari jaringan pribadi. Sistem ini biasa diimplementasikan di perangkat lunak (software) atau perangkat keras komputer (hardware) atau bahkan kombinasi keduanya.

Firewall sanggup melindungi dan mencegah komputer dari filter virus dan hal-hal lain yang berpotensi merusak, mengetuk dan bahkan mengambil alih jalan masuk komputer kita.

Firewall ini akan membantu mengawasi setiap pesan yang masuk dan diblokir kalau pesan tersebut tidak sesuai dengan kriteria keamanan jaringan.

Sistem firewall akan mengotorisasi kemudian lintas jaringan komputer yang dianggapnya kondusif untuk dilewati sehingga kalau ada jaringan yang dianggap tidak kondusif maka tidak akan masuk.

Perangkat firewall ini akan mengatur, memfilter, dan mengendalikan semua data yang masuk melalui jaringan. Fungsi ini mencegah pengguna untuk menyebarkan file, dan bermain dengan jaringan. Aplikasi menyerupai ini akan sangat bermanfaat terutama di perusahaan atau organisasi.

Firewall sanggup mencegah modifikasi data yang tidak sah di situs web. Contoh: dalam akurasi data perusahaan bisnis sangat penting menyerupai keuangan, spesifikasi produk, harga produk, dll sehingga data tidak sanggup diubah oleh sumber eksternal sebab akan merugikan perusahaan.

Firewall memastikan ketersediaan sistem. Jika sistem tidak tersedia bagi pengguna pada waktu yang tepat, hal itu sanggup menjadikan turunnya produktivitas karyawan, kehilangan kepercayaan konsumen, dan sebagainya.

Firewall akan mengontrol dan memantau paket data yang ada di jaringan. Bila firewall pada jaringan diaktifkan maka sistem ini akan menentukan dan menentukan paket data yang akan diakses. Di sinilah tugas firewall untuk meneruskan konten yang kondusif dan mencegah konten yang tidak kondusif masuk ke komputer.

Firewall sanggup memblokir konten berbahaya dan konten yang tidak diinginkan lainnya. Agar konten semacam itu tidak gampang diakses siapa pun, firewall sanggup memblokir konten ini dengan mengonfigurasinya secara manual.

Dalam memantau, mengendalikan dan menyaring jalan masuk komputer yang tidak sah pada jaringan pribadi, firewall akan mengizinkan atau tidak mengakses atau mengirim data melalui beberapa kriteria berikut:

Alamat IP (internet protocol) dari komputer sumber;
Port TCP / UDP dari sumber ke sumber;
Alamt IP dari komputer jaringan;
Data tujuan port TCP / UDP pada komputer tujuan;
Informasi dari header disimpan dalam paket data.

Mengetahui manfaat firewall tanpa mengetahui cara kerjanya tampaknya tidak lengkap. Cara kerja firewall di komputer ialah mematikan port yang tidak mempunyai kegunaan kecuali port tertentu yang harus dibuka.

Di komputer ada ribuan port kecil yang sanggup diakses untuk aneka macam keperluan, port ini akan ditutup. Penutupan Port sebagai garis depan pertahanan dalam mencegah segala jenis h4ck1ng yang sanggup masuk ke dalam jaringan sebab para h4ck3r akan berusaha menembus port terbuka untuk mencuri data perusahaan.

Teknologi firewall sekarang semakin canggih. Jika firewall pertama hanya sanggup memfilter kemudian lintas jaringan dengan mendeteksi alamat IP, nomor port, dan protokol namun dikala ini hanya dengan mengidentifikasi pesan konten, firewall sudah sanggup bekerja. Oleh sebab itu, pastikan sistem keamanan jaringan Anda terutama perusahaan atau perusahaan yang dilapisi firewall.

Baca juga: Protokol Jaringan Komputer

Firewall juga hadir dengan fungsi otentikasi, dimana banyak orang dikala ini terhubung melalui internet sehingga kita tentu tidak ingin ada yang sanggup mengakses dan berkomunikasi dengan sistem yang kita miliki, terutama untuk sebuah perusahaan. Untuk melaksanakan fungsi ini, firewall harus memakai beberapa prosedur otentikasi, sebagai berikut:

Tidak semua orang sanggup mengakses jaringan. Biasanya firewall akan meminta pengguna untuk memasukkan username dan password. Metode ini biasa disebut extended authentication atau xauth.

Setelah pengguna berhasil memasukkan nama dan password maka firewall akan memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan dan firewallpun tidak perlu lagi mengisi nama dan password lagi kecuali kalau koneksi hilang dan pengguna meminta untuk menyambung kembali.

Mekanisme kedua ialah memakai kunci publik dan sertifikasi digital. Meski dalam implementasinya prosedur ini lebih rumit namun mekanismenya lebih unggul dari dulu sebab proses autentikasi sanggup terjadi tanpa campur tangan pengguna dan juga lebih cepat dalam proses otentikasi.

Metode terakhir ialah memakai kunci atau kunci pra-berbagi yang telah diberitahu kepada pengguna. Implementasi metode ini paling gampang sebab lebih sederhana. Dengan memakai kunci pra-berbagi ini, setiap hosting web atau jaringan akan diberi kunci yang telah ditentukan untuk proses otentikasi. baca juga: Pengertian Hosting dan Contohnya

Namun meski sederhana, metode ini mempunyai sedikit kelemahan yang sering diupdate kunci dan juga banyak organisasi yang terkadang secara tidak sengaja memakai tombol yang sama untuk terhubung.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Manfaat Firewall Pada Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel